Skip to main content

10 Tempat Wisata di Indramayu yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Indramayu yang Wajib Dikunjungi - Indaramayu adalah salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat yang sebagian wilayahnya berada di jalur pantai utara yang merupakan salah satu jalan utama di Pulau Jawa. Jalur ini menjadi salah satu jalur terpadat di Indonesia terutama pada saat musim mudik lebaran.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Indramayu yang Wajib Dikunjungi


1. Pulau Biawak

sumber: wisatapulaubiawak.wordpress.com

Pulau Biawak adalah sebuah kepulauan kecil yang terletak sekitar 40 km arah utara dari Indramayu. Setidaknya ada 3 pulau yang ada di kawasan tersebut yaitu Pulau Biawak, Pulau Gosong, dan Pulau Candikian. Nama Pulau Biawak sendiri diambil karena banyaknya biawak yang mendiami pulau dengan pemandangan alam yang cantik ini. Di Pulau Biawak ini juga terdapat sebuah mercusuar yang pada jaman dahulu digunakan untuk membantu lalu lintas kapal yang sedang berada disekitar perairan Indramayu.


2. Pantai Tirtamaya

sumber: www.disparbud.jabarprov.go.id

Pantai Tirtamaya terletak di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu yang berjarak sekitar 20 km dari Kota Indramayu. Pantai merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal dan favorit bagi warga Indramayu dan sekitarnya. Selain karena akses menuju ke pantai yang sangat mudah, Pantai Tirtamaya sejak dulu juga sudah dikelola oleh pemerintah daerah sehingga lebih bersih dan teratur.


3. Pantai Balongan Indah

sumber: indrawarta.blogspot.co.id

Pantai Balongan Indah atau yang biasa disebut dengan Pantai Bali (Balongan Indah) terletak di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Pantai Balongan Indah menawarkan pemandangan khas pantai utara dengan pasir hitamnya yang cantik. Saat yang paling tepat mendatangi pantai ini pada pagi serta sore hari untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang lebih cantik.


4. Pantai Blayem

sumber: cirebon.biz

Pantai Blayem terletak tidak jauh dari Pantai Tirtamaya yaitu di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Ombak yang ada di Pantai Blayem ini relatif kecil karena telah dibangun pemecah ombak disekitar pantai ini sehingga aman dijadikan sebagai tempat bermain bersama anak-anak.

5. Hutan Mangrove Karangsong

sumber: andromedocahyo.blogspot.com

Hutan Mangrove Karangsong merupakan salah satu tempat wisata favorit baru di Kabupaten Indramayu yang terletak tidak jauh dari Pantai Karangsong yang berlokasi di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Ditempat ini kita bisa berkeliling hutan mangrove dengan menggunakan ojek perahu yang bisa kita sewa.


6. Situs Buyut Banjar

sumber: www.wovgo.com

Situs Buyut Banjar terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Tempat ini merupakan makam Pangeran Surya Negara atau yang biasa dikenal dengan nama Buyut Banjar. Dia merupakan seorang patih yang diutus Sunan Gunung Jati untuk mengatasi masalah banjir disekitar wilayah tersebut. Di makam tersebut terdapat 41 ekor monyet yang oleh masyarakat sekitar yang jumlahnya dipercaya tidak pernah berkurang atau bertambah. Monyet-monyet tersebut merupakan prajurit dari Kerajaan Karang Kendal yang dikutuk.


7. Pantai Lemah Abang

sumber: www.bloggermangga.com

Pantai Lemah Abang terletak di Desa Lemah Abang, Kecamatan Eretan, Kabupaten Indramayu. Dipinggir pantai ini terdapat banyak batu-batu besar yang sengaja ditaruh dipantai ini untuk mencegah abrasi. Selain bisa menikmati pemandangan alam, ditempat ini kita juga bisa berwisata kuliner menikmati sajian khas laut.


8. Taman Cimanuk

sumber: www.kotaindramayu.info

Taman Cimanuk merupakan ikon baru di Kabupaten Indramayu yang dibangun dipinggiran Sungai Cimanuk. Taman Cimanuk terletak di Jalan Veteran persis dibelakang Masjid Agung Indramayu.Taman ini kini menjadi salah satu tempat favorit bagi warga untuk sekedar berkumpul atau menghabiskan waktu di taman.


9. Waterboom Bojongsari Indramayu

sumber: www.tosupedia.com

Waterboom Bojongsari Indramayu (WBI) adalah merupakan taman bermain air atau waterpark baru yang ada di Indramayu. WBI dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti kolam renang, waterboom, bungee trampolin, kolam arus sampai dengan karaoke keluarga. 



10. Waduk Cipancuh

sumber: www.flickr.com

Waduk Cipancuh terletak di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu. Waduk yang mempunyai luas sekitar 70 hektare ini dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1927 yang difungsikan sebagai sarana irigasi untuk wilayah disekitarnya.






Comments

  1. akirnya dapat referensi juga disini mengenai Indramayu Kota Wisata thanks gan.. sangat informatif dan salam kenal ya.. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi - Grobogan adalah nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Purwodadi. Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan 9 kabupaten lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi Wilayah Kabupaten Grobogan diapit oleh 2 pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara yang ada di bagian utara. Kabupaten Grobogan punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.  10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 1. Api Abadi Mrapen sumber: www.jalanjalanyuk.com    Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan yang berjarak sekitar 26 km dari Purwodadi. Api Abadi Mrapen sendiri adalah sebuah fenomena geologi dimana ada gas alam yang keluar dari dalam tanah dan tersulut api dan memunculkan api

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Pemalang yang Wajib Dikunjungi

 Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang wilayah berada di jalur pantai utara dari Jakarta menuju ke Surabaya. Kabupaten Pemalang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal, Kabupaten Purwokerto, dan Kabupaten Pekalongan. Selain berada di kawasan dataran rendah, wilayah Kabupaten Pemalang juga terdiri dari dataran tinggi. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Pemalang yang wajib dikunjungi. 1. Pantai Widuri sumber gambar: www.kabarpemalang.com    Pantai Widuri merupakan tempat wisata unggulan kabupaten yang mempunyai kuliner khas yang bernama apem ini. Pantai Widuri letaknya hanya sekitar 3 km dari pusat kota. Karena letaknya yang sangat dekat tersebut menjadikan pantai ini banyak dikunjungi orang setiap harinya. Terutama pada soren hari untuk menikmati angin laut sore dan pemandangan matahari terbenam.