Skip to main content

10 Jembatan Tercantik di Indonesia

10 Jembatan Tercantik di Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulaunya yang mencapai ribuan. Selain itu Indonesia juga dilintasi beberapa sungai besar. Bahkan dibeberapa pulau, laut dan sungai masih menjadi jalur transportasi utama. Tidak mengherankan jika kita bisa menjumpai banyak sekali jembatan di seluruh Indonesia.


Baca juga: 10 Masjid Termegah di Indonesia


10 Jembatan Tercantik di Indonesia


1. Jembatan Suramadu

sumber: nettik.net

Jembatan Suramadu dibangun diatas Selat Madura dan menghubungkan Pulau Jawa tepatnya di Kota Surabaya dengan Pulau Madura. Jembatan Suramadu yang diresmikan pada tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mempunyai panjang 5.438 meter yang menjadikannnya sebagai jembatan terpanjang di Indonesia sampai saat ini. 



2. Jembatan Ampera

sumber: igoid.com

Jembatan Ampera terletak di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Jembatan ini dibangun diatas Sungai Musi yang memisahkan 2 wilayah Kota Palembang yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Jembatan Ampera mempunyai panjang 1.117 meter. Cikal bakal Jembatan Ampera ini sebenarnya sudah ada sejak jaman Kolonial Belanda dahulu, namun pembangunan jembatan yang bentuknya seperti sekarang ini baru dimulai pada tahun 1962.



3. Jembatan Barelang

sumber: batamnews.co.id

Nama Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang yang merupakan nama-nama pulau di Kota Batam, Kepulauan Riau yang dihubungkan oleh jembatan tersebut. Jembatan Barelang juga biasa disebut dengan nama Jembatan Habibie karena Presiden Habibie lah yang mencetuskan ide tentang pembangunan jembatan ini. Jembatan Barelang mulai dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998. Jembatan Barelang mempunyai panjang 642 m.


4. Jembatan Mahakam

sumber: batamnews.co.id

Jembatan Mahakam atau biasa dikenal dengan Jembatan Mahkota I dibangun diatas Sungai Mahakam di Samarinda, Kalimantan Timur. Jembatan ini menghubungkan wilayah Kota Samarinda dengan Kecamatan Samarinda Seberang. Jembatan Mahakam ini panjangnya mencapai 400 meter.



5. Jembatan Siak

sumber: id.wikipedia.org

Jembatan Siak atau yang mempunyai nama resmi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah nama jembatan ini diambil dari nama istri Raja Siak Sultan Syarif Hashim. Jembatan ini dibangun diatas Sungai Siak dan mengubungkan Kota Siak Sri Inderapura dengan wilayah lain. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah panjangnya mencapai 1.196 meter dan diresmikan pada tahun 2007.



6. Jembatan Ir. Soekarno

sumber: finance.detik.com

Jembatan Ir. Soekarno merupakan jembatan baru di Manadao yang belum lama ini diresmikan pada 28 Mei 2015. Pembangunan jembatan ini sempat terhenti akibat krisis ekonomi. Jembatan Ir. Soekarno mempunyai panjang 1.127 m yang pembangunannya menghabiskan dana sekitar 300 milyar. 



7. Jembatan Pasupati

sumber: www.skyscrapercity.com

Jembatan Pasupati terletak di Kota Bandung, Jawa Barat yang menghubungkan wilayah utara dan timur melewati Lembah Cikapundung. Jembatan Pasupati mempunyai panjang 2,8 km. Jembatan Pasupati ini merupakan jembatan layang pertama di Indonesia yang dirancang tahan terhadap guncangan gempa.



8. Jembatan Barito

sumber: ayun1999.blogspot.com

Jembatan Barito melintas diatas Sungai Barito dan Pulau Bakung. Jembatan Barito masuk dalam wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan yang berjarak sekitar 15 km dari Kota Banjarmasin. Jembatan Barito mempunyai panjang 1.082 meter dan menghubungkan 



9. Jembatan Kahayan

sumber: centralborneo.net

Jembatan Kahayan terletak di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jembatan Kahayan mempunyai panjang 640 meter dan melintas diatas Sungai Kahayan. Jembatan Kahayan mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2001.



10. Jembatan Rumpiang

sumber: hendyakhmadi.blogspot.com

Sama seperti Jembatan Barito, Jembatan Rumpiang juga dibangun diatas Sungai Barito yang ada di wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Jembatan Rumpiang mempunyai panjang 753 meter dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 


Comments

  1. 2 Nama Jembatan Terpanjang Di Indonesia ini adalah jembatan yang pernah memecah rekor se Asia Tenggara.

    Monggo di baca gan.

    dan Inilah kinclongnya Indonesia....

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama dari Solo menuju ke Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. 1. Umbul Ponggok sumber gambar: jejak.eksyam.com    Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Yang paling unik dari kolam ini adalah walaupun merupakan kolam air tawar, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang menyelam didasar laut lengkap dengan ikan-ikan dan batu yang sengaja diletakan untuk menciptakan suasana seperti didasar laut.

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba - Lampung adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra yang letaknya di ujung selatan dan berbatasan langsung  dengan Selat Sunda. Lampung menjadi salah satu pintu masuk menuju ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakaheuni. Setiap harinya pelabuhan ini melayani ribuan penumpang yang hilir mudik menuju atau keluar Pulau Sumatera. Lampung memiliki cukup banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Begitu juga dengan kuliner khasnya. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lampung tanpa mencicipi kuliner khasnya. Baca juga: 10 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba 10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba 1. Seruit www.klikhotel.com Kuliner khas Lampung pertama yang wajib dicoba adalah seruit. Kuliner yang satu ini berupa ikan bakar atau goreng yang dicampur dengan sambel terasi dan juga hasil fermentasi buah durian dan mangga. Ikan yang biasa digunakan sebagai bahan seruit adalah ikan sungai

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai