Skip to main content

10 Tempat Wisata di Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Kebumen adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak disekitar pesisir laut selatan. Walaupun belum seterkenal Yogyakarta, Kebumen sebenarnya mempunyai banyak sekali tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Mulai dari pantai yang tak kalah indah dari pantai-pantai di Bali sampai dengan cagar alam geologi yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk penelitian.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Kebumen yang wajib untuk dikunjungi.

1. Pantai Menganti

sumber gambar: www.telusurindonesia.com

 

 Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah yang berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Kebumen. Akses yang masih terbilang cukup sulit saat menuju ke pantai ini tidak akan terasa pada saat kita mlihat pemandangan pantai yang sangat indah ini. Pantai Menganti dikelilingi oleh perbukitan hijau berpadu dengan pasir putih dan birunya air laut. Banyak yang menyamakan pemandangan ditempat ini dengan pemandangan yang bisa didapatkan di Selandia Baru.



2. Pantai Karang Agung

sumber gambar: diasporaiqbal.blogspot.com

 

 Pantai Karang Agung terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Pantai ini mengingatkan dengan pemandangan yang ada di Tanah Lot, Bali. Pemandangan paling menarik dari pantai ini adalah adanya batuan karang yang berdiri tegap ditengah laut yang terjang ombak. Pantai Karang Agung terletak tidak jauh dari deretan perbukitan karst Gombong Selatan.

3. Pantai Pecaron

sumber gambar: diasporaiqbal.blogspot.com

 

 Pantai Pecaron terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Menganti. Untuk menuju ke pantai ini kita harus melewati bukit karang yang terjal. Pantai ini masih cukup sepi karena aksesnya yang masih cukup sulit untuk menjangkau. Ditempat ini kita bisa menikmati debur ombak yang akan memecah kesunyian.

4. Pantai Karangbolong

sumber gambar: www.indonesia-tourism.com

 

 Pantai Karangbolong terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Di pantai ini terdapat banyak sekali sarang walet. Banyak penduduk Kebumen yang menggantungkan hidupnya dari berjualan sarang burung walet yang merupakan salah satu penyumbang pendapatan terbesar di Kebumen. Itulah kenapa sebabnya simbol Kabupaten Kebumen menggunakan burung walet.

5. Goa Barat

sumber gambar: diasporaiqbal.blogspot.com

 

 Goa Barat terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Di dalam gua ini selain bisa menemukan stalagmit dan stalaktit yang cantik, kita juga bisa menemukan banyak sekali air terjun yang mengalir. Bahkan ada yang menyebut Goa Barat sebagai Goa Seribu Air Terjun.

6. Curug Silancur

sumber gambar: iproudwithmyself.blogspot.com

 

 Curug yang mempunyai ketinggian sekitar 20 meter ini terletak di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung. Yang unik adalah dibawah air terjun ini terdapat batuan purba. Waktu paling tepat mendatangi curug ini adalah pada saat musim penghujan.

7. Cagar Alam Geologi Karangsambung

sumber gambar: pagarnusakebumen.blogspot.com

 

Cagar Alam Geologi Karangsambung yang ada di Kecamatan Karangsambung ini mempunyai koleksi batuan terlengkap di muka bumi. Banyak ahli tentang kebumian yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi penelitian sejarah perkembangan bumi.

8. Bukit Pranji

sumber gambar: www.yukpiknik.com

 

 Bukit Pranji terletak diantara perbatasan Desa Watulawang dan Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan. Tempat ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan Kebumen dari ketinggian. Pada pagi hari kita bisa mendapatkan pemandangan matahari terbit yang sangat cantik.

9. Waduk Sempor

sumber gambar: gombong.com

 

 Waduk Sempor terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor. Waduk ini dikelilingi oleh perbukitan yang masih hijau dengan pemandangan yang sangat indah. Pada siang hari sinar matahari akan memantul pada air yang ada di waduk ini. Salah satu cara menikmati tempat ini adalah berkeliling dengan menggunakan perahu yang bisa disewa.

 

10. Banteng Van der Wijck

sumber gambar: www.kebumenkab.go.id

 

Benteng Van der Wijck terletak di Kecamatan Gombong dan hanya berjarak sekitar 3,5 km dari pusat kota Kebumen. Benteng ini dulunya merupakan barak militer yang didirikan oleh Belanda untuk meredam perlawanan pasukan Diponegoro.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi - Majalengka adalah salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Barat . Wilayah Kabupaten Majalengka terdiri dari dataran rendah yang berada disebelah utara serta dataran tinggi yang berada disisi selatan tepatnya di kaki Gunung Ciremai. Selain Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut, Kabupten Majalengka ternyata juga punhya beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi 1. Curug Ibun sumber:  twitter.com Curug Ibun atau yang biasa dikenal sebagai Grand Canyonnya Majalengka terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Ditempat ini kita tidak hanya bisa menemukan keindahan air terjun saja, tetapi juga gua dan sungai dengan air yang mengalir jernih. Curug Ibun bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dari pusat Kota Maja

10 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama dari Solo menuju ke Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. 1. Umbul Ponggok sumber gambar: jejak.eksyam.com    Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Yang paling unik dari kolam ini adalah walaupun merupakan kolam air tawar, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang menyelam didasar laut lengkap dengan ikan-ikan dan batu yang sengaja diletakan untuk menciptakan suasana seperti didasar laut.

10 Masjid Terindah di Dunia

10 Masjid Terindah di Dunia - Islam merupakan salah satu agama terbesar di dunia. Disetiap negara pasti kita menemukan masjid yang dijadikan sebagai tempat ibadah umat Islam tersebut. Masjid disetiap negara mempunyai arsitektur dan gaya bangunan yang mempunyai ciri khasnya masing-masing. Baca juga: 10 Masjid Tercantik di Indonesia 10 Masjid Terindah di Dunia 1. Masjidil Haram, Mekkah sumber:  www.hambaallah.com 2. Masjid Nabawi, Madinah sumber:  www.kabarmakkah.com 3. Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al- Nayhan, Abu Dhabi sumber:  travel.nationalgeographic.com 4. Masjid Imam Reza Mashad, Iran sumber:  www.magij.co.uk 5. Masjdid Hasan II, Maroko sumber:  www.magij.co.uk 6. Masjid Gran Al Fateh, Qatar sumber:  www.magij.co.uk 7. Masjid Qolsharif, Russia sumber:  mosquesoftheworld.tumblr.com 8. Masjid Sultan Omar Ali Saefudin, Brunei Darussalam sumber:  www.idesignarch.com 9. Masjid Zahir, Malaysia s