Skip to main content

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba - Lampung adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra yang letaknya di ujung selatan dan berbatasan langsung  dengan Selat Sunda. Lampung menjadi salah satu pintu masuk menuju ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakaheuni. Setiap harinya pelabuhan ini melayani ribuan penumpang yang hilir mudik menuju atau keluar Pulau Sumatera. Lampung memiliki cukup banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Begitu juga dengan kuliner khasnya. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lampung tanpa mencicipi kuliner khasnya.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba


1. Seruit

www.klikhotel.com

Kuliner khas Lampung pertama yang wajib dicoba adalah seruit. Kuliner yang satu ini berupa ikan bakar atau goreng yang dicampur dengan sambel terasi dan juga hasil fermentasi buah durian dan mangga. Ikan yang biasa digunakan sebagai bahan seruit adalah ikan sungai seperti belide, bayung, dan layis.



 

2. Tempoyak

malahayati.ac.id

Tempoyak merupakan hasil dari fermentasi buah durian. Kuliner yang satu ini mempunyai aroma dan rasa yang sangat unik. Selain bisa dimakan langsung, di Lampung tempoyak juga biasa disajikan sebagai teman untuk menyantap nasi.



3. Geguduh

yosuasr.it.student.pens.ac.id

Geguduh merupakan sejenis kue yang berbahan dasar dari pisang. Cara pembuatannya adalah dengan cara menghaluskan pisang kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung dan susu untu kemudian digoreng. Pisang yang digunakan untuk pembuatan geguduh adalah pisang kapok sehingga mempunyai rasa yang cukup manis.


4. Gulai Taboh

www.ruajurai.com

Gulai taboh khas Lampung ini merupakan sejenis gulai dengan kuah santan. Isi utama dari gulai taboh ini adalah berbagai jenis kacang-kacangan yang kemudian ditambah dengan berbagai bahan tambahan seperti udang, ikan, sampai dengan labu.


5. Umbu

www.klikhotel.com

Jika biasanya ditempat lain rotan hanya biasa dijadikan sebagai bahan pembuat furniture, di Lampung rotan bisa menjadi bahan makanan yang cukup lezat. Rotan yang dipilih adalah rotan yang masih muda. Rotan tersebut kemudian direbus sampai lunak. Rasanya memang agak sedikit pahit. Tapi memakan umbu dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan.



6. Engkak

www.tokomesinlampung.com

Engkak merupakan salah satu jenis kue yang populer di Lampung dan juga Sumatera Selatan. Engkap sekilas mirip dengan kue lapis namun berbahan dasar ketan. Kue ini mempunyai tekstur yang sangat lembut dan rasa yang cukup manis.



7. Gabing 

www.tokomesinlampung.com

Gabing merupakan sayuran khas Lampung yang sangat gabing. Bahan baku utama untuk pembuatan gabing adalah batang kelapa yang masih muda. Batang kelapa tersebut kemudian dicincang halus dan direbus dengan berbagai bumbu untuk menambah kelezatan rasa. Batang kelapa mudanya sendiri mempunyai rasa yang cukup manis.


8. Pindang Patin

berrykitchen.com

Pindang patin merupakan sejenis sup dengan bahan utama ikan patin yang memang banyak terdapat di sungai-sungai di Lampung. Ikan patin tersebut kemudian dibumbui dengan menggunakan berbagai bumbu seperti daun salam, serai, dan berbagai bumbu lainnya.




9. Gulai Pekhos Masin

batinbudayapoerba.blogspot.com

Gulai pekhos masin merupakan salah satu makanan khas masyarakat Liwa di Lampung. Bahan utama yang digunakan dalam gulai pekhos masin adalah ikan mujair yang juga banyak terdapat di Lampung.



10. Selimpok

malahayati.ac.id

Selimpok merupakan jajanan tradisional khas Lampung yang berbahan dasar ketan. Ketan tersebut dicampur dengan pisang didalamnya kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang untuk kemudian dikukus sampai matang.



Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung - Ngabuburit adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa. Banyak hal atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menunggu adzan atau bedug maghrib. Mulai dari yang membaca Al Qur'an sampai dengan jalan-jalanan dan mencari jajanan untuk berbuka. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jogja 10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung  1. Alun-alun Bandung www.merdeka.com Sejak diubah menjadi seperti sekarang ini, yaitu mengganti lantai Alun-alun Bandung menjadi rumput sintetis. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bandung untuk menghabiskan waktu atau hanya sekedar untuk berfoto.  2. Taman Film jadiberita.com Taman Film merupakan sebuah taman yang dibangun dibawah jembatan layang. Ditempat ini tersedia sebuah layar monitor besar yang biasa memutar berbagai film baik film Indonesia sampai dengan Hollywood dan bahkan film Korea dan India. 3. Taman Musik

10 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan mendapat julukan sebagai Kota Batik karena memang di kota ini kita bisa menemukan banyak sekali kampung-kampung atau pengrajin batik yang tersebar hampir disemua wilayah kota dan kabupaten yang terletak dipesisir pantai utara ini. Batik Pekalongan tidak hanya dikenal di Pulau Jawa saja, tetapi juga sampai ke luar Jawa bahkan sampai di luar negeri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pekalongan. 1. Museum Batik Pekalongan sumber gambar: www.indonesia-tourism.com   Museum Batik Pekalongan beralamat di Jalan Jetayu No 1 Kota Pekalongan yang menempati sebuah bangunan kuno dengan gaya art deco yang merupakan bekas Kantor Walikota Pekalongan pada masa penjajahan Belanda dahulu. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi berbagai batik kuno mulai dari motif asli Pekalongan sampai dengan motif yang mendapat pengaruh dari Belanda dan Jepang.