Skip to main content

5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Dicicipi

5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Dicicipi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang wilayahnya paling luas di Pulau Jawa. Luas keseluruhan dari Kabupaten Banyuwangi bahkan lebih luas dari Pulau Bali. Banyuwangi letaknya di ujung paling timur Pulau Jawa. Wilayahnya cukup beragam, mulai dari dataran rendah sampai dengan pegunungan. Hal ini membuat Banyuwangi mempunyai tempat wisata yang lengkap mulai dari pantai sampai dengan gunung. Banyuwangi mendapat julukan "Sunrise of Java" karena menjadi kota pertama di Pulau Jawa yang disinari matahari pada pagi hari.


Baca juga: 10 Kuliner Khas Bogor yang Wajib Dicoba


5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Dicicipi


1. Nasi Tempong

log.viva.co.id

Kuliner khas Banyuwangi pertama yang harus dicoba adalah nasi tempong. Terutama untuk yang suka dengan makanan yang pedas. Tempong merupakan kata dalam Bahasa Jawa yang berarti tempeleng. Menikmati kuliner ini pipinya seperti di tempeleng karena rasanya yang pedas. Nasi tempong terdiri dari nasi dan beberapa macam sayuran, ikan asin, tempe atau tahu goreng dan yang pasti adalah sambalnya. 



2. Rujak Soto

siloka.com

Rujak dan soto sebenarnya adalah dua makanan yang berbeda dan biasa disantap sendiri-sendiri. Tapi di Banyuwangi kedua jenis makanan tersebut disatukan sehingga menghasilkan rasa yang cukup unik. Soto yang digunakan sebagai bahan rujak soto adalah soto babat.



3. Pecel Pitik

siresepmasakan.com

Makanan yang satu ini merupakan kuliner turun temurun Suku Using yang sudah ada sejak dahulu. Bahan yang digunakan untuk pecel pitik ini adalah ayam kampung yang berumur sekitar 8 bulan sehingga rasanya lebih nikmat. Ayam tersebut kemudian dimasak dengan cara dibakar diatas tunggu. Tingkat kematangan ayam tersebut sangat dijaga agar tidak terlalu kering. 


4. Ayam Pedes Rantinem

titinwulan.wordpress.com

Kuliner yang satu ini juga mempunyai rasa yang cukup pedas seperti kuliner di Banyuwangi kebanyakan. Ayam Pedes Rantinem ini berupa ayam kampung yang dimasak dengan menggunakan kuah santan dan diberi beberapa bumbu pilihan. Makanan tersebut kemudian disajikan bersama dengan lalapan.




5. Kue Bagiak

infobwi.com

Kue bagiak merupakan camilan khas Banyuwangi yang wajib dicoba. Kue bagiak mempunyai rasa yang cukup gurih. Kue yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai teman untuk menonton televisi.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi - Mojokerto adalah salah satu wilayah paling rame di Jawa Timur. Selain itu Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu Kota Industri di Jawa Timur. Kota ini sudah berkembang sejak jaman Kerajaan Majapahit dahulu. Baca juga:  10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi Kabupaten/kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari Surabaya  ini ternyata punya banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. 10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi 1. Patung Buddha Tidur sumber: www.klikhotel.com    Patung Buddha tidur ini terdapat di Mahavira Majapahit yang terletak di Desa Bejijong. Patung Buddha tidur ini dikabarkan merupakan salah satu patung Buddha terbesar di Asia bahkan di dunia. Patung tersebut berwarna kekuningan karena dilapisi emas. Vihara ini selain merupakan tempat ibadah juga digunakan sebagai tempat berwisata. 2. Situs Kedaton Mojokerto sumber: www.tempatwisatadunia.com    Sit