Skip to main content

5 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicicipi

5 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicicipi - Yogyakarta atau lebih banyak dikenal dengan nama Jogja merupakan salah satu kota pariwisata yang ada di Indonesia. Kota ini mendapat julukan sebagai Kota Budaya karena masyarakatnya sampai saat ini masih menjaga kebudayaan yang diwariskan leluhurnya. Selain itu keberadaan Kraton Jogja ikut andil dalam pelestarian budaya tersebut. Selain itu Jogja juga dikenal sebagai Kota Pelajar karena banyaknya perguruan tinggi yang ada diseluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: 5 Museum Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

Memang kurang lengkap rasanya jika berkunjung kesuatu daerah tanpa mencicipi makanan atau kuliner khasnya. Mau tau apa makan kuliner khas Jogja yang wajib dicicipi?

5 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicicipi

1. Gudeg

www.qraved.com

Kuliner pertama yang wajib dicoba di Jogja tentu saja adalah gudeg. Makanan yang satu ini berbahan dasar nangka muda yang kemudian dicampur dengan suwiran daging ayam dan sambel krecek. Gudeg mempunyai rasa sedikit manis dan pedas yang berasal dari sambel kreceknya. Sentra atau lokasi penjualan gudeg yang paling terkenal berada di Jalan Wijilan yang terletak tidak terlalu jauh dari Alun Alun Utara. Selain itu ada beberapa gudeg yang hanya buka pada malam hari seperti Gudeg Pawon, Gudeg Bromo, dan Gudeg Permata.


2. Jadah Tempe

kooliner.com

Jadah tempe merupakan makanan khas penduduk yang tinggal di kawasan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Jadah tempe terdiri dari tempe bacem dan juga ketan sehingga mempunya rasa perpaduan antara manis dan gurih. Cara memakannya adalah dengan meletakan tempe diantara jadah atau ketan seperti burger. Jadah tempe merupakan salah satu makanan khas Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Dulu beliau rutin mengirimkan utusan untuk membeli jadah tempe langsung di Kaliurang.



3. Sate Klathak

www.burpple.com

Yang membedakan sate klathak dengan beberapa sate dari daerah lain adalah tusukan yang dipakai. Sate klathak tidak ditusuk menggunakan bambu melainkan dengan jeruji besi dari sepeda motor. Selain itu sate klathak hanya menggunakan bumbu yang sangat sederhana seperti garam dan bawang merah saja. Nama klathak diambil dari bunyi pada saat garam ditaburkan kedalam panggangan sate. Penjual sate klathak banyak ditemukan dikawasan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Salah satu penjual sate klathak yang paling terkenal adalah Sate Pak Bari yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting AADC2.



4. Oseng-oseng Mercon

www.bango.co.id

Suka makanan yang pedas? Wajib cicipi kuliner yang satu ini saat berada di Jogja. Disebut dengan oseng-oseng mercon karena rasanya yang sangat pedas dan bisa "meledakan" mulut seperti mercon. Penjual oseng-oseng mercon bisa dijumpai disekitar Jalan Ahmad Dahlan Yogyakarta.




5. Brongkos

www.diahdidi.com

Brongkos sedikit mirip dengan rawon yang berasal dari Jawa Timur. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat brongkos adalah daging sapi, kacang merah, dan juga koyor. Brongkos dimasak dengan menggunakan 16 jenis bumbu yang membuat makanan yang satu ini mempunyai rasa lezat. Brongkos biasa disajikan dengan berbagai macam lauk tambahan seperti tempe, tahu, dan ayam goreng.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi - Grobogan adalah nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Purwodadi. Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan 9 kabupaten lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi Wilayah Kabupaten Grobogan diapit oleh 2 pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara yang ada di bagian utara. Kabupaten Grobogan punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.  10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 1. Api Abadi Mrapen sumber: www.jalanjalanyuk.com    Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan yang berjarak sekitar 26 km dari Purwodadi. Api Abadi Mrapen sendiri adalah sebuah fenomena geologi dimana ada gas alam yang keluar dari dalam tanah dan tersulut api dan memunculkan api

10 Tempat Wisata di Pemalang yang Wajib Dikunjungi

 Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang wilayah berada di jalur pantai utara dari Jakarta menuju ke Surabaya. Kabupaten Pemalang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal, Kabupaten Purwokerto, dan Kabupaten Pekalongan. Selain berada di kawasan dataran rendah, wilayah Kabupaten Pemalang juga terdiri dari dataran tinggi. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Pemalang yang wajib dikunjungi. 1. Pantai Widuri sumber gambar: www.kabarpemalang.com    Pantai Widuri merupakan tempat wisata unggulan kabupaten yang mempunyai kuliner khas yang bernama apem ini. Pantai Widuri letaknya hanya sekitar 3 km dari pusat kota. Karena letaknya yang sangat dekat tersebut menjadikan pantai ini banyak dikunjungi orang setiap harinya. Terutama pada soren hari untuk menikmati angin laut sore dan pemandangan matahari terbenam.