Skip to main content

10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta atau Jogja adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya di Indonesia setelah Bali. Propinsi yang mempunyai keistimewaan karena masih dipimpin oleh seorang raja ini mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari tempat wisata alam sampai dengan wisata budaya. Karena memang selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Jogja juga dikenal sebagai Kota Budaya.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

1. Malioboro

sumber gambar: anekatempatwisata.com

Malioboro mungkin adalah tempat yang paling rame dan paling dikenal Jogja. Bahkan ada grup band terkenal di Indonesia yang menjadikan Malioboro sebagai judul lagu mereka. Bahkan boleh disebut Malioboro merupakan jantung dari Jogja. Tidak hanya wisata belanja saja yang bisa kita lakukan di Malioboro, tetapi juga wisata sejarah. Selain pedagang souvenir yang memenuhi seluruh jalan Malioboro, jalan ini juga dipenuhi banyak bangunan bersejarah. Dari mulai ujung utara di Stasiun Tugu serta ujung selatan ada Kantor Pos Besar.


2. Pantai Parangtritis
 
sumber gambar: klikhotel.com

Pantai Parangtrititis menjadi salah satu tempat yang paling dianggap keramat oleh masyarakat Jogja karena dianggap sebagai tempat bermukimnya Nyi Roro Kidul yang dipercaya mempunyai hubungan khusus dengan raja-raja di Jogja. Selain cerita mistisnya tersebut, Pantai Parangtritis juga menawarkan keindahan alam. Salah satunya adalah sunset yang cantik pada sore hari.

3. Candi Prambanan


sumber gambar: mbludus.wordpress.com

Candi yang terletak di perbatasan Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini merupakan situs candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada sekitar abad ke-9 Rakai Pikatan dan mempunyai nama asli Siwagrha atau Rumah Siwa.

4. Candi Ratu Boko

sumber gambar: www.telusurindonesia.com

Candi yang terletak diatas bukit yang tidak jauh dari kawasan Candi Prambanan adalah salah satu tempat untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam atau sunset di Jogja. Selain bisa menikmati sunset yang cantik, dari Candi Ratu Boko ini kita bisa melihat Candi Prambanan yang tampak dari kejauhan.

5. Museum Wayang Kekayon

sumber gambar: riffatour.com

Museum Wayang Kekayon terletak di Jalan Wonosari km 7 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Museum ini memilik berbagai jenis koleksi wayang mulai dari wayang kulit yang berasal dari Jawa Tengah sampai dengan wayang golek yang biasa ditemukan di Jawa Barat.

6. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

sumber gambar: content.rajakamar.com

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang biasa dikenal dengan nama Keraton Jogja merupakan tempat tinggal sultan dan keluarga kerajaan yang dibangun oleh Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755 atas hasil Perjanjian Giyanti yang memisahkan Kerajaan Mataram menjadi 2 yaitu Kasultanan Ngayogyakkarta Hadiningrat dan Kasunanan Surakarta Hadiningrat.


7. Taman Sari

sumber gambar: www.maestrobali.com

Tidak jauh dari Keraton Jogja terdapat sebuah taman air yang dahulu merupakan tempat mandi bagi para istri dan selir raja. Selain itu Taman Sari juga digunakan sebagai salah satu benteng pertahanan. Taman Sari mempunyai arsitektur yang sangat cantik.


8. Gunung Merapi

sumber gambar: beritajogja.id

Gunung yang mempunyai ketinggian 2.968 mdpl dan masih aktif sekarang sampai saat ini adalah salah satu daya pikat yang ada di Jogja. Gunung Merapi, Keraton Jogja, dan Pantai Parangtritis dihubungkan oleh satu garis imajiner lurus.


9. Pantai Indrayanti

sumber gambar: www.indonesia-tourism.com

Pantai ini sebenarnya bernama asli Pantai Pulang Sawal. Namun karena ada sebuah restoran bernama Indrayanti yang ada dipinggir pantai ini, kemudian orang lebih mengenal pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Pantai ini bisa dijadikan untuk mengawali kunjungan pantai-pantai cantik lain yang ada di Gunungkidul.


10. Monumen Jogja Kembali

sumber gambar: indrashare.com

Monumen Jogja Kembali atau yang biasa disingkat dengan Monjali adalah sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati penarikan pasukan Belanda dari Yogyakarta yang waktu itu berkedudukan sebagai ibukota Indonesia pada 29 Juni 1949.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co