Skip to main content

10 Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi - Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terletak diantara 2 kota besar yaitu Bandung dan Cirebon. Tidak hanya dikenal karena tahunya saja, Sumedang ternyata juga punya banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

1. Cadas Pangeran

sumber: sinarharapan.co

Cadas Pangeran terletak sekitar 6 km dari pusat Kota Sumedang yang berada di jalan raya yang menghubungkan Bandung dan Cirebon. Tempat ini dibuat untuk mengenang tewasnya sekitar lima ribuan penduduk yang bekerja dalam pembangunan jalan tersebut yang membuat Pangeran Kusumadinata atau Pangeran Kornel yang menjadi bupati saat itu marah.


2. Curug Sindulang

sumber: www.sinarpaginews.com

Curug Sindulang atau juga biasa disebut dengan nama Curug Cinulang terletak diperbatasan antara Kabupaten Sumedang dan Bandung yang masuk dalam wilayah Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Ada 2 air terjun dilokasi ini yang tingginya kira-kira sekitar 30 m. Banyak orang yang mengira bahwa Curug Sindulang masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung, padahal curug ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sumedang.


3. Pemandian Air Panas Cileungsing Buahdua

sumber:maindanwisata.wordpress.com


Pemandian Air Panas Cileungsing Buahdua terletak di Desa Cilangkap, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang. Tempat ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti pemandian umum air panas, pemanduan didalam ruangan, rumah ujntuk pengobatan, kolam renang, cafe, sampai dengan tempat bermain anak. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga.



4. Gunung Tampomas

sumber: ujangkosasih.blogspot.com

Gunung Tampomas merupakan sebuah gunung yang terletak disebelah utara Kota Sumedang yang mempunyai ketinggian sekitar 1684 mdpl. Gunung Tampomas berada dalam 5 wilayah kecamatan yaitu Buahdua, Conggeang, Paseh, Cimalaka, dan Tanjungkerta. Sedangkan luas Taman Wisata Alam Gunung Tampomas mencapai sekitar 1.250 hektare.


5. Gunung Kunci

sumber: tandang.info


Gunung Kunci terletak di Dusun Peniunan, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Gunung Kunci berada dilokasi Taman Hutan Raya Gunung Kunci dan Gunung Palasari yang merupakan kawasan hutan konservasi dengan luas mencapai 3,67 hektare dan berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl. Tidak hanya pemandangan alam cantik saja yang bisa kita lihat ditempat ini, kita juga bisa menyaksikan sisa kekokohan sebuah benteng yang dibangun pada masa kolonial Belanda.


6. Kampung Toga

sumber www.triptrus.com


Kampung Toga merupakan singkatan dari Kampung Taman Obat-obatan yang terletak hanya sekitar 3 km dari Alun Alun Sumedang tepatnya di Jalan Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan. Tidak hanya menawarkan wisata dengan pemandangan alam yang indah saja, di Kampung Toga kita juga bisa menikmati beberapa wahana yang bisa digunakan untuk berlibur bersama keluarga.


7. Air Terjun Cigorobog

sumber: hernawansafari.wordpress.com

Air Terjun Cigorobog terletak di Desa Citengah, Kecamatan Symedang Tengah, Kabupaten Sumedang yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota. Curug Cigorobog mempunyai ketinggian sekitar 40 m yang terdiri dari 3 undakan.



8. Taman Rekreasi Pangjugjugan

sumber: tandang.info

Taman Rekreasi Pangjugjugan terletak di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.  Selain dikenal dengan ubinya yang manis itu, Desa Cilembu ternyata juga punya daya tarik lain yang wajib untuk dikunjungi yaitu Taman Rekreasi Pangjugjugan. Di tempat ini kita bisa menikmati berbagai wahana seperti peternakan, kebun sayur dan buah, sekolah alam, pemancingan  sampai dengan outbound.


9. Kebun Teh Margawindu

sumber: coretansumedang.blogspot.com

Perkebunan Teh Margawindu terletak di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Suasana perkebunan teh yang hijau dan sejuk sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan beristirahat.


10. Makam Cut Nyak Dien

sumber: www.satujam.com

Cut Nyak Dien merupakan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Aceh namun di makam kan di Kabupaten Sumedang tepatnya di kawasan Gunung Puyuh bersama dengan makam-makam Bupati Sumedang yang merupakan keturunan dari Geusan Ulun. Cut Nyak Dien sebelum meninggal ditangkap oleh Belanda kemudian diasingkan di Sumedang kurang lebih selama setahun. 



Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan ibukota dan kota terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang terbagi menjadi 2 wilayah. Yaitu yang biasa disebut dengan Semarang Bawah yang berada didaerah dekat pantai dan Semarang Atas yang berada didataran tinggi. Pada malam hari kita bisa melihat kerlap kerlip lampu di daerah Semarang Bawah dari perbukitan. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi. 1. Lawang Sewu sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id Gedung Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun oleh Belanda sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1904. Disebut dengan Lawang Sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali lawang (pintu) yang sebenarnya adalah jendela dengan ukuran besar dan tinggi yang terlihat dari jalan raya. Saat ini Lawang Sewu difungsikan sebagai Museum Kereta Api.