Skip to main content

10 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi - Palembang merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan. Palembang sudah cukup berkembang sejak jaman dahulu dan dikenal di Asia karena pada jaman dahulu kota ini menjadi ibukota dari Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara saat itu.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi


10 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi



1. Jembatan Ampera

sumber: www.jayanjayan.com


Jembatan Ampera adalah ikon dari Kota Palembang yang paling terkenal. Jembatan Ampera dibangun pada tahun 1956 yang melintas diatas Sungai Musi dan menghubungkan wilayah Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Panjang dari Jembatan Ampera mencapai 1.117 meter yang terdiri dari 4 lajur dengan lebar keseluruhan mencapai 75 meter. Pada malam hari Jembatan Ampera dipenuhi kerlap-kerlip lampu yang membuatnya semakin terlihat cantik.



2. Sungai Musi

sumber: infosungaigunung.wordpress.com

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera yang panjang keseluruhannya mencapai 750 km. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Dengan menumpang perahu kita bisa menikmati suasana Kota Palembang dari sudut yang berbeda.



3. Pulau Kemaro

sumber: www.jayanjayan.com

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau kecil atau delta yang berada di pinggir Sungai Musi yang terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah klenteng yang biasa digunakan oleh umat Tridarma untuk beribadah, Selain itu di Pulau Kemaro terdapat makam Putri Palembang yang bernama Siti Fatimah.



4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

sumber: hellopalembang.com

Hutan Wisata Punti Kayu terletak hanya sekitar 7 km dari pusat Kota Palembang. Hutan Wisata Punti Kayu luasnya mencapai sekitar 39,9 hektare yang selain difungsikan sebagai hutan konservasi juga digunakan sebagai tempat wisata. Hutan Wisata Punti Kayu memiliki kekayaan flora dan fauna yang beranekaragam . Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan anak yang sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.




5. Benteng Kuto Besak

sumber: www.indonesia.travel

Benteng Kuto Besak merupakan benteng yang dibangun pada sekitar abad ke-18 yang dijadikan sebagai salah satu pusat Kesultanan Palembang. Pembangunan benteng ini diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang berkuasa pada sekitar tahun 1724 - 1758. Pembangunan Benteng Kuto Besak memakan waktu selama 17 tahun.



6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin 

sumber: tempatwisata99.blogspot.com

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin atau yang biasa dikenal dengan nama Masjid Agung Palembang merupakan masjid terbesar yang ada di Kota Palembang. Masjid ini terletak tidak jauh dari Titik O KM Kota Palembang. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin ini dibangun pada sekitar abad ke-18 dengan pengaruh 3 unsur budaya yaitu Melayu, China, dan Eropa.



7. Taman Kambang Iwak

sumber: www.pergiberwisata.com

Taman Kambang Iwak terletak di Jalan Tasik, Bukit Kecil, Kota Palembang. Taman ini merupakan taman yang dibangun oleh Belanda pada sekitar tahun 1900. Pada jaman dahulu tempat ini digunakan oleh orang-orang Belanda yang tinggal di Palembang sebagai tempat untuk berolahraga. Taman ini memiliki sebuah danau yang berada ditengahnya. Kini Taman Kambang Iwak dijadikan oleh warga Palembang sebagai tempat berkumpul atau hanya sekedar menghabiskan waktu.



8. Gelora Sriwijaya

sumber: www.skyscrapercity.com

Gelora Sriwijaya atau yang biasa dikenal dengan nama Stadion Jaka Baring merupakan stadion terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran. Stadion ini dibangun pada 1 Januari 2001 dalam rangka menyambut penyelenggaraan PON XVI yang diselenggarakan di Kota Palembang.



9. Masjid Cheng Ho

sumber: ramadan.tempo.co

Masjid Cheng Ho Palembang ini mempunyai nama resmi Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya. Tidak seperti masjid pada umumnya, arsitektur masjid ini sangat kental dengan unsur Tionghoa. Pembangunan masjid ini memang diprakarsai oleh pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) serta masyarakat keturunan Tionghoa di Palembang.



10. Bukit Siguntang

sumber: infopalembang.id

Bukit Siguntang terletak sekitar 3 km dari tepi Sungai Musi. Bukit ini tingginya sekitar 29-30 mdpl. Di Bukit Siguntang ini kita bisa melihat beberapa benda purbakala peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya. Selain itu dari tempat ini juga bisa melihat pemandangan Kota Palembang dari ketinggian.



Baca juga: 10 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib dikunjungi

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi