Skip to main content

10 Tempat Wisata di Kudus yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kudus sudah dikenal sejak dahulu karena menjadi salah satu pusat penyiaran agama Islam. Setidaknya ada 3 anggota Walisongo yang tinggal di kota ini, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. Selain itu Kudus juga dikenal sebagai kota penghasil kretek atau rokok terbesar di Indonesia.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Kudus yang wajib dikunjungi.

1. Makam Sunan Kudus

sumber gambar: en.wikipedia.org

 

 Makam Sunan Kudus terletak di kompleks Masjid Menara Kudus yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota. Masjid Menara Kudus atau yang biasa dikenal dengan Masjid Al Aqsa atau Masjid Al Manar ini merupakan masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus dengan arsitektur perpaduan antara Hindu dan Islam. Pengaruh Hindu bisa dilihat pada bangunan menaranya yang mirip seperti candi Hindu.


2. Museum Kretek

sumber gambar: travel.detik.com

 

 Museum Kretek Kudus ini didirikan untuk menunjukan bahwa kretek pernah sangat berjarak di Indonesia terutama di Kudus pada masa lampau dan bisa menyejahterakan petani tembakau pada masa lalu. Di museum ini kita bisa melihat proses pembuatan kretek secara langsung baik secara manual yang dilakukan pada masa lalu sampai dengan pembuatan kretek secara modern.

3. Makam Sunan Muria

sumber gambar: berita.suaramerdeka.com

 

Makam Sunan Muria berada di lereng Gunung Muria tepatnya di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Di kompleks Makam Sunan Muria ini kita tidak hanya bisa melakukan ziarah ke makam salah satu penyebar agama Islam ini, tetapi juga bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

 

4. Air Terjun Montel

sumber gambar: www.muria.co

 

 Air Terjun Montel terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe. Air terjun yang berada di lereng Gunung Muria ini mempunyai ketinggian sekitar 50 meter. Untuk menjangkau air terjun ini kita harus terlebih dahulu berjalan 1 km dari parkiran motor. Namun perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan yang akan kita lihat.

5. Situs Purbakala Patiayam

sumber gambar: buzzerbeezz.com

 

 Situs Purbakala Patiayam terletak di Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo. Ditempat ini pernah ditemukan sekitar 1.500 fosil kuno yang sebagian dari fosil tersebut saat ini sudah disimpan di Museum Ranggawarsita di Semarang. Sebelum ditemukan fosil-fosil tersebut sempat terkubur oleh abu vulkanik.

 

6. Air Tiga Rasa Rejenu

sumber gambar: mbahdoelmanganthi.wordpress.com

 

Air Tiga Rasa Rejenu terletak di lereng Gunung Muria tepatnya di Desa Japan, Kecamatan Dawe tidak terlalu jauh dari Air Terjun Montel. Ada 3 sumber mata air dengan rasa yang berbeda-beda bisa kita temukan ditempat ini. Sumber air mata mempunyai rasa tawar sedikit asam, sumber mata air kedua mempunyai rasa seperti minuman bersoda, dan sumber mata air ketiga mempunyai rasa seperti minuman keras. Ketiga sumber air tersebut dipercaya mempunyai khasiat yang berbeda-beda.

 

7. Rahtawu

sumber gambar: tirtasatria.wordpress.com

 

 Rahtawu adalah nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Debog. Desa ini berada pada ketinggian 1.627 mdpl dan dikelilingi oleh perbukitan yang sebagian besar ditanami dengan kopi. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat desa ini mempunyai udara yang sejuk dan segar serta pemandangan alam yang indah.

8. Waterpark Mulia Wisata

sumber gambar: kolamwaterboom.blogspot.com

 

Waterpark Mulai Wisata terletak Jalan Kudus-Colo km 12, Desa Kajar, Kecamatan Dawe. Tempat ini merupakan wahana permainan air terlengkap yang ada di Kudus. Selain berbagai jenis permainan air, ditempat ini kita juga bisa menyewa ATV untuk berkeliling tempat wisata yang mempunyai luas sekitar 13 hektare ini.


9. Air Terjun Gonggomino

sumber gambar: www.way2east.com

 

 Air Terjun Gonggomino terletak di Desa Japan, Kecamatan Dawe. Air terjun ini letaknya tidak terlalu jauh dari Air Terjun Montel. Air terjun ini terletak ditengah hutan yang masih cukup asri dan udaranya yang masih terasa segar.

10. Kawasan Wisata Colo 

sumber gambar: berita.suaramerdeka.com

 

Kawasan Wisata Colo terletak sekitar 18 km ara utara Kota Kudus yang berada di lereng Gunung Muria terpatnya di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Selain Makam Sunan Muria, Air Terjun Montel, dan Air Terjun Gonggomino ditempat ini kita bisa berjalan menyusuri kebun kopi dan juga menikmati udara yang segar.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi