Skip to main content

10 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba - Palembang merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Pulau Sumatra. Kota yang mempunyai ikon Jembatan Ampera memang dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai banyak kuliner khas yang lezat. Walaupun kuliner-kuliner tersebut saat ini juga bisa didapatkan di daerah lain, tetapi rasanya pasti akan jelas berbeda jika kita menyantapnya secara langsung di daerah asalnya.

Baca juga: 10 Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dibeli

10 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba


1. Pempek

www.tokomesin.com

Kuliner dari Palembang yang paling dikenal oleh masyarakat luas tentu saja adalah pempek. Kuliner yang satu ini terbuat dari tepung sagu atau kanji dan campuran ikan. Pempek biasa disajikan bersama saus cuka atau cuko yang dibuat dari bawanng putih, cabe rawit, garam, gula merah, dan juga udang ebi. Palembang tersedia dengan berbagai varia isi seperti telur, kulit ikan ataupun tahu.



2. Tekwan

www.money.id

Bahan dasar pembuat tekwan hampir sama dengan pempek yaitu daging ikan dan tepun sagu. Namun yang membedakan tekwan ini kemudian dibentuk bulat-bulat kecil. Tekwan disajikan bersama dengan kuah udang dengan diberi tambahan seledri, bawang goreng, daun bawang, jamuar kuping, dan bihun untuk melengkapi.


3. Model

www.indonesiakaya.com

Model bahannya sama persis dengan tekwan namun bentuknya lebih mirip seperti pempek. Moden disajikan dengan kuah udang ditambah soun, timun, bawang goreng, dan cuka sebagai tambahan agar rasanya lebih sedap.



4. Laksan

www.masakandapurku.com

Laksan adalah pempek lenjer yang berbahan tepung sagu dan ikan yang dipotong tebal melintang. Laksan disajikan dengan menggunakan kuah santan  dengan taburan bawang goreng diatasnya untuk menambah kesedapan rasa.


5. Celimpungan

kokicafe.com

Jika dilihat sekilas celimpungan ini mirip dengan laksan. Namun yang membedakan adalah bentuknya yang lebih besar jika dibandingkan dengan laksan. Kuah santan celimpungan dicampur dengan bawang putih, kunyit, daun salam, bawang merah, dan lada.



6. Kemplang

en.wikipedia.org

Kemplang merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar pempek lenjer yang diiris tipis dan kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Setelah benar-benar kering barulah kemplang digoreng atau dipanggang agar lebih mengembang. Kemplang mempunyai tekstur yang cukup garing dan rasa yang gurih. 


7. Martabak Har

vinnyananda.blogspot.com

Martabak Har sebenarnya merupakan makanan asli dari India yang dibawa oleh Haji Abdul Razak ke Palembang. Bahan dasar Martabak Har adalah tepung terigu yang diberi campuran telur bebek atau telur ayam. Martabak Har disajikan dengan menggunakan kari kambing yang dicampur dengan kentang.


8. Kue Maksuba

nailandra.blogspot.com

Kue Maksuba ini dulunya merupakan kue sajian khas yang hanya disajikan di Istana Kesultanan Palembang. Kue Maksuba biasa diberikan kepada tamu kehormatan kerajaan. Kue ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar telur bebek dan juga susu kental manis.



9. Tempoyak 

witnifood.blogspot.com

Tempoyak adalah kuliner khas Palembang yang berbahan dasar buah durian yang kemudian ditumis dengan campuran irisan cabe dan bawang. Tempoyak mempunyai rasa yang sangat unik yaitu perpaduan antara rasa manis, gurih, dan pedas.


10. Kue Srikayo

ysyarofie.blogspot.com

Kue yang warnanya hijau seperti srikaya ini dibuat dengan pewarna yang berasal dari daun pandan. Rasanya cukup manis mirip dengan puding. Kue yang satu ini biasanya disajikan bersama dengan ketan putih.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi - Mojokerto adalah salah satu wilayah paling rame di Jawa Timur. Selain itu Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu Kota Industri di Jawa Timur. Kota ini sudah berkembang sejak jaman Kerajaan Majapahit dahulu. Baca juga:  10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi Kabupaten/kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari Surabaya  ini ternyata punya banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. 10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi 1. Patung Buddha Tidur sumber: www.klikhotel.com    Patung Buddha tidur ini terdapat di Mahavira Majapahit yang terletak di Desa Bejijong. Patung Buddha tidur ini dikabarkan merupakan salah satu patung Buddha terbesar di Asia bahkan di dunia. Patung tersebut berwarna kekuningan karena dilapisi emas. Vihara ini selain merupakan tempat ibadah juga digunakan sebagai tempat berwisata. 2. Situs Kedaton Mojokerto sumber: www.tempatwisatadunia.com    Sit