Skip to main content

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang.

Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

 

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

1. Air Terjun Merambat Roro Kuning

sumber: tilulas.com

 

Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemudian aliran  air terjun tersebut membentuk trisula. 

2. Candi Ngetos

sumber: inforall77.blogspot.com

 

 Candi Ngetos terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk yang berjarak sekitar 17 km dari arah Kota Nganjuk. Menurut peneletian yang dilakukan oleh para ahli,disimpulkan berdasarkan bentuknya Candi Ngetos ini dibangun  pada sekitar abad XV (kelimabelas) yakni pada masa Kerajaan Majapahit. 

3. Candi Lor 

sumber: marvelwordpress.wordpress.com

 

Candi Lor terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 937 M dengan menggunakan batu bata merah sebagai salah satu tanda penetapan kawasan Anjuk Ladang yang sekarang ini dikenal sebagai Kabupaten Nganjuk.

4. Goa Margo Tresno

sumber: pesonawisatanganjuk.blogspot.com

 

Goa Margo Tresno terletak di Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Goa yang terletak di tengah hutan jati Pegunungan Kendeng ini dikenal oleh masyarakat luas karena kemagisannya. Didalam Goa Margo Tresno ini dihuni oleh ribuan kelelawar.

5. Jurang Gathuk

sumber: tilulas.com

 

 Jurang Gathuk adalah sebuah jurang atau pertemuan dua buah jurang yang dialiri oleh air yang cukup jernih. Dibawah jurang tersebut terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang. Jurang Gathuk terletak di Desa Gondang, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk.

6. Air Terjun Singokromo

sumber: dzofar.com

 

Air Terjun Singokromo terletak di Desa Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Air Terjun Singokromo memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit aliran yang cukup besar. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo.

7. Monumen Dr. Soetomo

sumber: nganjukshop.com

 

Monumen Dr. Soetomo terletak di Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk yang awalnya merupakan rumah dari nenek salah satu pahlawan nasional ini. 

8. Air Terjun Sedudo

sumber: worldtourismindonesia.blogspot.com

 

Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan yang berjarak sekitar 30 km arah selatan pusat Kota Nganjuk. Selain karena keindahannya, pada bulan Suro air terjun ini banyak didatangi oleh warga sekitar yang akan melaksanakan ritual Mandi Sedudo untuk mendapatkan keberkahan.

9. Taman Anjuk Ladang

sumber: surabaya.panduanwisata.id

 

Taman Anjuk Ladang hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat Kota Nganjuk. Taman ini dilengkapi oleh beberapa fasilitas seperti tempat bermain anak, jogging track, bumi perkemahan dan berbagai fasilitas lain. Di Taman Anjuk Ladang ini kita masih bisa menikmati udara yang cukup sejuk karena ada banyak pohon yang ditanam disekitar tempat ini. 

10. Monumen Jenderal Sudirman

sumber: telanganjuk.blogspot.com

 

Monumen Jenderal Sudirman terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret yang berjarak sekitar 22 km arah selatan pusat Kota Nganjuk. 





Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan ibukota dan kota terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang terbagi menjadi 2 wilayah. Yaitu yang biasa disebut dengan Semarang Bawah yang berada didaerah dekat pantai dan Semarang Atas yang berada didataran tinggi. Pada malam hari kita bisa melihat kerlap kerlip lampu di daerah Semarang Bawah dari perbukitan. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi. 1. Lawang Sewu sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id Gedung Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun oleh Belanda sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1904. Disebut dengan Lawang Sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali lawang (pintu) yang sebenarnya adalah jendela dengan ukuran besar dan tinggi yang terlihat dari jalan raya. Saat ini Lawang Sewu difungsikan sebagai Museum Kereta Api.