Skip to main content

10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia -  Indonesia mempunyai banyak sekali air terjun yang sangat indah. Hal ini disebabkan karena sebagian dari wilayah Indonesia adalah pegunungan. Air terjun memang biasanya terletak di dataran tinggi atau pegunungan. Karena keindahannya tersebut air terjun menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering dicari orang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Purbalingga yang Wajib Dikunjungi


10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia




1. Air Terjun Sigura-gura

sumber: indahnya-ibupertiwi.blogspot.com

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara yang berjarak sekitar 250 dari Kota Medan. Ketinggian Air Terjun Sigura-gura mencapai 250 meter. Air Terjun Sigura-gura ini merupakan hulu dari Sungai Asahan yang mengalir di Sumatera Utara.




2. Air Terjun Madakaripura

sumber: www.triptrus.com

Air Terjun Madakaripura terletak di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air Terjun Madakaripura tingginya sekitar 200 meter. Air Terjun Madakaripura dikenal sebagai salah satu tempat pertapaan Mahapatih Gajahmada yang berasal dari Kerajaan Majapahit.



3. Air Terjun Payakumbuh

sumber: www.klikhotel.com

Air Terjun Payakumbuh terletak di Ngarai Harau yang berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Air Terjun Payakumbuh  mempunyai ketinggian sekitar 150 meter. Keindahan dari air terjun ini adalah karena airnya yang mengalir diatas dinding-dinding batu dengan aliran yang tidak terlalu deras. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat berkumpulnya kupu-kupu.



4. Air Terjun Sipiso-piso

sumber: www.pedomanwisata.com

Air Terjun Sipiso-piso terletak di Kabupaten Berastagi, Sumatera Utara atau sekitar 25 km dari Kota Kabanjahe. Air Terjun Sipiso-piso mempunyai ketinggian sekitar 120 km. Air Terjun Sipiso-piso mempunyai pemandangan yang sangat cantik terutama jika dilihat dari bukit yang berada diatasnya.



5. Air Terjun Jarakan

sumber: herupras.mywapblog.com

Air Terjun Jarakan terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan yang berada di lereng Gunung Lawu. Air Terjun Jarakan mempunyai ketinggian sekitar 115 meter. Airnya yang jernih dan udara yang segar ditempat ini menjadikan Air Terjun Jarakan setiap harinya terutama pada akhir pekan dan hari libur ramai dikunjungi orang.



6. Air Terjun Sedudo

sumber: www.kaskus.co.id

Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Air Terjun Sedudo mempunyai ketinggian sekitar 105 meter. Selain keindahan pemandangannya, daya tarik lain dari Air Terjun Sedudo ini adalah adanya upacara adat yang sering dilakukan oleh penduduk sekitar pada hari-hari tertentu.



7. Air Terjun Citambur

sumber: kharistya.wordpress.com

Air Terjun Citambur terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Air Terjun Citambur mempunyai ketinggian sekitar 100 meter. Lokasi Air Terjun ini dikelilingi oleh hutan yang membuat suasananya menjadi sangat tenang. Air Terjun Citambur merupakan salah satu obyek wisata andalan yang ada di Cianjur.


8. Air Terjun Moramo

sumber: www.pegipegi.com

Air Terjun Moramo terletak di sekitar 65 dari Kendari yang merupakan ibukota dari Sulawesi Tenggara. Air Terjun Moramo mempunyai ketinggian sekitar 100 meter yang terdiri dari 127 tingkatan. Karena keunikannya inilah Air Terjun Moramo setiap harinya rame didatangi oleh pengunjung.


9. Air Terjun Cipendok

sumber: id.wikipedia.org

Air Terjun Cipendok terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang berjarak sekitar 25 km dari Kota Purwokerto. Air Terjun Cipendok mempunyai ketinggian sekitar 92 meter.



10. Air Terjun Cimahi

sumber: wisatapedia.id

Air Terjun Cimahi terletak di Desa Cisarua, Kota Cimahi, Jawa Barat. Air Terjun Cimahi mempunyai ketinggian sekitar 85 meter. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Bandung menjadikan air terjun Cimahi salah satu wisata favorit warga Bandung dan sekitarnya.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Kuliner Khas Manado yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Manado yang Wajib Dicoba - Manado merupakan kota terbesar di Sulawesi Utara sekaligus ibukota provinsi tersebut. Kota Manado terletak ditepian sebuah teluk dan dikelilingi oleh pegunungan sehingga mempunyai pemandangan yang indah. Manado memiliki luas sekitar 15.726 hektare dan garis pantai yang  panjangnya mencapai 18,7 kilometer. Mayoritas penduduk yang tinggal di Kota Manado adalah Suku Minahasa. Selain mempunyai banyak sekali tempat  wisata alam yang sudah terkenal di dunia seperti Taman Nasiona Bunaken, Manado juga mempunyai banyak kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Baca juga: 10 Kuliner Khas Makassar yang Wajib Dicoba 10 Kuliner Khas Manado yang Wajib Dicoba 1. Tinutuan blog.negerisendiri.com Kuliner khas Manado pertama yang wajib dicoba adalah tinutuan. Kuliner ini merupakan salah satu bubur khas Manado. Berbeda dengan bubur di daerah lain, tinutuan berisi berbagai jenis sayuran seperti kangkung, bayam, ubi merah, jagung. Sementara bumbu y

10 Jembatan Tercantik di Indonesia

10 Jembatan Tercantik di Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulaunya yang mencapai ribuan. Selain itu Indonesia juga dilintasi beberapa sungai besar. Bahkan dibeberapa pulau, laut dan sungai masih menjadi jalur transportasi utama. Tidak mengherankan jika kita bisa menjumpai banyak sekali jembatan di seluruh Indonesia. Baca juga: 10 Masjid Termegah di Indonesia 10 Jembatan Tercantik di Indonesia 1. Jembatan Suramadu sumber:  nettik.net Jembatan Suramadu dibangun diatas Selat Madura dan menghubungkan Pulau Jawa tepatnya di Kota Surabaya dengan Pulau Madura. Jembatan Suramadu yang diresmikan pada tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mempunyai panjang 5.438 meter yang menjadikannnya sebagai jembatan terpanjang di Indonesia sampai saat ini.  2. Jembatan Ampera sumber:  igoid.com Jembatan Ampera terletak di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Jembatan ini dibangun diatas Sungai Musi yan