Skip to main content

10 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

Jepara adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mendapat julukan sebagai "Bumi Kartini". Julukan tersebut karena Jepara merupakan tempat kelahiran pahlawan wanita Indonesia RA Kartini. Selain terkenal karena Kartini, Jepara juga dikenal sebagai salah satu penghasil kerajinan ukiran terbaik di Indonesia.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Jepara yang wajib untuk dikunjungi.

1. Karimunjawa

sumber gambar: www.diveindonesia.net

 

Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 27 gugusan pulau kecil yang terletak arah barat laut dari Jepara dan berjarak sekitar 83 km. Kepulauan Karimunjawa mempunyai luas sekitar 107.225 hektare. Karimunjawa sudah ditetapkan sebagai salah satu cagar alam yang keindahan bawah lautnya terus dijaga. Untuk para pecinta bawah laut, Karimunjawa adalah salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi.


2. Museum RA Kartini

sumber gambar: www.selasar.com

 

Museum RA Kartini sengaja dibangun untuk mengenang jasa-jasa pahlawan emansipasi wanita di Indonesia. Museum ini letaknya berada diarea Alun-alun Jepara sehingga dapat dengan mudah untuk ditemukan. Museum ini tidak hanya menyimpan benda-benda peninggalan Kartini saja, tetapi juga benda-benda peninggalan Sosrokanto yang merupakan kakak dari RA Kartini. Selain itu beberapa benda sejarah dari Kerajaan Kalingga juga tersimpan di museum ini.

3. Pantai Kartini

sumber gambar:anekatempatwisata.com

 

Letak Jepara yang berada di jalur pantai utara dikelilingi oleh beberapa pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Kartini. Tidak hanya keindahan pantai dan laut saja yang bisa kita nikmati ditempat ini. Tetapi juga beberapa wahana permain anak yang menarik bisa kita coba. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

4. Pulau Panjang

sumber gambar: mylifeofficialtegarck.blogspot.com

 

Pulau Panjang hanyalah sebuah pulau kecil yang luasnya hanya sekitar 19 hektare. Pulau Panjang letaknya hanya sekitar 2,5 km dari dermaga Pantai Kartini. Pulau ini terletak diantara laut dangkal yang memiliki terumbu karang cantik dan pantai dengan pasir yang putih.

5. Pantai Bandengan / Pantai Tirto Samudro

sumber gambar: yogyakarta.panduanwisata.id

 

Pantai Bandengan atau Pantai Tirto Samudro terletak sekitar 7 km disebelah utara Jepara. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih dan air laut yang berwarna biru jernih. Selain sebagai tempat wisata, Pantai Bandengan juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan lomba layang-layang. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah pada sore hari untuk mendapatkan pemandangan sunset yang indah.

6. Air Terjun Songgolangit

sumber gambar: www.telusurindonesia.com

 

Air Terjun Songgolangit terletak di Desa Bucu, Kecamatan Kembang yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Pemandangannya yang masih hijau dan udaranya yang segar merupakan salah satu daya tarik dari tempat ini. Pada musim tertentu kita bisa melihat banyak  sekali kupu-kupu yang terbang menuju ke Air Terjun Songgolangit.

7. Benteng Portugis

sumber gambar: coretanpetualang.wordpress.com

 

Benteng Portugis terletak dipinggir pantai yang berhadapan persis dengan Pulau Mandalika. Benteng ini dahulunya dibangun oleh bangsa Portugis untuk mengintai musuh yang datang menggunakan kapal di laut. Benteng ini kini sudah menjadi cagar budaya dan dilindungi keberadaaanya.

8. Pulau Mandalika

sumber gambar: www.lookbook.id

 

Pulau Mandalika adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa dan berjarak sekitar 2 km dari Desa Ujung Watu, Jepara. Pulau ini bisa dijangkau menggunakan kapal nelayan dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit.

9. Pantai Bondo

sumber gambar: www.nasirullahsitam.com

 

Pantai Bondo ini lebih dikenal dengan nama Pantai Ombak Mati dan terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Dinamakan Pantai Ombak Mati karena di pantai ini hampir tidak ada ombak sama sekali. Suasana pantai ini masih sangat tenang dan enak untuk dijadikan sebagai tempat untuk berwisata.

10. Pantai Teluk Awur

sumber gambar: ticjepara.com

 

Pantai Teluk Awur terletak sekitar 5 km dari pusat kota. Ombak yang cukup tenang di pantai ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin berenang. Selain itu pantai juga memiliki pemandangan yang cukup indah.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat