Skip to main content

5 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba

5 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba - Pekalongan dikenal di Indonesia bahkan dunia karena batiknya. Pekalongan punya Museum Batik yang mempunyai koleksi batik dari seluruh dunia. Selain itu pengrajin maupun penjual batik bisa ditemukan dengan mudah di Pekalongan. Selain mencari batik, sayang rasanya kalau ke Pekalongan tidak mencicipi kuliner khasnya yang lezat.

Baca juga: 6 Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicoba


5 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba


1. Sego Megono

www.diahdidi.com

Kuliner khas Pekalongan yang wajib dicoba adalah sego atau nasi megono. Megono terbuat dari nangka muda yang diparut kemudian dikukus bersama dengan parutan kelapa dan ditambah dengan berbagai bumbu. Sego megono ini biasanya dijadikan sebagai menu sarapan  atau makan malam. Sego megono biasanya disantap dengan berbagai lauk tambahan seperti tahu, tempe, ayam, atau telur goreng.Nasi megono ini lebih nikmat jika dinikmati dalam keadaan panas.



2. Tauto

www.dream.co.id

Kuliner Khas Pekalongan yang wajib dicoba adalah tauto khas Pekalongan. Yang membuat tauto berbeda dengan soto dari daerah lain adalah adanya tabah tauco pada kuahnya. Tambahan tauco menjadikan tauto mempunyai rasa perpaduan antara gurih dan asam.



3. Garang Asem

assalaam-bsp.blogspot.com

Garang asem di Pekalongan ini berbeda dengan garang asem yang ada di Kudus maupun Jogja. Garang  asem di Pekalongan berwujud seperti sup dengan isi daging sapi dan dibumbui dengan berbagai jenis rempah-rempah. Selain itu juga ada tambahan kluwek yang membuat kuahnya jadi berwarna hitam seperti rawon.




4. Pindang Tetel

kabupatenkajen.blogspot.com

Pindang tetel sekilas mirip dengan rawon dari Surabaya.Yang membedakan adalah isinya yang terdiri dari tetelan daging iga sapi. Makanan ini biasanya disajikan sebagai lauk untuk makan malam. Pindang tetel ini pertama kali dikenal didaerah Ambokembang, Pekalongan.


5. Sapitan

plus.google.com

Sapitan terlihat seperti salah satu jenis sate. Kuliner khas Pekalongan yang satu ini dibuat  dari daging sapi yang dicincang halus  kemudian dililitkan dengan tusuk bambu.Cara memasaknya adalah dengan cara dikukus. Makanan yang satu ini saat ini sudah  agak sulit didapatkan.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Batang yang Wajib Dikunjungi

Tidak banyak orang yang mengenal kabupaten termuda di Provinsi Jawa Tengah ini. Padahal letaknya hanya sekitar 2 jam perjalanan saja dari Semarang yang merupakan ibukota provinsi. Selain itu Kabupaten Batang sebenarnya sebagian wilayahnya berada di jalur utama pantai utara Jawa yang merupakan jalan negara dan akses utama dari Jakarta menuju ke Surabaya. Orang banyak yang mengira bahwa Batang (masih) merupakan bagian dari Kabupaten Pekalongan, padahal Batang merupakan kabupaten yang berdiri sendiri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Batang yang wajib dikunjungi. 1. Kebun Teh Pagilaran   sumber gambar: potensijateng.com  Kebun Teh Pagilaran adalah sebuah perkebunan teh yang terletak di perbukitan Dieng Utara tepatnya di Desa Keteleng, Kecamatan Blado yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Kebun teh seluas 1.100 hektare ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Batang. Jika mengunjungi tempat ini maka kita akan disuguhi hijaunya pemandangan serta uda