Skip to main content

5 Gereja Tercantik di Indonesia

5 Gereja Tercantik di Indonesia - Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia pada masa lalu tidak hanya untuk berdagang atau mencari hasil bumi yang ada di Indonesia saja, tetapi mereka juga melakukan penyebaran agama Nasrani yang mereka anut kepada penduduk yang ada di Indonesia. Tidak mengherankan jika sampai saat ini kita bisa melihat bangunan gereja-gereja tua cantik yang masih terjaga sampai saat ini dibeberapa daerah.


Baca juga: 5 Jalan Terindah di Indonesia

5 Gereja Tercantik di Indonesia


1. Gereja Katedral Jakarta

sumber: www.allseasonsjakartagajahmada.com

Gereja Santa Maria Perawan Diangkat Ke Surga (De Kerk Van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming) atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Katedral Jakarta merupakan sebuah gereja tua yang berarsitektur Neo Gotik. Gereja yang letaknya bersebrangan dengan Masjid Istiqlal ini diresmikan pada 21 April 1901. Gereja ini mempunyai 3 menara yang cukup tinggi yang bisa dilihat dari kejauhan. Interior didalam Gereja Katedral Jakarta tidak kalah indah dengan gereja-gereja yang ada di Eropa.



2. Gereja Blendhuk Semarang

sumber: aanprihandaya.com

Gereja Kristen Prostestan Indonesia Barat (GPIB) Imanuel atau yang biasa dikenal dengan nama Gereja Blendhuk merupakan gereja Kristen tertua yang ada di Jawa Tengah. Gereja Blendhuk terletak di Kawasan Kota Lama sekarang yang memang dipenuhi dengan gedung-gedung kuno yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Dinamakan Gereja Blendhuk karena bentuk kubah gereja ini yang menggelembung yang dalam bahasa Jawa disebut "mblendhuk".Gereja ini sampai saat ini masih rutin digunakan sebagai tempat ibadah.




3. Gereja Kepanjen Surabaya

sumber: surabaya.panduanwisata.id

Gereja Kepanjen Surabaya mempunyai nama resmi Gereja Katholik Kelahiran Santa Perawan Maria. Gereja yang dibangun pada 1815 ini lebih dikenal dengan nama Gereja Kepanjen karena letaknya yang berada di Jalan Kepanjen, Surabaya, Jawa Timur. Sebelum Gereja Kepanjen ini dibangun, sudah ada gereja Katholik lain di Jalan Kebonrojo yang sudah terlebih dahulu didirikan. Namun seiring dengan meningkatnya jumlah umat Katholik di Surabaya yang terus meningkat, maka dibangunlah Gereja Kepanjen ini agar bisa menampung seluruh umat yang ada saat ibadah.



4. Gereja Katedral Ruteng

sumber: yuknyasardiflores.blogspot.com

Gereja Katedral Ruteng merupakan salah satu gereja cantik dengan gaya arsitektur Eropa yang bisa ditemukan di Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Banyak yang mengatakan bahwa suasana di Kota Ruteng mirip dengan kota-kota yang ada di Eropa. Di kota kecil ini kita bisa menyaksikan banyak gereja dan biara yang berarsitektur Belanda.


5. Gereja Kayu Tangan Malang

sumber: kotamalangnews.blogspot.com

Gereja Kayu Tangan ini merupakan gereja Katholik tertua yang ada di Kota Malang. Gereja Kayu Tangan Malang mempunyai nama resmi Gereja Katholik Hati Kudus Yesus ini dibangun pada tahun 1905 dengan gaya Neo Gotik. Sebelum dibangunnya gereja ini, umat Katholik melakukan ibadah dengan menumpang pendopo Alun Alun Kabupaten Malang yang diubah sedemikian rupa menjadi tempat ibadah. 








Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Jembatan Tercantik di Indonesia

10 Jembatan Tercantik di Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulaunya yang mencapai ribuan. Selain itu Indonesia juga dilintasi beberapa sungai besar. Bahkan dibeberapa pulau, laut dan sungai masih menjadi jalur transportasi utama. Tidak mengherankan jika kita bisa menjumpai banyak sekali jembatan di seluruh Indonesia. Baca juga: 10 Masjid Termegah di Indonesia 10 Jembatan Tercantik di Indonesia 1. Jembatan Suramadu sumber:  nettik.net Jembatan Suramadu dibangun diatas Selat Madura dan menghubungkan Pulau Jawa tepatnya di Kota Surabaya dengan Pulau Madura. Jembatan Suramadu yang diresmikan pada tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mempunyai panjang 5.438 meter yang menjadikannnya sebagai jembatan terpanjang di Indonesia sampai saat ini.  2. Jembatan Ampera sumber:  igoid.com Jembatan Ampera terletak di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Jembatan ini dibangun diatas Sungai Musi yan

10 Pantai Cantik di Kebumen yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Cantik di Kebumen yang Wajib Dikunjungi - Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang punya potensi wisata yang cukup banyak mulai dari wisata sejarah, wisata alam, sampai dengan situs-situs purbakala yang banyak didatangi orang dengan minat khusus. Salah satu jenis wisata yang kini banyak didatangi orang adalah pantai-pantai di Kebumen yang cantik. Mulai dari pantai dengan pasir hitam sampai dengan pantai berpasir putih semuanya ada di Kebumen. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Singapore yang Wajib Dikunjungi 10 Pantai Cantik di Kebumen yang Wajib Dikunjungi 1. Pantai Menganti sumber:  www.telusurindonesia.com Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Banyak yang menyebut pantai ini sebagai pantai terindah yang ada di Jawa Tengah. Salah satunya alasannya adalah karena letak pantai dengan pasir putih ini yang dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.  2. Pantai Lembupurwo sumber:  diasporaiqbal.blo

10 Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah ini berada di kaki 2 gunung yaitu Sindoro dan Sumbing yang menjadikan Temanggung punya udara yang cukup bersih dan sejuk. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Temanggung yang wajib dikunjungi. 1. Posong sumber gambar: paramitadana.blogspot.com    Posong adalah sebuah tempat wisata alam yang berada pada ketinggian sekitar 2.000 mdpl yang terletak di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung. Dari tempat ini bukan hanya kecantikan Gunung Sindoro dan Sumbing saja yang bisa kita lihat, tetapi juga beberapa gunung lainnya yang masih tampak dengan jelas seperti Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, dan Gunung Merapi. Selain kekohonan 7 gunung tersebut, pada pagi hari kita juga akan disuguhi dengan pemandangan sunrise yang sangat menawan ditempat ini.