Skip to main content

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi

 10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi



1. Goa Terawang

sumber: commons.wikimedia.org

 

 Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan.

2. Waduk Bentolo

sumber: www.harianblora.com

 

 Waduk Bentolo terletak tidak jauh dari Gua Terawang. Selain dijadikan sebagai sarana irigasi untuk pertanian di Kabupaten Blora dan sekitarnya, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat wisata. Di tempat ini juga terdapat bumi perkemahan yang cukup luas yang bernama Bumi Perkemahan Pancasona.

3. Pemandian Sayuran

sumber: pecelewongblora.blogspot.com

 

 Tempat wisata Pemandian Sayuran terletak di Desa Soko, Kecamatan Jepon yang berjarak sekitar 14 km dari Kota Blora. Tempat wisata ini mulai dibangun pada sekitar tahun 1990. Pemandian Sayuran memiliki 2 kolam untuk yang bisa digunakan untuk berenang baik anak-anak maupun orang dewasa. Tempat ini berada diatas bukit yang menjadikan tempat ini mempunyai udara yang sangat sejuk dan segar.

4. Waduk Tempuran

sumber: jv.wikipedia.org

 

 Waduk Tempuran terletak disebuah bukit yang berada di Dusun Juwet, Desa Tempuran, Kecamatan Blora. Keberadaan waduk ini menjadikan Dusun Juwet tampak seperti berada terapung diatas waduk tersebut.Waduk ini selain dijadikan sarana irigasi juga dijadikan sebagai tempat pembibitan ikan dan juga tempat wisata sekaligus tempat berlatih atlet-atlet Kabupaten Blora.

5. Loko Wisata Cepu

sumber: www.telusurindonesia.com

 

Loko Wisata Cepu adalah salah satu wisata yang wajib dicoba saat berada di Blora. Di Loko Wisata ini kita akan diajak berkeliling menggunakan lokomotif kereta buatan Jerman tahun 1928 yang akan dimulai dari Bengkel Tarksi Ngelo menuju ke Kecamatan Sambong Sejauh 10 km. Dengan lokomotif ini kita seolah dibawa menikmati suasana tempo dulu.


6. Agrowisata Temanjang

sumber: www.jitunews.com

 

 Agrowisata Temanjang atau yang biasa disebut dengan Agrowisata Dungmandur terletak di Desa Temanjang dan berada ditengah kawasan hutan jati dengan pemandangan yang sangat indah. Selain hutan jati, ditempat ini juga ditanami banyak pohon buah-buahan. Di Agrowisata Temanjang ini juga dibangun pondok-pondok yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat dan menikmati udara segar di kawasan ini.

7. Gunung Manggir

sumber: le-monde-en-marche.com

 

 Gunung Manggir adalah nama sebuah perbukitan yang terletak di Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan yang berjarak sekitar 39 km dari pusat Kota Blora. Gunung Manggir mempunyai luas sekitar 4 hektare dan berada pada ketinggian skitar 250 mdpl. Dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan alam hijau perkampungan yang ada dibawahnya.

 

8. Waduk Greneng

sumber: kfk.kompas.com

 

 Waduk Greneng terletak di Kecamatan Tunjungan yang berada tidak jauh dari pusat Kota Blora dan menjadikan tempat ini menjadi salah satu tempat wisata warga Blora. Tidak hanya warga Blora saja yang mengunjungi tempat ini untuk berwisata, banyak juga pengunjung yang berasal dari daerah lain disekitar Blora.

9. Taman Sarbini

sumber: www.infoblora.com

 

 Taman Sarbini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora dan berada dekat Kantor DPRD serta Stadion Kridosono. Di taman ini sekarang sudah dibangun obyek wisata baru yang dikenal dengan nama "Water Splash". Selain itu ditempat ini kita juga masih bisa menemukan banyak wahana bermain untuk anak-anak seperti sepeda roda tiga, mobil anak-anak, patung binatang sampai dengan perpustakaan.

 

10 Taman Budaya dan Seni Tirtanadi

sumber: komaraindonesia.blogspot.com

 

 Taman Budaya dan Seni Tirtanadi sudah dibangun sejak tahun 1960 dan masih tetap dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya terutama pada hari libur dan akhir pekan. Pengunjungnya tidak hanya berasal dari Blora saja, tetapi banyak juga pengunjung dari luar kota seperti Kudus, Pati, dan sekitarnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Batang yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi - Selama ini Malang lebih dikenal sebagai kota pegunungan yang mempunyai pemandangan yang hijau dan udaranya yang cukup segar. Padahal disisi selatan Kabupaten Malang juga terdapat jajaran pantai-pantai yang mempunyai pemandangan yang tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok. Pantai-pantai tersebut bisa menjadi salah satu alternatif tempat liburan saat berkunjung ke Malang. Baca juga: 10 Pantai Cantik di Kebumen yang Wajib dikunjungi 10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi 1. Pantai Sendang Biru sumber:  www.malangkab.go.id Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang berjarak sekitar 67 km dari pusat Kota Malang. Pantai Sendang Biru merupakan pintu gerbang untuk menuju kawasan konservasi Pulau Sempu yang mempunyai pemandangan yang sangat cantik. 2. Pantai Ngliyep sumber:  nginepmana.com Pantai