Skip to main content

6 Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicoba

6 Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicoba - Rasanya tidak lengkap jika mengunjung suatu kota tanpa mencicipi kuliner khasnya. Karena makanan khas yang kita coba didaerah asalnya sudah psati rasanya akan terasa lebih nikmat jika dibandingkan kita membelinya ditempat lain. Sama seperti daerah lainya, Solo juga punya banyak kuliner khas yang wajib dicoba. Mau tau apa saja kuliner khas Solo yang wajib dicoba tersebut?

Baca juga: 10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dibeli

6 Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicoba



1. Serabi Notosuman

psychoparadiso.com

Serabi merupakan salah satu makanan atau kue tradisional di Indonesia. Diberbagai daerah makanan ini mempunyai nama yang berbeda-berbeda. Contohnya di Bandung makanan ini disebut dengan nama surabi. Serabi dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa. Cara memasaknya pun cukup unik. Yaitu dengan cara menuangkan adonan kedalam cowek yang ditaruh diatas bara api dari arang. Cara memasak yang masih cukup tradisional ini akan membuat aroma dan rasa yang cukup khas.



2. Nasi Liwet

www.penabiru.com

Nasi Liwet khas Solo ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan nasi-nasi dari daerah lain, yang membedakan adalah isi dan rasanya. Nasi liwet terdiri dari seporsi nasi yang disajikan bersama suwiran daging ayang, telur, dan sayur labu siam yang disiram dengan kuah dari areh. Nasi liwet biasanya disajikan dalam sebuah piring bambu yang diberi tatakan daun pisang.



3. Timlo

www.justtryandtaste.com

Timlo merupakan sejenis sup yang terdiri dari daging, telur, dan kembang tahu. Makanan yang satu ini paling enak jika disajikan dalam keadaan masih hangat karena bisa terasa lebih segar. Penjual timlo hampir bisa ditemukan diseluruh wilayah Solo.


4. Tengkleng

resep-om.blogspot.com

Tengkleng merupakan makanan khas Solo yang jika dilihat sekilas mirip dengan gulai. Namun jika gulai mempunyai kuah yang lebih kental, tengkleng kuahnya lebih encer. Bahan utama yang digunakan untuk membuat tengkleng adalah daging dan tulang kambing.


5. Selat Solo

www.tokomesin.com

Selat Solo merupakan modifikasi dari beefsteak atau orang Solo biasa menyebutnya bistik. Isinya terdiri dari irisan daging sapi yang dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel, kentang, dan buncis yang semuanya telah direbus terlebih dahulu. Selain itu ada juga tambahan acar, tomat, dan daun selada. 


6. Sate Kere 

www.jalansolo.com

Sate kere adalah sebutan untuk sate yang dibuat dari potongan tempe gembus yang dihaluskan kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Sate kere mempunyai perpaduan rasa antara manis dan gurih yang berasal dari bumbu bacemnya.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama dari Solo menuju ke Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. 1. Umbul Ponggok sumber gambar: jejak.eksyam.com    Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Yang paling unik dari kolam ini adalah walaupun merupakan kolam air tawar, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang menyelam didasar laut lengkap dengan ikan-ikan dan batu yang sengaja diletakan untuk menciptakan suasana seperti didasar laut.

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba - Lampung adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra yang letaknya di ujung selatan dan berbatasan langsung  dengan Selat Sunda. Lampung menjadi salah satu pintu masuk menuju ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakaheuni. Setiap harinya pelabuhan ini melayani ribuan penumpang yang hilir mudik menuju atau keluar Pulau Sumatera. Lampung memiliki cukup banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Begitu juga dengan kuliner khasnya. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lampung tanpa mencicipi kuliner khasnya. Baca juga: 10 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba 10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba 1. Seruit www.klikhotel.com Kuliner khas Lampung pertama yang wajib dicoba adalah seruit. Kuliner yang satu ini berupa ikan bakar atau goreng yang dicampur dengan sambel terasi dan juga hasil fermentasi buah durian dan mangga. Ikan yang biasa digunakan sebagai bahan seruit adalah ikan sungai

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai