Skip to main content

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi - Pasuruan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Kabupaten dan Kota Pasuruan wilayahnya berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Batu, Malang, Probolinggo, dan Sidoarjo.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

Pasuruan memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi


1. Gunung Bromo

sumber: www.newsth.com

 

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan pegunungan yang satu ini. Pesona keindahan Gunung Bromo Bahkan sudah tersohor keseluruh pelosok dunia. 

2. Pantai Lekok

sumber: www.panoramio.com

 

 Pantai ini diberi nama Lekok karena memang terletak di wilayah Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Pada hari lebaran ketupat pantai ini biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk lomba ski yang cukup unik.

3. Candi Jawi

sumber: kebudayaanindonesia.net

 

 Candi ini mempunyai nama asli Candi Jajawi dan terletak di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Candi ini merupakan tempat ibadah umat Buddha yang dibangun pada masa Kerajaan Singhasari.

4. Candi Gunung Gangsir

 
sumber: putrapenanggungan.blogspot.com

 Candi yang sekarang keadaannya sudah mulai rusak ini terletak di Dukuh Kebon Candi, Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

5. Danau Ranu Grati

sumber: mahdierra.wordpress.com

 

 Danau Ranu Grati terletak diantara 3 desa yaitu Sumberdawesari, Ranuklindungan, dan Gratitunon yang masuk dalam Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Danau ini memiliki luas sekitar 198 hektare dengan pemandangan yang cukup indah.

 

6. Taman Safari Indonesia II

sumber: bbo.web.id

 

 Taman Safari Indoneisa II yang terletak di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan ini merupakan salah satu taman safari terbesar di Asia. Taman Safari Indonesia II terletak di kaki Gunung Arjuno.

7. Kawasan Tretes

sumber: m.pasuruantimes.com

 

 Tretes merupakan sebuah daerah atau kawasan yang terletak di kaki Gunung Arjuno dan Welirang sehingga mempunyai udara yang sangat sejuk dan segar dengan pemandangan hijau yang masih alami.

 

8. Coban Baung

sumber: obyekwisataindonesia.com

 

 Coban Baung merupakan sebuah air terjn yang terletak di lereng Gunung Baung, Kabupaten Pasuruan. Air terjun ini tingginya mencapai 100 meter dengan debit air yang cukup deras.

9. Masjid Cheng Ho

sumber: www.iberita.com

 

 Masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa ini terletak di Jalan Raya Malang-Surabaya. Sama seperti Masjid Cheng Ho didaerah lain, Masjid Cheng Ho Pasuruan pembangunannya juga diprakarsai oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia.

 

10. Pemandian Alam Banyu Biru

sumber: wisatanesia.co

 

Pemanduan Alam Banyu Biru merupakan sebuah tempat wisata kolam yang airnya berasal dari sumber alami. Pemandangan Alam Banyu Biru masih dikelilingi oleh banyak sekali pepohonan yang semakin menambah indah pemandangan.


Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi

 Dieng adalah sebuah dataran tinggi atau perbukitan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo, Banjarnergara, Batang, dan Pekalongan. Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif atau gunung api raksasa yang terdiri dari beberapa puncak. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat udara di wilayah perbukitan menjadi sangat dingin, bahkan pada musim kemarau suhu udaranya bisa mencapai 0 derajat celcius. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Dieng yang wajib dikunjungi. 1. Gunung Prau sumber gambar: infopendaki.com   Gunung Prau adalah salah satu puncak yang ada di Dieng. Gunung Prau tingginya mencapai 2.565 mdpl. Untuk bisa mencapai puncaknya, diperlukan waktu sekitar 3 jam. Dari puncak Gunung Prau kita bisa melihat pemandangan wilayah sekitar Dieng yang masih sangat hijau serta beberapa gunung yang tampak kokoh dari kejauhan seperti Gunung Sindoro dan Sumbing. Jalur pendakian Gunung Prau bisa melalui jalur Patak Banteng, Wonosobo maupun Jalur Pranten, Bawang

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi - Grobogan adalah nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Purwodadi. Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan 9 kabupaten lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi Wilayah Kabupaten Grobogan diapit oleh 2 pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara yang ada di bagian utara. Kabupaten Grobogan punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.  10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 1. Api Abadi Mrapen sumber: www.jalanjalanyuk.com    Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan yang berjarak sekitar 26 km dari Purwodadi. Api Abadi Mrapen sendiri adalah sebuah fenomena geologi dimana ada gas alam yang keluar dari dalam tanah dan tersulut api dan memunculkan api