Skip to main content

10 Jembatan Tercantik di Indonesia

10 Jembatan Tercantik di Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulaunya yang mencapai ribuan. Selain itu Indonesia juga dilintasi beberapa sungai besar. Bahkan dibeberapa pulau, laut dan sungai masih menjadi jalur transportasi utama. Tidak mengherankan jika kita bisa menjumpai banyak sekali jembatan di seluruh Indonesia.


Baca juga: 10 Masjid Termegah di Indonesia


10 Jembatan Tercantik di Indonesia


1. Jembatan Suramadu

sumber: nettik.net

Jembatan Suramadu dibangun diatas Selat Madura dan menghubungkan Pulau Jawa tepatnya di Kota Surabaya dengan Pulau Madura. Jembatan Suramadu yang diresmikan pada tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mempunyai panjang 5.438 meter yang menjadikannnya sebagai jembatan terpanjang di Indonesia sampai saat ini. 



2. Jembatan Ampera

sumber: igoid.com

Jembatan Ampera terletak di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Jembatan ini dibangun diatas Sungai Musi yang memisahkan 2 wilayah Kota Palembang yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Jembatan Ampera mempunyai panjang 1.117 meter. Cikal bakal Jembatan Ampera ini sebenarnya sudah ada sejak jaman Kolonial Belanda dahulu, namun pembangunan jembatan yang bentuknya seperti sekarang ini baru dimulai pada tahun 1962.



3. Jembatan Barelang

sumber: batamnews.co.id

Nama Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang yang merupakan nama-nama pulau di Kota Batam, Kepulauan Riau yang dihubungkan oleh jembatan tersebut. Jembatan Barelang juga biasa disebut dengan nama Jembatan Habibie karena Presiden Habibie lah yang mencetuskan ide tentang pembangunan jembatan ini. Jembatan Barelang mulai dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998. Jembatan Barelang mempunyai panjang 642 m.


4. Jembatan Mahakam

sumber: batamnews.co.id

Jembatan Mahakam atau biasa dikenal dengan Jembatan Mahkota I dibangun diatas Sungai Mahakam di Samarinda, Kalimantan Timur. Jembatan ini menghubungkan wilayah Kota Samarinda dengan Kecamatan Samarinda Seberang. Jembatan Mahakam ini panjangnya mencapai 400 meter.



5. Jembatan Siak

sumber: id.wikipedia.org

Jembatan Siak atau yang mempunyai nama resmi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah nama jembatan ini diambil dari nama istri Raja Siak Sultan Syarif Hashim. Jembatan ini dibangun diatas Sungai Siak dan mengubungkan Kota Siak Sri Inderapura dengan wilayah lain. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah panjangnya mencapai 1.196 meter dan diresmikan pada tahun 2007.



6. Jembatan Ir. Soekarno

sumber: finance.detik.com

Jembatan Ir. Soekarno merupakan jembatan baru di Manadao yang belum lama ini diresmikan pada 28 Mei 2015. Pembangunan jembatan ini sempat terhenti akibat krisis ekonomi. Jembatan Ir. Soekarno mempunyai panjang 1.127 m yang pembangunannya menghabiskan dana sekitar 300 milyar. 



7. Jembatan Pasupati

sumber: www.skyscrapercity.com

Jembatan Pasupati terletak di Kota Bandung, Jawa Barat yang menghubungkan wilayah utara dan timur melewati Lembah Cikapundung. Jembatan Pasupati mempunyai panjang 2,8 km. Jembatan Pasupati ini merupakan jembatan layang pertama di Indonesia yang dirancang tahan terhadap guncangan gempa.



8. Jembatan Barito

sumber: ayun1999.blogspot.com

Jembatan Barito melintas diatas Sungai Barito dan Pulau Bakung. Jembatan Barito masuk dalam wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan yang berjarak sekitar 15 km dari Kota Banjarmasin. Jembatan Barito mempunyai panjang 1.082 meter dan menghubungkan 



9. Jembatan Kahayan

sumber: centralborneo.net

Jembatan Kahayan terletak di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jembatan Kahayan mempunyai panjang 640 meter dan melintas diatas Sungai Kahayan. Jembatan Kahayan mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2001.



10. Jembatan Rumpiang

sumber: hendyakhmadi.blogspot.com

Sama seperti Jembatan Barito, Jembatan Rumpiang juga dibangun diatas Sungai Barito yang ada di wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Jembatan Rumpiang mempunyai panjang 753 meter dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 


Comments

  1. 2 Nama Jembatan Terpanjang Di Indonesia ini adalah jembatan yang pernah memecah rekor se Asia Tenggara.

    Monggo di baca gan.

    dan Inilah kinclongnya Indonesia....

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung - Ngabuburit adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa. Banyak hal atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menunggu adzan atau bedug maghrib. Mulai dari yang membaca Al Qur'an sampai dengan jalan-jalanan dan mencari jajanan untuk berbuka. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jogja 10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung  1. Alun-alun Bandung www.merdeka.com Sejak diubah menjadi seperti sekarang ini, yaitu mengganti lantai Alun-alun Bandung menjadi rumput sintetis. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bandung untuk menghabiskan waktu atau hanya sekedar untuk berfoto.  2. Taman Film jadiberita.com Taman Film merupakan sebuah taman yang dibangun dibawah jembatan layang. Ditempat ini tersedia sebuah layar monitor besar yang biasa memutar berbagai film baik film Indonesia sampai dengan Hollywood dan bahkan film Korea dan India. 3. Taman Musik

10 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan mendapat julukan sebagai Kota Batik karena memang di kota ini kita bisa menemukan banyak sekali kampung-kampung atau pengrajin batik yang tersebar hampir disemua wilayah kota dan kabupaten yang terletak dipesisir pantai utara ini. Batik Pekalongan tidak hanya dikenal di Pulau Jawa saja, tetapi juga sampai ke luar Jawa bahkan sampai di luar negeri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pekalongan. 1. Museum Batik Pekalongan sumber gambar: www.indonesia-tourism.com   Museum Batik Pekalongan beralamat di Jalan Jetayu No 1 Kota Pekalongan yang menempati sebuah bangunan kuno dengan gaya art deco yang merupakan bekas Kantor Walikota Pekalongan pada masa penjajahan Belanda dahulu. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi berbagai batik kuno mulai dari motif asli Pekalongan sampai dengan motif yang mendapat pengaruh dari Belanda dan Jepang.