Skip to main content

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi



1. Kawah Ijen

 
sumber: indonesia.travel

 Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita lihat pada malam hari.

2. Pantai Plengkung

sumber: republikwisata.info

 

 Pantai Plengkung atau yang biasa dikenal dengan nama G-Land ini sangat populer dikalangan peselancar baik dari dalam negeri atau luar negeri karena memiliki ombak yang sangat bagus untuk berselancar. Tidak mengherankan jika pantai ini mendapatkan julukan The Seven Giant Waves Wonder.

3. Pantai Rajegwesi

sumber: sunriseofjava.com

 

 Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini memiliki pasir yang cukup lembut dan berwarna kecoklatan. Warna tersebut diakibatkan oleh endapan lumpur yang terbawa oleh aliran sungai yang bermuara dai Pantai Rajegwesi. Selain itu di pantai ini kita juga bisa melihat aktivitas penduduk sekitar seperti saat mereka melakukan pembuatan gula aren.

4. Pantai Watu Dodol

sumber: www.indonesia-tourism.com

 

 Pantai Watu Dodol mudah dikenali dengan adanya sebuah patung seorang penari gandrung yang dibangun diatas sebuah bangunan dipinggir pantai. Jika kita melakukan perjalanan dari arah Jember menuju ke Pelabuhan Ketapang maka kita akan menjumpai pantai ini. Pantai ini hanya berjarak sekitar 2 km dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

5. Teluk Hijau

sumber: www.banyuwangibagus.com

 

 Green Bay atau Teluk Hijau memiliki air berwarna kehijauan yang sangat jernih dan indah. Selain itu pantai di Teluk Hijau juga dipenuhi oleh hamparan pasir berwarna putih. Hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Teluk Hijau terletak di Taman Nasional Meru Betiri. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di pantai ini seperti berenang, snorkeling, sampai dengan memancing.

6. Pantai Pulau Merah

sumber: travel.kompas.com

 

 Berbeda dengan Teluk Hijau yang mempunyai air berwarna kehijauan, Pulau Merah mempunyai warna air laut kebiruan seperti pantai pada umumnya. Nama merah tersebut berasal dari sebuah pulau kecil yang  yang berada di pantai ini yang tanahnya berwarna merah. Pantai Pulau Merah masuk dalam wilayah Kecamatan Pesanggarahan.

7. Air Terjun Kalibendo

sumber: www.tempatwisatamu.com

 

 Air Terjun Kalibendo berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Banyuwangi dan masuk dalam wilayah Kampung Anyar, Kecamatan Glagah. Selain pemandangan indah yang bisa kita dapatkan ditempat ini, selama perjalanan menuju ke Air Terjun Kalibendo kita juga akan disuguhi dengan pemandangan perkebunan teh, kopi dan cengkeh.

8. Air Terjun Lider

sumber: mahapalajaya.web.unej.ac.id

 

 Air Terjun Lider terletak di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun ini berada pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl sehingga mempunyai udara yang cukup sejuk. Air Terjun Lider mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. Butuh sedikit perjuangan untuk bisa menjangkau air terjun ini karena medan yang harus dilalui masih cukup sulit.

9. Agrowisata Kali Klatak

sumber: www.telusurindonesia.com

 

 Agrowisata Kali Klatak merupakan agrowisata pertama yang dikembangkan di Kabupaten Banyuwangi yang dahulu merupakan milik perusahaan Belanda Mij Moorman & Co. Agrowisata ini berada dilereng gunung dan berada pada ketinggian sekitar 450 mdpl. Beberapa tanaman yang bisa kita temukan ditempat ini antara lain karet, kopi, cokelat, kelapa, buah-buahan, dan juga rempah. Pada setiap tanggal 17 April ditempat ini selalu diadakan sedekah bumi.

10. Pemandian Taman Suruh

sumber: www.pegipegi.com

 

Pemandian Taman Suruh terletak di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Tempat ini berada pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl dan mempunyai luas sekitar 3,5 hektare. Dahulunya tempat ini adalah sebuah tempat tandus namun mempunyai mata air yang kini dijadikan sebagai sumber air untuk kolam renang yang ada ditempat ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Rembang yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung - Ngabuburit adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa. Banyak hal atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menunggu adzan atau bedug maghrib. Mulai dari yang membaca Al Qur'an sampai dengan jalan-jalanan dan mencari jajanan untuk berbuka. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jogja 10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung  1. Alun-alun Bandung www.merdeka.com Sejak diubah menjadi seperti sekarang ini, yaitu mengganti lantai Alun-alun Bandung menjadi rumput sintetis. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bandung untuk menghabiskan waktu atau hanya sekedar untuk berfoto.  2. Taman Film jadiberita.com Taman Film merupakan sebuah taman yang dibangun dibawah jembatan layang. Ditempat ini tersedia sebuah layar monitor besar yang biasa memutar berbagai film baik film Indonesia sampai dengan Hollywood dan bahkan film Korea dan India. 3. Taman Musik