Skip to main content

10 Kuliner Khas Bogor yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Bogor yang Wajib Dicoba - Bogor merupakan saah satu kota penyangga Jakarta yang tergabung dalam metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Bogor hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Jakarta melewati jalan tol. Bogor punya banyak tempat wisata yang menjadi tempat alternatif warga Jakarta untuk beribur seperti Kebun Raya Bogor ataupun Kawasan Puncak.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Manado yang Wajib Dicoba


10 Kuliner Khas Bogor yang Wajib Dicoba


1. Laksa Bogor

resepmakanansedap.com

Salah satu laksa yang paling terkenal di Indonesia adalah Laksa Bogor. Laksa sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta yang artinya banyak. Laksa dimasak dengan menggunakan bumbu yang cukup banyak. Jika biasanya di daerah lain laksa menggunakan mie, di Bogor bahan utama yang digunakan adalah lontong. Kemudian keunikan lain dari Laksa Bogor adalah adanya campuran oncom.



2. Asinan Bogor

kuliner.panduanwisata.id

Kuliner khas Bogor yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner percampuran budaya orang-orang keturunan Tionghoa dengan orang lokal. Ada 3 jenis asinan yang bisa dipilih yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campuran buah dan sayur. Kuah asinan mempunyai rasa yang cukup asam dan pedas yang sangat segar dan nikmat.



3. Soto Kuning

bogorwatch.com

Sama seperti daerah lain di Indonesia, di Bogor kita juga bisa mencicipi soto khas dari daerah ini. Ciri khas dari soto yang ada di Bogor adalah kuahnya yang berwarna kuning. Isi dari sotonya sendiri berupa daging atau iso, babat, paru, dan kikil.




4. Pepes Sagu

travel.kompas.com

Jika biasanya kita hanya bisa menemukan pepes tahu, pepes tempe, atau pepes ikan. Kalau di Kota Hujan ini kita juga bisa menemukan pepes sagu. Sagu yang dicampur dengan pisang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dibakar. Rasanya yang cukup manis sangat cocok dijadikan sebagai camilan.



5. Es Pala

www.dream.co.id

Buah pala tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu untuk memasak saja. Buah pala juga bisa disajikan sebagai sajian segar dengan campuran es. Konon katanya es pala yang ada di Bogor ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dulu. Irisan buah pala yang dicampur dengan gula pasir dan garam harus direbus terlebih dahulu sebelum disajikan.



6. Cungkring

harianbogor.com

Cungkring adalah sejenis sate khas dari Bogor. Cungkring terbuat dari kikil dan kepala sapi yang ditusuk dengan menggunakan tusuk sate. Cungkring tersebut dimasak dengan menggunakan bumbu kuning dan bumbu kacang.



7. Bapatong

www.saranwisata.com

Bapatong merupakan singkatan dari bakso kupat gentong. Dalam seporsi bapatong terdiri dari bakso, ketupat yang dipotong kotak-kotak, dan juga daging iga sapi yang disiram dengan kuah bakso atau kaldu sapi.



8.Taoge Goreng 

bogorgate.com

Makanan yang satu ini sepertinya hanya ada di Bogor. Walaupun dinamakan taoge goreng, taoge yang digunakan dimasak dengan cara direbus. Taoge yang sudah direbus tersebut kemudian dicampur dengan mie telur kuning dan irisan tahu goreng kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari campuran oncom, tauco, dan kecap manis.


9. Doclang

jajanpinggiran.blogspot.com

Doclang yang ada di Bogor ini mirip dengan kupat tahu atau lontong sayur di daerah lain. Doclang terdiri dari irisan kentang rebus, telur rebus, bumbu kacang, emping, dan juga pesor yang merupakan sejenis ketupat yang terbuat dari beras putih dan dibungkus dengan daun patat.



10. Asinan Jagung Bakar

id.openrice.com

Kuliner yang satu ini hampir sama dengan jenis asinan yang lain. Yang membedakan adalah bahan utamanya yang berupa jagung bakar yang kemudian dipipil dan disiram dengan menggunakan kuah yang dicampur dengan air cabe, cuka, dan gula. Rasanya perpaduan antara manis, pedas, gurih, dan segar.



Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi - Selama ini Malang lebih dikenal sebagai kota pegunungan yang mempunyai pemandangan yang hijau dan udaranya yang cukup segar. Padahal disisi selatan Kabupaten Malang juga terdapat jajaran pantai-pantai yang mempunyai pemandangan yang tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok. Pantai-pantai tersebut bisa menjadi salah satu alternatif tempat liburan saat berkunjung ke Malang. Baca juga: 10 Pantai Cantik di Kebumen yang Wajib dikunjungi 10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi 1. Pantai Sendang Biru sumber:  www.malangkab.go.id Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang berjarak sekitar 67 km dari pusat Kota Malang. Pantai Sendang Biru merupakan pintu gerbang untuk menuju kawasan konservasi Pulau Sempu yang mempunyai pemandangan yang sangat cantik. 2. Pantai Ngliyep sumber:  nginepmana.com Pantai

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat