Skip to main content

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

1. Kebun Teh Jamus

sumber: kampoengngawi.com

 

Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Pengantin

sumber: www.bantarangin.net

 

 Nama Air Terjun Pengantin ternyata tidak hanya ada di kisah film yang pernah dimainkan oleh Tamara Blezynski saja. Air Terjun Pengantin ternyata benar-benar ada di Kabupaten Ngawi. Letaknya masih ada disekitar area Kebun Teh Jamus. Dipercaya setiap pasangan yang mandi dibawah air terjun ini maka hubungannya akan tetap langgeng.

3. Waduk Pondok

sumber: www.iftfishing.com

 

 Waduk Pondok dikelilingi oleh 4 desa yaitu Gandok, Suruh, Dampit, dan Kenongorejo yang masuk dalam wilayah Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Selain difungsikan sebagai sumber irigasi, Waduk Pondok juga digunakan sebagai salah satu obyek wisata di Kabupaten Ngawi.

 

4. Air Terjun Srambang

sumber: www.mday.info

 

 Air Terjun Srambang terletak di kaki Gunung Lawu yang masuk dalam wilayah Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Air Terjun Srambang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dengan aliran air yang cukup deras dan jernih. Air Terjun Srambang berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Ngawi.

5. Taman Wisata Tawun

sumber: viknovi.blogspot.com

 

 Taman Wisata Tawun letaknya hanya sekitar 7 km arah timur dari pusat kota. Selain danau buatan, di Taman Awun juga terdapat kolam renang, kebun binatang mini, dan juga tempat pemancingan. Taman Wisata Awun menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi keluarga di Ngawi.

6. Benteng Van Den Bosch

sumber: life.viva.co.id

 

 Benteng Van Den Bosch atau yang biasa disebut dengan Benteng Pendem terletak di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Benteng Van Den Bosch dibangun oleh Pemerintah Belanda pada sekitar abad ke-19 pada masa Perang Diponegoro.

7. Museum Trinil

sumber: ngawikabmuseumjatim.wordpress.com

 

 Jika di Sragen, Jawa Tengah ada Museum Sangiran, Kabupaten Ngawi punya Museum Trinil yang punya koleksi tentang manusia purba dan kehidupan purba lainnya. Museum Trinil terletak sekitar 12 km arah barat dari pusat kota.

8. Pesanggrahan Srigati

sumber: www.ngawikab.go.id

 

 Pesanggrahan Srigati merupakan tempat peristirahat Raja Brawijaya dari Kerajaan Majapahit pada jaman dahulu yang terletak di Desa Babadan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi.Pesanggrahan Srigati terletak sekitar 12 km arah barat dari pusat kota. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata spiritual di Kabupaten Ngawi.

 

9. Taman Wisata Tirto Nirmolo

sumber: www.wisatamu.com

 

 Taman Wisata Tirto Nirmolo terletak di Jalan Raya Ngawi Madiun km 6, Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Taman Wisata Tirto Nirmolo dilengkapi dengan beberapa fasilitas permainan anak dan cocok dijadikan untuk tempat berwisata bersama keluarga.

 

10. Pemandian Hargo Dumilah

sumber: www.beritangawi.com

 

Pemandian Hargo Dumilah terletak di Desa Setono, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Air yang digunakan di Pemandian Hargo Dumilah bersumber dari lereng Gunung Lawu sehingga sangat jernih dan segar.

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi