Skip to main content

10 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi - Batam merupakan kota terbesar yang masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau sekaligus kota terbesar ketiga di Sumatera setelah Medan dan Palembang. Batam merupakan salah satu kota yang sangat strategis karena letaknya yang berada di jalur pelayaran internasional dan jaraknya yang sangat dekat dengan Malaysia dan Singapura. Selain dikenal sebagai kota industri, Batam ternyata juga banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi


1. Jembatan Barelang

sumber: www.kidnesia.com

Jembatan Barelang merupakan ikon dari Kota Batam. Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang yang merupakan nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan ini. Jembatan ini juga biasa dikenal dengan nama Jembatan Habibie karena Presiden Habibie lah yang memprakarsai pembangunan jembatan ini. 



2. Pantai Marina

sumber: www.jayanjayan.com

Pantai Marina terletak disebelah barat Pulau Batam lebih tepatnya di Jalan Ahmad Dahlan, Kota Batam. Tidak hanya pemandangan pantai yang cantik saja yang bisa kita jumpai di pantai ini, tetapi kawasan Pantai Marina ini sudah dirancang menjadi tempat wisata dengan fasilitas yang sangat lengkap seperti hotel dan resort bintang lima.



3. Pantai Nongsa

sumber: www.initempatwisata.com

Pantai Nongsa teletak disebelah timur laut dari Kota Batam yang bisa dijangkau dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 40 menit dari pusat kota atau 20 menit dari Bandara Hang Nadim. Pantai Nongsa pemandangan yang cantik dengan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Pada malam hari dari tempat ini kita bisa melihat kerlap-kerlip lampu dari gedung pencakar langit yang ada di Singapura yang letaknya tidak terlalu jauh.



4. Kampung Vietnam

sumber: www.ceritamistis.com

Kampung Vietnam merupakan sebuah kampung seluas 80 hektare yang terletak di Pulau Galang, Kota Batam yang pernah digunakan sebagai tempat penampungan para pengungsi yang berasal dari Vietnam selama 16 tahun pada 1979-1995. Warga Vietnam tersebut mengungsi karena terjadi perang saudara di negaranya. Saat ini yang tersisa di kampung ini adalah beberapa bangunan yang pernah dijadikan tempat singgah para pengungsi, tempat ibadah, serta ratusan makam pengungsi yang meninggal ditempat tersebut.



5. Bukit Senyum

sumber: wisatakita.net

Bukit Senyum merupakan sebuah perbukitan yang terletak di kawasan Tanjung Ucang, Batu Aji, Kota Batam. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata malam yang wajib dikunjungi saat berada di Batam. Dari Bukit Senyum ini kita bisa melihat kerlap-kerlip lampu dari gedung pencakar langit yang ada di Singapura. Selain itu hilir mudik kapal yang ada di perairan dekat Batam juga semakin menambah unik pemandangan.



6. Ocarina Park

sumber: jalankemanagitu.com

Ocarina Park merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Batam Center atau pusat Kota Batam. Ocarina Park dibangun diatas lahan seluas 40 hektar yang dilengkapi dengan berbagai jenis fasilitas mulai dari tempat bermain anak, kolam renang, bianglala, kolam bangau dan patung-patung shio. Letaknya yang berada dipusat kota menjadikan Ocarina Park menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit di Batam.



7. Batam City Square

sumber: www.panoramio.com

Batam City Square atau yang biasa disingkat dengan BCS merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Bunga Raya, Baloi, Kota Batam. BCS berada di kawasan komersil Kota Batam. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi untuk wisatawan yang hobi berbelanja.



8. Pantai Melayu

sumber: jalankemanagitu.com

Pantai Melayu terletak di Kampung Kalat, Pulau Rempang, Batam. Pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih 45 menit. Sama seperti pantai yang lain yang ada di Batam, Pantai Melayu juga menawarkan pemandangan pantai indah dengan pasir putihnya yang cantik.



9. Pantai Tanjung Bemban

sumber: www.wisatamu.com

Pantai Tanjung Bemban teletak di kawasan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Pantai Tanjung Bemban ini baru dikembangkan pada sekitar tahun 2010 lalu sehingga kondisinya masih belum cukup rame seperti pantai lain di Batam. 



10. Pantai Melur

sumber: soktau.com

Pantai Melur terletak hanya sekitar 1 km dari Kampung Vietnam. Pantai ini jugalah yang dijadikan tempat mendaratnya kapal-kapal pengungsi yang berasal dari Vietnam. Pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun sehingga menjadikan udara ditempat ini sangat sejuk. Selain itu, pemandangannya yang indah menjadikan semua pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.



Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co