Skip to main content

10 Makanan Khas Indonesia yang Hanya Ada di Bulan Puasa

10 Makanan Khas Indonesia yang Hanya Ada di Bulan Puasa - Ramadan atau bulan puasa adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam diseluruh dunia termasuk Indonesia. Di bulan ini seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa atau tidak makan dan minum dari mulai subuh sampai dengan maghrib. Setelah adzan maghrib berbunyi, baru lah diperbolehkan makan kembali yang disebut dengan berbuka puasa. Biasanya berbuka puasa diawali dengan makanan yang manis-manis. Bahkan dibeberapa daerah di Indonesia, ada beberapa makanan khas yang hanya ada pada saat bulan puasa saja.


Baca juga: 5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Dicicipi


10 Makanan Khas Indonesia yang Hanya Ada di Bulan Puasa



1. Kicak, Yogyakarta

www.tokomesin.com

Kuliner khas Indonesia pertama yang hanya ada di bulan puasa adalah kicak yang berasal dari Yogyakarta. Makanan ini berasal dari daerah sekitar Masjid Gede Kauman yang sampai saat ini juga masih bisa ditemukan di daerah tersebut pada bulan puasa. Kicak terbuat dari beras ketan yang sudah dikukus kemudian dihaluskan sampai mirip dengan jadah. Ketan tersebut kemudian dicampur dengan parutan buah kelapa dan juga nangka. Rasanya cukup unik perpaduan antara rasa manis dan gurih.



2. Gulai Kakuwah, Bengkulu

bundadontworry.wordpress.com

Gulai Kakuwah berasal dari Kabupaten Mukomuko di Bengkulu. Makanan yang satu ini biasanya justru dihidangkan pada saat sahur. Gulai kakuwah dimasak dengan menggunakan kuah yang tidak terlalu banyak. Bahan yang digunakan bisa berupa ikan laut maupun ikan tawar.




3. Sotong Pangkong, Pontianak

www.tukangjalanjajan.com

Sotong Pangkong berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Kuliner ini berupa masakan dari cumi kering yang dibakar. Yang paling unik adalah setelah cumi-cumi tersebut dibakar, pengolahan berikutnya adalah dengan cara memukul-mukul cumi dengan menggunakan palu. Soto pangkong biasanya disajikan pada saat berbuka puasa.



4. Gulai Siput, Tanjungpinang

bayuwinata.wordpress.com

Di Tanjungpinang, Kepulauan Riau salah satu makanan khas yang hanya bisa dijumpai pada saat bulan puasa adalah gulai siput. Kuliner yang satu ini biasa dijadikan sebagai lauk pada saat berbuka puasa. Rasanya cukup lezat dan menggugah selera. Apalagi untuk orang yang selama seharian telah menahan rasa laparnya.



5. Bongko Kopyor, Gresik

www.youtube.com

Salah satu camilan yang dimakan orang Gresik pada saat berbuka puasa adalah bongko kopyor. Bahan dasar dari bongko kopyor adalah buah kelapa, tepung terigu, pisang, santan kelapa, dan roti tawar. Bahan-bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian dikukus.





6. Sate Susu, Bali

media.iyaa.com

Jika berkesempatan merasakan puasa di Pulau Bali terutama Denpasar, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi sate susu yang hanya ada di bulan Ramadan ini. Sate susu dibuat dari potongan susu atau payudara sapi yang kemudian dibakar seperti sate pada umumnya. Sate susu dipercaya dapat berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh seperti kita saat meminum susu.




7. Ketan Bintul, Serang

cumibunting.com

Makanan khas bulan puasa dari Serang, Banten adalah ketan bintul. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memang berbahan dasar ketan yang dicampur dengan potong daging sapi dan juga gulainya. Konon katanya ketan bintul merupakan salah satu makanan kesukaan raja-raja Banten dan sudah ada sejak abad ke-15.




8. Pakat, Tapanuli

www.merdeka.com

Makanan khas bulan puasa dari Tapanuli, Sumatra Utara ini cukup unik karena terbuat dari rotan. Namun rotan yang digunakan adalah rotan muda yang masih mempunyai daging yang masih cukup empuk. Cara mengolahnya adalah dengan cara membakar rotan kurang lebih selama 1 jam. Setelah matang, daging rotan tersebut kemudian dipotong kecil-kecil sebelum disajikan. Pakat biasa dinikmati bersama dengan kuah santan.




9. Es Kopi Luwak, Lampung Barat

www.jendelakuliner.com

Lampung memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi di Indonesia. Tidak mengherankan jika kopi menjadi salah satu minuman paling favorit masyarakat Lampung. Tidak terkecuali pada bulan puasa. Salah satu minuman favorit untuk buka puasa di Lampung adalah es kopi luwak.



10. Mie Glosor, Bogor

ink361.com

Yang terakhir makanan khas yang hanya ada di bulan puasa adalah mie glosor yang berasal dari Bogor, Jawa Barat. Mie glosor dibuat dengan menggunakan mie kuning yang bertekstur kenyal dan mudah ditelan.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi - Mojokerto adalah salah satu wilayah paling rame di Jawa Timur. Selain itu Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu Kota Industri di Jawa Timur. Kota ini sudah berkembang sejak jaman Kerajaan Majapahit dahulu. Baca juga:  10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi Kabupaten/kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari Surabaya  ini ternyata punya banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. 10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi 1. Patung Buddha Tidur sumber: www.klikhotel.com    Patung Buddha tidur ini terdapat di Mahavira Majapahit yang terletak di Desa Bejijong. Patung Buddha tidur ini dikabarkan merupakan salah satu patung Buddha terbesar di Asia bahkan di dunia. Patung tersebut berwarna kekuningan karena dilapisi emas. Vihara ini selain merupakan tempat ibadah juga digunakan sebagai tempat berwisata. 2. Situs Kedaton Mojokerto sumber: www.tempatwisatadunia.com    Sit