Skip to main content

10 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi - Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatra Barat. Kota Padang dihuni oleh sebagian besar orang yang berasal dari Suku Minang yang sangat terkenal pandai membuat masakan yang lezat. Bahkan rendang yang merupakan makanan asli Suku Minang pernah dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia versi polling yang pernah dilakukan oleh CNN. Selain terkenal dengan kulinernya, Padang ternyata juga punya banyak sekali tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi



1. Pantai Padang 

sumber: sp.beritasatu.com

Pantai Padang atau biasa disebut juga dengan Panta Taplau (Tapi Lauik) merupakan pantai yang letaknya paling dekat dengan pusat Kota Padang. Selain bisa menikmati pemandangan pantai dan sunset pada sore hari, di tepi Pantai Taplau ini kita juga bisa berwisata kuliner. Disepanjang Taplau ini setiap harinya dipenuhi oleh pedagang yang menjual berbagai macam kuliner.


2. Jembatan Siti Nurbaya

sumber: www.fotografindo.com

Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah satu ikon di Kota Padang. Jembatan Siti Nurbaya membentang diatas Sungai Batang Arau dan mempunyai panjang sekitar 156 meter. Jembatan Siti Nurbaya mulai dibangun pada tahun 1995 dan mulai resmi digunakan pada tahun 1992. Nama jembatan ini diambil dari nama tokoh utama dari novel karya Marah Rusli yang berjudul Siti Nurbaya.


3. Pantai Pasir Jambak

sumber: sahdatul.wordpress.com

Pantai Pasir Jambak terletak di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang yang berjarak sekitar 17 km dari pusat kota. Pantai ini menyuguh pemandangan pantai yang cantik dan landai yang ditambah dengan pemandangan pohon-pohon pinus yang berjajar rapi. Selain itu di pantai ini kita juga bisa melihat aktivitas nelayan dan kapal-kapal mereka yang tengah bersandar.


4. Pulau Sikuai

sumber: www.saribundo.biz

Pulau Sikuai terletak disebelah barat Pulau Sumatra atau Kota Padang yang bisa dijangkau dengan menggunakan kapal dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 35 menit dari Dermaga Bungus, Kota Padang. Secara administratif Pulau Sikuai masuk dalam wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Pulau Sikuai mempunyai luas sekitar 4.4 hektare dengan dikelilingi oleh pantai dengan pasir putih yang sangat cantik.


5. Museum Adityawarman

sumber: www.indonesiakaya.com

Museum Adityawarman atau yang biasa disebut sebagai Taman Mini-nya Padang terletak di Jalan Diponegoro, Padang Bar, Kota Padang. Museum ini mulai dibangun pada tahun 1974 diatas areal sekitar 2,6 hektare. Museum Adityawarman menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah yang berasal dari Minangkabau. Nama museum ini sendiri diambil dari nama seorang raja yang berasal dari Kerajaan Malayapura yang pernah bertahta pada abad ke-14.


6. Pantai Nirwana

sumber: beatifulindonesia.com

Pantai Teluk Bayur terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang tidak jauh dari Teluk Bayur. Pantai ini menawarkan pesona keindahan pemandangan yang sangat cantik. Pantai Nirwana merupakan pantai dengan tipe yang landai sehingga aman jika dijadikan sebagai tempat untuk bermain ombak atau berenang. Waktu yang paling tepat mendatangi pantai ini adalah pada sore hari karena selain cuacanya yang sudah tidak terlalu panas, pada sore hari kita juga akan disuguhi oleh pemandangan matahari terbenam yang cantik.


7. Pulau Cubadak

sumber: kompor.in

Pulau Cubadak terletak sekitar 24 mil dari Pantai Padang. Pulau ini dahulunya merupakan bekas kawah yang kini sudah dikelola. Pulau Cubadak dikelilingi oleh pantai dengan pasir putih serta air laut yang berwarna biru jernih serta pemandangan bawah lautnya yang sangat memukau. Pulau ini merupakan salah satu surga bagi penyelam di Indonesia.



8. Pantai Air Manis

sumber: www.pegipegi.com

Pantai ini merupakan pantai yang terkenal karena berkaitan erat dengan cerita atau legenda dari Minang yang sangat terkenal yaitu Malin Kundang. Di Pantai Air Manis ini kita bisa melihat sebuah batu yang dipercaya sebagai sosok Malin Kundang yang telah dikutuk oleh ibunya menjadi batu karena dianggap sebagai anak durhaka.



9. Pantai Caroline

sumber: www.gosumatra.com

Pantai Caroline terletak di Teluk Bungus yang berada disebelah selatan Kota Padang dan berjarak sekitar 25 km dari pusat kota. Pantai menawarkan pemandangan pantai dengan pasir putih dan air lautnya yang berwarna jernih.



10. Taman Wisata Siti Nurbaya

sumber: holiday-tour.co.id

Taman Wisata Siti Nurbaya terletak di atas Gunung Padang dan berada sekitar 500 m dari Jembatan Siti Nurbaya atau sekitar 15 km dari pusat kota. Dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan kearah Kota Padang yang dikelilingi oleh pantai. Selain itu pepohonan hijau yang ada ditempat ini menjadikan udaranya sangat segar.



Comments

  1. Makasih atas info wisata di Padang. Kalau kangen masakan padang, tapi gak ada warung padang. misalkan di luar negeri, Anda bisa masak sendiri lho pakai Bumbu Masakan Padang. Coba deh kalo penasaran. Dijamin bisa mengobati rasa kangen ke kampuang nan jauh di mato. hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi