Skip to main content

5 Kuliner Khas Brebes yang Wajib Dicicipi

5 Kuliner Khas Brebes yang Wajib Dicicipi - Brebes merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang sebagian wilayahnya berada di jalur pantai utara Jawa yang merupakan jalan utama penghubung antara Jakarta dan Surabaya. Letaknya yang sangat strategis ini menjadikan Brebes menjadi kota singgah bagi para pengguna jalur pantura.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Ngawi yang Wajib Dicoba

Jika singgah di Brebes tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah ini yang tidak kalah lezat dibandingkan dengan kuliner khas dari daerah lainnya. Berikut ini adalah 5 kuliner khas Brebes yang wajib dicoba.


5 Kuliner Khas Brebes yang Wajib Dicicipi


1. Telor Asin

bloggertulalit.blogspot.com

Selain bawang merah, yang juga terkenal di Brebes adalah telur asin. Selain bisa dinikmati ditempat, telur asin biasanya juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk saudara di rumah. Disepanjang jalan di Brebes kita bisa dengan sangat mudah menemukan penjual telur asin. Yang membuat telur asin dari Brebes ini sangat khas adalah cara memasaknya.


2. Kupat Glabed

www.masakandapurku.com

Kupat glabed merupakan salah satu kuliner khas Brebes yang terdiri dari ketupat, sayur pepaya muda, potongan daging sapi yang disajikan dengan kuah santan. Kupat glabed mempunyai perpaduan rasa antara gurih, pedas, dan manis. Makanan ini biasanya disajikan dalam acara-acara khusus seperti pada hari raya atau hari besar lainnya.


3. Sate Blengong

central-java-tourism.com

Sama seperti daerah lain di Indonesia, Brebes juga punya sate khas. Namun jika biasanya sate menggunakan daging ayam atau kambing, makan di Brebes yang digunakan adalah daging blengong. Blengong sendiri merupakan hewan hasil perkawinan silang antara bebek dan menthok. Daging blengong mempunyai rasa yang khas dengan tekstur daging yang cukup lunak. Sate blengong tidak dimasak dengan cara dibakar melainkan dengan cara di tongseng.


4. Soto Brebes

ngadem.com

Yang khas dari Soto Brebes adalah kuahnya yang berbahan dasar santan. Isi dari Soto Brebes antara lain daging sapi, soun dan berbagai bumbu lainnya.



5. Nasi Lengko

malesmandi.com

Kuliner khas Brebes terakhir yang wajib dicoba adalah nasi lengko. Kuliner yang satu ini biasanya disajikan sebagai menu makan siang.




Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini