Skip to main content

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia.

Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia

10 Sungai Terpanjang di Dunia



1. Sungai Nil

sumber: africa-facts.org

Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania.




2. Sungai Amazon

sumber: rio.wikia.com

Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai 6.516 km (4.049 mil) dan menjadi sungai terpanjang kedua di dunia. Sungai Amazon melintasi beberapa negara seperti Kolombia, Bolivia, Ekuador, Peru, dan Brazil. Aliran Sungai Nil mengalir sampai dengan Samudera Atlantik.




3. Sungai Yangtze

sumber: www.telegraph.co.uk

Sungai Yangtze terletak di negara Republik Rakyat China. Panjang Sungai Yangtze mencapai 6.380 km (3.964 mil). Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang di Asia dan merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia. Hilir dari aliran Sungai Yantze adalah Laut Timur China.




4. Sungai Missisipi-Misouri

sumber: www.americancruiselines.com

Sungai Missisipi-Misouri terletak di wilayah Amerika bagian utara tepatnya di negara Amerika Serikat dan Kanada. Sungai Missisipi-Misouri mempunyai panjang 5.969 km (3.709 mil). Sungai Missisipi-Misouri ini merupakan sungai terpanjang ke-4 di dunia. Aliran Sungai ini terhenti di Teluk Meksiko.



5. Sungai Ob-Irtysh

sumber: en.wikipedia.org

Sungai Ob-Irtysh terletak di Benua Asia. Panjang Sungai Ob-Irtysh mencapai 5.568 km (3459 mil) Sungai Ob-Irtysh melintas dibeberapa negara seperti Kazakhstan, Rusia, China, dan Mongolia. Sungai Ob-Irtysh merupakan sungai terpanjang kelima di dunia.





6. Sungai Yenisei-Angara-Selenga

sumber: top101news.com

Sungai Yenisei-Angara-Selenga terletak di Benua Asia. Panjang Sungai Yenisei-Angara-Selenga panjangnya mencapai 5.550 km (3.448 mil). Sungai Yenisei-Angara-Selenga melintasi dua negara seperti Rusia dan Mongolia. Sungai Yenisei-Angara-Selenga merupakan sungai terpanjang keenam di dunia.



7. Sungai Huang He (Sungai Kuning)

sumber: www.tes.com

Sungai Huang He atau yang biasa dikenal dengan nama Sungai Kuning terletak di negara China. Panjang Sungai Huang He mencapai 5.464 km (3.395 mil). Sungai Huang He merupakan sungai terpanjang ketujuh di dunia.



8. Sungai Kongo ( Sungai Zaire)

sumber: answersafrica.com

Sungai Kongo atau Sungai Zaire terletak di Benua Afrika. Sungai Kongo panjangnya mencapai 4.667 km (2.900 mil). Sungai ini melintasi beberapa negara di Afrika seperti Kongo, Rwanda, Burundi, Zambia, Kameron, Tanzania, Afrika Tengah, dan Angola. Sungai Kongo merupakan sungai terpanjang kedelapan di dunia.




9. Sungai Rio de la Plata-Parana

sumber: www.travelmagma.com

Sungai Rio de la Plata-Parana terletak di wilayah Amerika Selatan. Sungai Rio de la Plata-Parana panjangnya mencapai 4.500 km (2.796 mil). Sungai Rio de la Plata melintasi beberapa negara seperti Uruguay, Paraguay, Argentina, Brasil, dan Bolivia. Sungai Rio de la Plata-Parana merupakan sungai terpanjang kesembilan di dunia.




10. Sungai Mekong

sumber: en.wikipedia.org

Sungai Mekong terletak di di Benua Asia. Panjang Sungai Mekong mencapai 4.425 km (2.749 mil). Sungai Mekong melintasi beberapa negara seperti Thailand, Myanmar, China, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang kesepuluh di dunia.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama dari Solo menuju ke Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. 1. Umbul Ponggok sumber gambar: jejak.eksyam.com    Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Yang paling unik dari kolam ini adalah walaupun merupakan kolam air tawar, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang menyelam didasar laut lengkap dengan ikan-ikan dan batu yang sengaja diletakan untuk menciptakan suasana seperti didasar laut.

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi - Pasuruan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Kabupaten dan Kota Pasuruan wilayahnya berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Batu, Malang, Probolinggo, dan Sidoarjo. Baca juga:  10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi Pasuruan memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. 10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi 1. Gunung Bromo sumber: www.newsth.com   Siapa yang tidak kenal dengan keindahan pegunungan yang satu ini. Pesona keindahan Gunung Bromo Bahkan sudah tersohor keseluruh pelosok dunia.  2. Pantai Lekok sumber: www.panoramio.com    Pantai ini diberi nama Lekok karena memang terletak di wilayah Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Pada hari lebaran ketupat pantai ini biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk lomba ski yang cukup unik. 3. Candi Jawi sumber: ke