Skip to main content

7 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba - Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini mendapat julukan sebagai "Kota  Pahlawan". Nama tersebut diberikan atas dasar peristiwa yang terjadi pada 10 November 1945 pada saat arek-arek Surabaya melawan tentara Belanda yang ingin menguasai kembali Surabaya. Dalam peristiwa tersebut banyak arek-arek Surabaya yang gugur.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba

Tidak lengkap rasanya kalau ke Surabaya tapi tidak mencicipi kuliner khasnya. Berikut ini adalah 10 kuliner khas Surabaya yang wajib dicicipi.


7 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba



1. Rujak Cingur

tips-cara.info

Rujak cingur merupakan kuliner khas Surabaya pertama yang wajib dicoba. Makanan ini terdiri dari sayur rebus, tempe, tahu, lontong, bumbu rujak petis, dan tentu saja cingurnya. Rujak cingur ini akan lebih nikmat lagi jika ditambah dengan kerupuk. 




2. Rawon Setan

www.tokomesin.com

Rawon adalah sejenis sup daging sapi yang kuahnya berwarna hitam kental. Warna hitam ini berasal dari buah kluwak. Disebut dengan rawon setan bukan karena penjualnya menjajakan dagangannya didepan kuburan, melainkan rawon ini mulai dijual pada malam hari.


3. Lontong Balap

www.diahdidi.com

Makanan ini terdiri dari lontong, tauge ,tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Dahulu lontong ini dijajakan dengan cara dipikul. Setiap penjual saling balapan untuk mencari penjual. Itulah alasannya kenapa makanan ini disebut dengan lontong balap.



4. Semanggi Surabaya

dparagon.com

Semanggi merupakan sejenis tumbuhan paku yang khasiatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain semangginya itu sendiri, ada tambahan kecambah rebus yang kemudian disiram dengan sambal kacang tanah.




5. Tahu Tek Tek

www.tokomesin.com

Asal muasal kenapa makanan ini disebut dengan tahu tek tek adalah karena penjualnya yang selalu membunyikan kentongan yang berbunyi tek tek saat berkeliling. Makanannya sendiri terdiri dari tahu goreng setengah matang yang dicampur dengan lontong, kentang goreng, acar, serta siraman bumbu yang membuat rasanya lebih nikmat.



6. Sate Klopo

www.kabarkuliner.com

Sate ini selintas terihat mirip dengan sate pada umumnya. Tapi yang unik adalah sate klopo dibuat dari daging sapi yang dilumuri dengan parutan kelapa. Balutan parutan kelapa akan semakin membuat rasa dagingnya lebih meresap. Sate klopo ini paling nikmati jika disantap dengan menggunakan lontong.



7. Tahu Campur

gregetin.com

Tahu campur yang ada di Surabaya ini terdiri dari tahu, daging sapi, lentho, tauge, mie kuning, dan selada yang disiram dengan kuah kaldu dan ditambah dengan bumbu petis yang menghasilkan perpaduan rasa antara gurih dan pedas.




Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi - Selama ini Malang lebih dikenal sebagai kota pegunungan yang mempunyai pemandangan yang hijau dan udaranya yang cukup segar. Padahal disisi selatan Kabupaten Malang juga terdapat jajaran pantai-pantai yang mempunyai pemandangan yang tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok. Pantai-pantai tersebut bisa menjadi salah satu alternatif tempat liburan saat berkunjung ke Malang. Baca juga: 10 Pantai Cantik di Kebumen yang Wajib dikunjungi 10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi 1. Pantai Sendang Biru sumber:  www.malangkab.go.id Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang berjarak sekitar 67 km dari pusat Kota Malang. Pantai Sendang Biru merupakan pintu gerbang untuk menuju kawasan konservasi Pulau Sempu yang mempunyai pemandangan yang sangat cantik. 2. Pantai Ngliyep sumber:  nginepmana.com Pantai

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat