Skip to main content

10 Kuliner Khas Makassar yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Makassar yang Wajib Dicoba  - Makassar merupakan kota terbesar di Sulawesi Selatan sekaligus kota terbesar di kawasan timur Indonesia. Makassar didiami oleh beberapa suku yang berbeda diantaranya Suku Makassar dan Suku Bugis yang dikenal dengan jiwa petualangnya. Saat ini keturunan Suku Bugis sudah tersebar dihampir seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai keluar negeri seperti di Singapura dan Malaysia. Makassar berada didekat laut sehingga tidak mengherankan jika Makassar mempunyai banyak pantai yang cantik.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Makassar yang Wajib Dicoba


1. Sarabba

www.kuliner123.com

Kuliner khas Makassar pertama yang wajib dicoba adalah sarabba. Kuliner khas yang satu ini merupakan minuman penambah stamina yang terbuat dari bahan-bahan seperti kayu manis, pala, gula merah, jahe, santan, dan kuning telur. Meminum sarabba bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat.



2. Kapurung

makassar.tribunnews.com

Kapurung merupakan makanan sejenis gulai yang berisi butiran-butiran yang terbuat dari tepung sagu ditambah dengan beberapa sayuran seperti ayam rebur suwir, terong ungu, daun katuk, kangkung, dan pakis. 



3. Mie Titi

panduanwisata.id

Mie Titi merupakan masakan mie khas Makassar. Bahan-bahannya adalah mie kuning keriting kering ditambah dengan beberapa bahan tambah seperti seafood dan sayuran. Pada kuah diberikan tambahan beberapa rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang cukup khas. Kuliner yang satu ini biasanya disajikan pada malam hari.



4. Pallu Basa

www.masakansedap.com

Pallu basa merupakan salah satu makanan berkuah khas Makassar. Didalamnya berisi potongan daging dan tulang yang disajikan dalam sebuah kuah santan yang cukup kental kemudian ditaburi dengan kelapa parut sangrai. Pallu basa lebih terasa nikmat jika disantap pada saat masih panas.



5. Barongko

www.masakansedap.com

Barongko merupakan salah satu jajanan atau kue tradisional khas Makassar. Bahan dasar barongko adalah pisang matang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan gula, susu bubuk, telur, dan garam. Campuran bahan tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang untuk kemudian dikukus.



6. Sop Konro

resephariini.com

Sop konro merupakan sup khas Makassar yang bahan utamanya menggunakan daging iga sapi. Sementara bumbu-bumbu yang digunakan adalah kayu manis, asam jawa, dan beberapa rempah-rempah. Warna hitam pada kuah sop konro berasal dari buah kluwak yang biasa digunakan sebagai bahan campuran pada rawon.



7. Pisang Epe

www.jendelakuliner.com

Jika kita jalan-jalan ke Pantai Losari, Makassar pada sore hari kita pasti akan menemukan kuliner yang satu ini. Pisang epe adalah pisang bakar yang  kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran gula merah, air daun pandan, dan juga durian rebus kental.



8. Es Pisang Ijo

resepdanmasakan.com

Es pisang ijo paling enak dinikmati pada siang hari pada saat cuaca Makassar sedang panas-panasnya. Es pisang ijo terdiri dari es serut yang dicampur dengan sirup berwarna merah dan yang paling utama adalah pisang kepok yang dibalut dengan tepung beras berwarna hijau.



9. Jalangkote

belumtahu.com

Didaerah lain makanan ini biasa disebut dengan nama pastel. Tapi di Makassar makanan sejenis ini biasa disebut dengan jalangkote. Isi dari jalangkote adalah kentang, wortel, dan daun bawang yang membedakan dengan pastel di daerah lain.



10. Coto Makassar

kebudayaan.kemdikbud.go.id

Coto Makassar merupakan makanan sejenis soto yang ada di Makassar. Coto Makassar biasanya disajikan bersama dengan ketupat dan juga kerupuk.



Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi - Mojokerto adalah salah satu wilayah paling rame di Jawa Timur. Selain itu Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu Kota Industri di Jawa Timur. Kota ini sudah berkembang sejak jaman Kerajaan Majapahit dahulu. Baca juga:  10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi Kabupaten/kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari Surabaya  ini ternyata punya banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. 10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi 1. Patung Buddha Tidur sumber: www.klikhotel.com    Patung Buddha tidur ini terdapat di Mahavira Majapahit yang terletak di Desa Bejijong. Patung Buddha tidur ini dikabarkan merupakan salah satu patung Buddha terbesar di Asia bahkan di dunia. Patung tersebut berwarna kekuningan karena dilapisi emas. Vihara ini selain merupakan tempat ibadah juga digunakan sebagai tempat berwisata. 2. Situs Kedaton Mojokerto sumber: www.tempatwisatadunia.com    Sit