Skip to main content

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi - Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatra. Jambi dikenal sebagai tempat berasalnya Bangsa Melayu yang berasak dari Kerajaan Malayu yang dahulu pernah ada di Batang Hari. Provinsi Jambi didiami oleh beberapa etnis yang berbeda seperti Melayu, Minangkabau, Jawa, Batak, Cina, dan beberapa suku yang masih tinggal di pedalaman. Nama ibukota dari provinsi ini sama dengan nama provinsi itu sendiri yaitu Kota Jambi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi


1. Candi Muaro Jambi

sumber: junantoherdiawan.com

Candi Muaro Jambi terletak di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi yang berada persis ditepian Sungai Batang Hari dan berjarak sekitar 26 km dari pusat Kota Jambi. Candi Muaro Jambi merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan Buddha yang merupakan peninggalan jaman Kerajaan Sriwijaya dan Melayu yang dibangun pada sekitar abad ke-11. Pada tahun 2009 candi ini telah diusulkan kepada UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.



2. Taman Wisata  Tanggo Rajo

sumber: jalan2.com

Taman Wisata Tanggo Rajo ini biasa disebut sebagai Ancol-nya Jambi. Letaknya berada ditepi Sungai Batang Hari dan berada di kawasan Rumah Dinas Gubernur Jambi di Jalan Sultan Taha, Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi. Sepanjang jalan ini dipenuhi oleh pedagang kaki lima yang menjual berbagai kuliner khas Jambi. Pada sore hari dari tempat ini kita juga bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang cantik.



3. Menara Gentala Arasyi

sumber: www.skyscrapercity.com

Menara Gentala Arasy merupakan ikon baru yang ada di Kota Jambi. Menara Gentala Arasy mempunyai ketinggian sekitar 80 meter dan dilengkapi dengan sebuah jam dinding di puncak menara ini. Jam dinding tersebut akan berbunyi setiap waktu sholat tiba. Selain museum yang ada didalam menara, hal menarik lainnya yang bisa kita lihat adalah adanya jembatan pedestrian yang ada didepan menara ini yang menghubungkan 2 wilayah daratan di Kota Jambi. Jembatan pedestrian tersebut membentang sejauh kurang lebih 500 meter diatas Sungai Batang Hari.



4. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

sumber: jambi.tribunnews.com

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi terletak ditengah kota tidak terlalu jauh dari Bandara Sultan Thaha Syaifudin. Taman ini dibangun pada sekitar tahun 1980an diatas lahan seluas 18 hektare dengan menggabungkan wisata hiburan dengan kebun binatang. 



5. Danau Sipin

sumber: www.goodnewsfromindonesia.org

Danau atau Solok Sipin terletak di Simpang Buluran Kenali, Telanaipura atau lebih tepatnya disamping Fakultas Kedokteran Universitas Jambi. Selain pemandangan yang cantik, di danau ini kita juga bisa melihat aktivitas penduduk yang tinggal disekitar tempat ini yang membudidayakan ikan dengan keramba yang ditempatkan di tengah Danau Sipin.



6. Taman Anggrek Sri Soedewi

sumber: www.indonesia-tourism.com

Taman Anggrek Sri Soedewi berlokasi di Jalan Ahmad Yani persis didepan Kantor Gubernur Jambi. Taman yang mulai dibangun pada sekitar tahun 1984 ini menempati lahan seluas kurang lebih 2,5 hektare yang dipenuhi dengan berbagai jenis bunga anggrek yang jumlah mencapai 80 jenis yang berbeda.



7. Museum Negeri Jambi

sumber: kebudayaanindonesia.net

Musuem Negeri Jambi terletak di Jalan Urip Sumoharjo No. 1, Telanai Pura, Jambi. Museum Negeri Jambi mulai dibangun pada tahun 1981. Museum ini mempunyai berbagai jenis koleksi seperti geologi, filologi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, seni rupa sampai dengan teknologi dan berbagai jenis benda lain.



8. Gunung Kerinci

sumber: infosegalahal.wordpress.com

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatran dan merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia dengan  ketinggian yang mencapai 3.805 mdpl. Dari puncak gunung ini kita bisa melihat pemandangan kearah Kota Padang, Jambi, dan Bengkulu dengan jelas. Gunung Kerinci sampai saat ini masih aktif dan terakhir mengalami erupsi pada tahun 2006.


9. Pasar Keramik Sitimang

sumber: pokercino.info

Pasar Keramik Sitimang terletak di belakang lokasi bekas Bioskop Mega Bazar Jambi. Pasar Sitimang dikenal sebagai pusat penjualan keramik dan guci antik yang berasal dari China. Pasar ini setiap harinya rame didatangi oleh para pecinta keramik yang tidak hanya berasal dari Jambi saja, tetapi juga dari seluruh Indonesia.



10. Monas Jambi

sumber: id.geoview.info

Tidak hanya Jakarta saja yang ternyata punya Monas, di Kota Jambi pun kita bisa melihat Monas namun dalam bentuk yang lebih kecil. Monas Jambi terletak tidak jauh dari komplek Kantor Walikota Jambi. Monas Jambi bentuknya mirip dengan Monas yang ada di Jakarta dengan obor api dipuncaknya yang melambangkan semangat rakyat Jambi yang terus menyala. Namun yang membedakan adalah adanya patung angsa duo yang merupakan salah satu cerita yang sudah melegenda di Jambi.



Comments

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat

6 Pantai Tercantik di Padang - Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatra Barat. Penduduk asli Sumatra Barat merupakan Suku Minang. Sumatra Barat dikenal dengan beberapa masakan atau kuliner khasnya yang tidak hanya saja lezat tapi juga terkenal diseluruh dunia, salah satu contohnya adalah rendang. Bahkan rendang pernah menjadi makanan paling lezat di dunia berdasarkan polling yang pernah dilakukan oleh kantor berita internasional. Salah satu yang bisa dilakukan saat jalan-jalan ke Padang selain mencicipi kuliner khasnya tentu saja adalah mengunjungi pantai-pantainya yang cantik. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jakarta 6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat 1. Pantai Pamutusan www.dwiaryanti.com Pantai Pamutusan terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung yang berjarak sekitar satu jam perjalan menggunakan kapal cepat dari Kota Padang. Pantai Pamutusan merupakan salah satu pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Pantai Pamutusan dikelil