Skip to main content

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya.

Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi


5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia



1. Tugu Putih, Yogyakarta

sumber: beautifullofindonesian.com

Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut sempat rusak. Kemudian tugu tersebut dibangun kembali oleh Belanda pada tahun 1889 dengan bentuk yang sampai sekarang ini bisa kita lihat yang tingginya mencapai 15 meter. Tugu Putih berada dalam satu garis lurus dengan Keraton, Gunung Merapi, dan Laut Selatan yang merupakan tempat-tempat penting bagi orang Jogja.





2. Tugu Monas, Jakarta

sumber: hargatiketmasuk.com

Tugu Monas atau Monumen Nasional merupakan sebuah tugu yang terletak di Jakarta tidak terlalu jauh dari Istana Merdeka. Tugu setinggi 132 meter ini dibangun pada 17 Agustus 1961 pada masa pemerintahan Preseiden Soekarno untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah dalam rangka merebut kemerdekaan. Di puncak Tugu Monas ini kita bisa melihat lidah api emas yang melambang semangat perjuangan rakyat Indonesia yang tidak pernah padam untuk merebut kemerdekaan. Dari puncak Tugu Monas ini kita bisa melihat pemandangan Kota Jakarta yang saat ini sudah dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit. Selain itu dilantai dasar juga terdapat museum yang bisa dikunjungi untuk mengetahui tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.




3. Tugu Pahlawan, Surabaya

sumber: www.indonesia-tourism.com

Tugu Pahlawan yang ada di Surabaya, Jawa Timur ini dibangun untuk memperingati pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945 antara arek-arek Suroboyo melawan Sekutu dan Belanda yang ingin menjajah kembali. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan sekaligus menamakan Surabaya dengan Julukan Kota Pahlawan. Tugu Pahlawan ini terletak tidak terlalu jauh dari Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan Surabaya ini saat ini menjadi salah satu ikon dari Surabaya.



4. Tugu Muda, Semarang

sumber: idewisata.com

Jika Tugu Pahlawan di Surabaya dibangun untuk mengenang peristiwa pertempuran 10 November 1945, Tugu Muda di Semarang dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang yang terjadi pada 15-20 Oktober 1945. Tugu Pahlawan mulai dibangun pada 10 November 1951 dan selesai pada 20 Mei 1953. Tugu ini mempunyai tinggi sekitar 53 meter. Tugu Muda ini dibangun persis didepan salah satu bangunan kuno bersejarah yang ada di Semarang yaitu Lawang Sewu.



5. Tugu Alun Alun Bundar, Malang

sumber: kehendakbaru.wordpress.com

Tugu ini berada persis didepan Balaikota Malang dan tidak jauh dari Stasiun Kotabaru Malang. Tugu ini dikelilingi oleh kolam teratai dan juga taman bunga cantik. Tugu ini dibangun pada tahun 1945 dan sempat dihancurkan oleh Belanda pada saat mereka menguasai Kota Malang. Tugu tersebut kemudian dibangun kembali pada tahun 1952 yang peresmiannya dilakukan langsung oleh Presiden Indonesia saat itu yaitu Ir. Soerkarno.




Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah kota kecil yang mempunyai udara yang cukup sejuk yang karena dikelilingi oleh beberapa gunung sekaligus. Magelang sudah cukup berkembang sejak jaman dulu karena menjadi salah satu basis tentara Belanda pada jaman penjajahan. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi. 1. Candi Borobudur sumber gambar: id.wikipedia.org   Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang berjarak sekitar 40 km arah barat laut dari Jogja. Candi Borobudur dibangun disebuah danau purba pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada sekitar tahun 824 Masehi. Sejak  abad ke-9 Candi Borobudur sudah menjadi tempat ziarah bagi umat Buddha dari berbagai negara seperti Tiongkok, Tibert, Kamboja dan India.

10 Stadion Termegah di Indonesia

10 Stadion Termegah di Indonesia - Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia termasuk di Indonesia. Walaupun prestasi cabang olahraga sepak bola tidak terlalu baik di Indonesia, namun kita dapat dengan mudah menemukan lapangan yang biasa digunakan sebagai tempat untuk bermain sepak bola. Beberapa tahun terakhir ini pemerintah juga gencar membangun stadion yang berkelas internasional sebagai sarana penunjang olahraga tersebut. Baca juga: 10 Gedung Tertinggi di Dunia 10 Stadion Termegah di Indonesia 1. Stadion Utama Bung Karno, Jakarta sumber:  thepramuajiajay.blogspot.com Stadion yang berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat ini mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 atas prakarsa dari Presiden Soekarno. Stadion terbesar di Indonesia ini dapat menampung sekitar 100.000 penonton. Nama Stadion Utama ini semula bernama Stadion Utama Senayan dan dikembalikan namanya menjadi Stadion Utama Bung Karno pada tahun 1998 setelah reformasi bergu

10 Gedung Tertinggi di Indonesia

10 Gedung Tertinggi di Indonesia - Jakarta merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Indonesia. Bahkan Jakarta merupakan salah satu kota terpadat dan terbesar di dunia. Sebagai kota metropolitan, Jakarta saat ini sudah dipenuhi oleh bangunan-bangunan tinggi pencakar langit dihampir seluruh wilayahnya. Gedung-gedung tinggi tersebut dibangun untuk berbagai fungsi mulai dari perkantoran, pusat perbelanjaan sampai dengan pemukiman. Setidaknya sampai saat ini ada sekitar 700 gedung pencakar langit yang ada diseluruh Jakarta. Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa 10 Gedung Tertinggi di Indonesia 1. Wisma BNI 46 sumber:  www.flickr.com Gedung Wisma BNI 46 terletak di Jalan Jendral Sudirman Kav. 1 Jakarta. Gedung yang dibangun pada tahun 1996 ini mempunyai ketinggian 261,5 meter dan terdiri dari 50 lantai. Sampai saat ini Gedung Wisma BNI 46 masih menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Gedung dengan atap cukup unik yang berbentuk seperti layar kapal ini merupakan