Skip to main content

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga.

Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen

Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi


1. Masjid Agung Demak

sumber: bujangmasjid.blogspot.com

 

 Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini didirikan pada sekitar abad ke-15. Pada awal pendiriannya, masjid ini digunakan sebagai tempat berkumpulnya para ulama (wali).

2. Museum Masjd Agung Demak

sumber: www.wargademak.com

 

 Museum ini terletak didalam kompleks Masjid Agung Demak. Museum ini menyimpan lebih dari 60 koleksi benda bersejarah yang berasal dari peninggalan Sunan Kalijaga. Museum Masjid Agung Demak buka setiap hari Senin sampai Minggu pada jam kerja saja.

3. Hutang Mangrove Morosari

sumber: yasiryafiat.wordpress.com

 

 Hutan Mangrove Morosari terletak di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Untuk menuju ke tempat ini kita harus terlebih dahulu menyusuri jalanan kecil untuk bisa sampai ke hutan mangrove. Sesampai ditengah hutan mangrove kita akan disuguhi pemandangan indah berupa pepohonan mangrove yang berjajar rapi dan jembatan kayu untuk melintas yang berada ditengahnya. Sesekali kita juga bisa melihat sekawanan burung yang sedang singgah.

 

4. Makam Sunan Kalijaga

sumber: berita.suaramerdeka.com

 

 Makam Sunan Kalijaga atau yang biasa dikenal dengan nama Makam Kadilangu adalah salah satu tujuan wisata utama di Demak yang tak pernah sepi dari pengunjung atau peziarah setiap harinya. Sunan Kalijaga sendiri seorang anggota dari Wali Songo yang sangat berpengaruh di Pulau Jawa. Sunan yang bernama asli Raden Said ini berhasil mengawinkan antara tradisi Jawa dan Islam untuk menarik minat penduduk memeluk Islam.

 

5. Pantai Morosari

sumber: berita.suaramerdeka.com

 

 Pantai Morosari terletak satu area dengan Hutan Mangrove Morosari yaitu di Desa Bedono, Kecamatan Sayungan, Kabupaten Demak. Desa disekitar pantai ini dahulunya dikenal sebagai desa penghasil udang. Selain menikmati panorama pantai, ditempat ini kita juga bisa menikmati berbagai permainan olahraga air.

6. Sentra Kerajinan Kaligrafi

sumber: hellosemarang.com

 

 Kaligrafi adalah salah satu kerajinan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Demak. Sentra Kerajinan Kaligrafi yang paling terkenal di Demak berada di Kampung Tembiring yang berjarak hanya sekitar 5 menit perjalanan dari Masjid Agung Demak atau hanya tiga ratus meter dari Terminal Bus Pariwisata.

7. Sentra Batik Demak

sumber: hellosemarang.com

 

 Kabupaten Demak ternyata juga mempunyai berbagai macam motif batik lokal yang sangat khas. Beberapa motif bahkan diambil dari berbagai elemen yang ada dalam Masjid Agung Demak. Selain itu ditempat ini kita juga bisa melihat langsung pembuatan batik.

8. Sentra Kerajinan Rebana

sumber: hellosemarang.com

 

 Rebana adalah salah satu budaya serta tradisi kebanggaan masyarakat Demak. Selain digunakan untuk masyarakat setempat, rebana yang diproduksi di Kabupaten Demak juga telah dipasarkan keseluruh wilayah Indonesia.

9. Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

sumber: belimbingkarangsari.wordpress.com

 

 Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima di Kabupaten Demak berada diwilayah Kecamatan Betokan. Belimbing sendiri adalah buah yang banyak ditemukan sejak jaman Sunan Kalijogo dahulu. Hal ini bisa dilihat dari lagu Lir Ilir ciptaan Sunan Bonang.

10. Grebeg Besar 

sumber: www.fotografer.net

 

Grebeg Besar adalah salah satu tradisi yang dilakukan selama bulan Dzulhijjah atau Bulan Haji. Grebeg Besar ini dilakukan sebelum Hari Raya Idul Adha yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah dengan mengadakan arak-arakan tumpeng songo yang dibawa dari Pendopo Kabupaten Demak menuju ke Masjid Agung Demak.

Comments

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

10 Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah ini berada di kaki 2 gunung yaitu Sindoro dan Sumbing yang menjadikan Temanggung punya udara yang cukup bersih dan sejuk. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Temanggung yang wajib dikunjungi. 1. Posong sumber gambar: paramitadana.blogspot.com    Posong adalah sebuah tempat wisata alam yang berada pada ketinggian sekitar 2.000 mdpl yang terletak di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung. Dari tempat ini bukan hanya kecantikan Gunung Sindoro dan Sumbing saja yang bisa kita lihat, tetapi juga beberapa gunung lainnya yang masih tampak dengan jelas seperti Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, dan Gunung Merapi. Selain kekohonan 7 gunung tersebut, pada pagi hari kita juga akan disuguhi dengan pemandangan sunrise yang sangat menawan ditempat ini.