Skip to main content

10 Stadion Termegah di Indonesia

10 Stadion Termegah di Indonesia - Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia termasuk di Indonesia. Walaupun prestasi cabang olahraga sepak bola tidak terlalu baik di Indonesia, namun kita dapat dengan mudah menemukan lapangan yang biasa digunakan sebagai tempat untuk bermain sepak bola. Beberapa tahun terakhir ini pemerintah juga gencar membangun stadion yang berkelas internasional sebagai sarana penunjang olahraga tersebut.


Baca juga: 10 Gedung Tertinggi di Dunia


10 Stadion Termegah di Indonesia




1. Stadion Utama Bung Karno, Jakarta

sumber: thepramuajiajay.blogspot.com


Stadion yang berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat ini mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 atas prakarsa dari Presiden Soekarno. Stadion terbesar di Indonesia ini dapat menampung sekitar 100.000 penonton. Nama Stadion Utama ini semula bernama Stadion Utama Senayan dan dikembalikan namanya menjadi Stadion Utama Bung Karno pada tahun 1998 setelah reformasi bergulir di Indonesia.



2. Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung

sumber: news.liputan6.com

Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini  biasa dikenal dengan nama Stadion Gedebage karena terletak di Kecamatan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Stadion yang diresmikan pada 10 Mei 2013 ini dibangun diatas lahan yang merupakan bekas sebuah danau purba. Stadion ini bisa menampung sekitar 72.000 orang penonton.




3. Stadion Utama Riau, Pekanbaru

sumber: www.kompasiana.com

Stadion Utama Riau mulai dibangun pada tahun 2009 dan selesai pada 2012 dalam rangkan menyambut Pekan  Olahraga Nasional (PON) XVIII pada tahun 2012 yang diselenggarakan di Pekanbaru, Riau. Stadion yang berkapasitas sekitar 44.000 orang penonton ini dibangun dengan menghabiskan dana sekitar 1,8 trilyun rupiah.





4. Stadion Aji Imbut, Tenggarong

sumber: bali.tribunnews.com

Stadion Aji Imbut terletak di Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kertanegara. Awalnya Stadion ini bernama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga yang kemudian pada tahun 2011 namanya diganti menjadi Stadion Aji Imbut yang diambil dari nama gelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin. Stadion Aji Imbut, Tenggarong mempunyai kapasitas 35.000 orang penonton.




5. Stadion Jakabaring, Palembang

sumber:www.skyscrapercity.com

Stadion Gelora Sriwijaya atau yang biasa dikenal dengan nama Stadion Jakabaring mulai dibangun pada 1 Januari 2001 dalam rangka untuk menyambut penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XVII yang diselenggarkan di Palembang, Sumatera Selatan. Stadion Jakabaring mempunyai kapasitas 36.000 - 40.000 orang penonton.




6. Stadion Utama Palaran, Samarinda

sumber: www.hanyabola.com

Stadion Utama Kaltim atau yang biasa dikenal dengan nama Stadion Utama Palaran ini terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion Utama Palaran merupakan stadion terbesar kedua di Indonesia setelah Gelora Bung Karno Jakarta. Stadion Utama Palaran mempunyai kapasitas sebesar 60.000 orang penonton.




7. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

sumber: www.audeeworld.com

Stadion Gelora Bung Tomo yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur ini diresmikan pada 6 Agustus 2010. Stadion yang merupakan markas dari Persebaya ini mempunyai kapasitas sebesar 56.000 orang penonton.




8. Stadion Manahan, Solo

sumber: www.radarindo.com

Stadion Manahan merupakan markas dari Persis Solo. Stadion Manahan diresmikan pada 21 Februari 1998 oleh Presiden Soeharto. Stadion Manahan mempunyai kapasitas sebesar 35.000 orang penonton.



9. Stadion Kanjuruhan, Malang

sumber: halomalang.com

Stadion Kanjuruhan terletak di Kecamatan Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Stadion Kanjuruhan dibangun dengan menghabiskan dana sebesar 35 milyar dan mulai digunakan pada tahun 2004. Stadion Kanjuruhan mempunyai kapasitas 40.000 orang penonton.




10. Stadion Maguwoharjo, Sleman

sumber: soloraya.com

Stadion Maguwoharjo terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Stadion Maguwoharjo mulai dibangun pada tahun 2005 dan mulai digunakan pada tahun 2007. Stadion Maguwoharjo mempunyai kapasitas 40.000 orang penonton.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi - Grobogan adalah nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Purwodadi. Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan 9 kabupaten lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi Wilayah Kabupaten Grobogan diapit oleh 2 pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara yang ada di bagian utara. Kabupaten Grobogan punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.  10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 1. Api Abadi Mrapen sumber: www.jalanjalanyuk.com    Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan yang berjarak sekitar 26 km dari Purwodadi. Api Abadi Mrapen sendiri adalah sebuah fenomena geologi dimana ada gas alam yang keluar dari dalam tanah dan tersulut api dan memunculkan api

10 Tempat Wisata di Pemalang yang Wajib Dikunjungi

 Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang wilayah berada di jalur pantai utara dari Jakarta menuju ke Surabaya. Kabupaten Pemalang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal, Kabupaten Purwokerto, dan Kabupaten Pekalongan. Selain berada di kawasan dataran rendah, wilayah Kabupaten Pemalang juga terdiri dari dataran tinggi. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Pemalang yang wajib dikunjungi. 1. Pantai Widuri sumber gambar: www.kabarpemalang.com    Pantai Widuri merupakan tempat wisata unggulan kabupaten yang mempunyai kuliner khas yang bernama apem ini. Pantai Widuri letaknya hanya sekitar 3 km dari pusat kota. Karena letaknya yang sangat dekat tersebut menjadikan pantai ini banyak dikunjungi orang setiap harinya. Terutama pada soren hari untuk menikmati angin laut sore dan pemandangan matahari terbenam.