Skip to main content

10 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi


10 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi - Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang letaknya tidak terlalu jauh dari Bandung dan bisa ditempuh kurang lebih selama 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Garut mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari pegunungan sampai dengan wisata pantainya. Selain itu Garut juga mempunyai beberapa tempat wisata budaya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi


1. Kampung Sampireun

sumber: www.marthasuherman.com

Kampung Sampireun adalah sebuah resort dan spa yang terletak di jalan raya Samarang Kamojang, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Kampung Sampireun menempati lokasi seluas 5,5 hektare dan berada pada ketinggian sekitar 1000 mdpl. Kampung Sampireun akan membawa kita kedalam nuansa perkampungan di tanah Sunda yang tenang dan menentramkan. Resort ini juga dikelilingi oleh danau buatan yang semakin menciptakan suasana yang menenangkan.

2. Pantai Santolo

sumber: www.hoteldigarut.net

Pantai Santolo terletak di wilayah Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Namun akses menuju ke pantai ini lebih dekat dengan wilayah Kecamatan Pameungpeuk. Pantai Santolo berjarak sekitar 88 km dari pusat Kota Garut. Selain pemandangan pantainya yang cantik, ada hal unik yang bisa kita lihat ditempat ini. Tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang hanya terpisah kan oleh sebuah sungai. Pulau tersebut oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan nama Pulau Santolo.


3. Situ Bagendit

sumber: www.hoteldigarut.net

Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut dan hanya berjarak sekitar 4 km saja dari pusat kota. Nama Bagendit sendiri konon katanya diambil dari nama seorang janda kaya raya yang kikir dan tamak. Karena ketamakannya tersebutlah dia mendapatkan pelajaran dari seorang kakek tua yang akhirnya menegelamnya bersama dengan seluruh harta kekayaannya.

4. Gunung Papandayan

sumber: www.jelajahgarut.com

Gunung Papandayan merupakan salah satu jenis gunung api strato yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut yang mempunyai ketinggian sekitar  2665 mdpl dan berjark sekitar 70 km arah tenggara Kota Bandung. Gunung Papandayan mempunyai beberapa kawah yang terkenal yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.



5. Curug Orok

sumber: anekatempatwisata.com

Curug Orok terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 45 meter dan berada di lereng Gunung Papandayan dengan ketinggian sekitar 250 mdpl. Diberi nama Curug Orok karena konon pernah ada seorang wanita yang membuang orok atau bayi di air terjun ini.



6. Pemandian Air Panas Cipanas

sumber: www.pegipegi.com


Pemandian Air Panas Cipanas terletak di Kelurahan Tarogong Kidul dan hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat Kota Garut dan berjarak sekitar 15 km dari Pelabuhan Ratu. Air panas yang ada ditempat ini berkisar pada suhu 37-46 derajat celcius dengan kandungan belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti penyakit kulit dan sejenisnya.


7. Pantai Cijeruk Indah

sumber: digarut.com

Pantai CijerukIndah terletak di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupatena Garut yang berjarak sekitar 108 km dari pusat kota. Pantai Cijeruk Indah mempunyai ombak yang tidak terlalu besar sehingga cukup aman jika digunakan untuk berenang. Air yang berada di pantai ini terdiri dari 2 jenis warna. Warna yang pertama adalah biru, sedangkan air yang berada ditengah berwarna hijau sedikit kecoklatan.


8. Pantai Puncak Guha

sumber: www.jalurmudik.com

Pantai Puncak Guha terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulan, Kabupaten Garut yang berdekatan dengan pantai lain seperti Pantai Rancabuaya. Diberi nama Pantai Puncak Guha karena ditempat ini terdapat sebuah gua(guha) yang dihuni oleh banyak kelelawar. Pantai ini pernah dijadikan sebagai tempat syuting film Perahu Kertas.


9. Pantai Karang Paranje

sumber: wisatapriangan.co.id

Pantai Karang Paranje terletak di wilayah Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Pantai ini berjarak sekitar 8 km dari ibukota Kecamatan Pameungpek. Salah satu pemandangan yang khas di pantai ini adalah adanya bongkahan-bongkahan batu karang. Pantai Karang Paranje adalah salah satu jenis pantai dengan pasir hitam yang eksotis.


10. Candi Cangkuang

sumber: www.budayaindonesia.net

Candi Cangkuang merupakan sebuah candi Hindu yang terletak di Kampung Pulo sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Candi ini terletak bersebelahan dengan makan Embah Dalem Arief Muhammad yang merupakan salah satu pemuka agama Islam yang dipercaya merupakan leluhur dari penduduk Desa Cangkuang. Hal ini menggambarkan adanya toleransi antar agama yang sudah terjalin sejak dahulu.


Baca juga: 10 Tempat Wisata du Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan ibukota dan kota terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang terbagi menjadi 2 wilayah. Yaitu yang biasa disebut dengan Semarang Bawah yang berada didaerah dekat pantai dan Semarang Atas yang berada didataran tinggi. Pada malam hari kita bisa melihat kerlap kerlip lampu di daerah Semarang Bawah dari perbukitan. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi. 1. Lawang Sewu sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id Gedung Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun oleh Belanda sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1904. Disebut dengan Lawang Sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali lawang (pintu) yang sebenarnya adalah jendela dengan ukuran besar dan tinggi yang terlihat dari jalan raya. Saat ini Lawang Sewu difungsikan sebagai Museum Kereta Api.