Skip to main content

10 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi - Majalengka adalah salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Barat . Wilayah Kabupaten Majalengka terdiri dari dataran rendah yang berada disebelah utara serta dataran tinggi yang berada disisi selatan tepatnya di kaki Gunung Ciremai. Selain Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut, Kabupten Majalengka ternyata juga punhya beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi


1. Curug Ibun

sumber: twitter.com

Curug Ibun atau yang biasa dikenal sebagai Grand Canyonnya Majalengka terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Ditempat ini kita tidak hanya bisa menemukan keindahan air terjun saja, tetapi juga gua dan sungai dengan air yang mengalir jernih. Curug Ibun bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dari pusat Kota Majalengka.


2. Curug Muara Jaya

sumber: tempatwisatadaerah.blogspot.com


Curug Muara Jaya berlokasi di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka yang berada dibawah kaki Gunung Ciremai. Cuara Muara Jaya mempunyai ketinggian sekitar 73 meter. Curug ini terdiri dari beberapa tingkatan yang membuatnya semakin terlihat indah dan unik. Curug Muara Jaya berjarak sekitar 23 km dari pusat Kota Majalengka dan sekitar 83 km arah barat dari Kota Cirebon.


3. Telaga Herang

sumber: www.triptrus.com

Telaga Herang merupakan sebuah danau kecil yang lokasinya berada di 3 desa yang berada di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka yaitu Jerukleueut, Padaherang, dan Lengkongkulon. Air jernih yang berada di telaga ini bersumber dari mata air yang berasal dari Gunung Ciremai. Telaga Herang berjarak sekitar 21 km dari pusat Kota Majalengka.


4. Wisata Paralayang Gunung Panten

sumber: www.ramebanget.com

Gunung Panten merupakan sebuah perbukitan yang terletak di Kecamatan Munjul dan hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota. Gunung Panten tidak hanya biasa digunakan sebagai tempat atlit paralayang untuk berlatih, ditempat ini kita juga bisa melihat pemandangan Kota Majalengka dari ketinggian.


5. Taman Wisata Bukit Alam Hejo

sumber: infomajalengka.wordpress.com

Taman Wisata Bukit Alam Hejo terletak di Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka yang berjarak sekitar 12 km dari pusat kota.  Taman Wisata Bukit Alam Hejo terletak pada areal seluas kurang lebih 3,5 hektare. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, ATV, panahan, kuda tunggang, kereta anak, flying fox, dan berbagai jenis permainan lain. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.


6. Curug Sawer

sumber: www.disparbud.jabarprov.go.id

Curug Sawer terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka dan berada pada ketinggian antara 900 - 1300 mdpl. Curug Sawer memang tidak terlalu tinggi namun menawarkan pemandangan yang cukup indah. Curug tersebut terdiri dari 5 air terjun yang masing-masing punya keunikan sendiri. Bahkan 2 diantara 2 air terjun tersebut masih dianggap keramat oleh penduduk sekitar.


7. Situ Sangiang

sumber: bandung.panduanwisata.id

Situ Sangiang terletak di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka dan berjarak sekitar 27 km dari pusat kota yang bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Situ Sangiang dikelilingi oleh perbukitan hijau terasering yang semakin menambah elok pemandangan. Situ Sangiang mempunyai luas sekitar 26,4 hektare.


8. Air Terjun Cibali

sumber: wafalf07.wordpress.com

Air Terjun atau Curug Cibali terleteak di Desa Cikondang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka dan berjarak sekitar 39 km dari pusat kota. Akses untuk menuju ke tempat ini masih terbilang sulit, cara termudah menuju ke Curug Cibali adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.



9. Panorama Cikebo

sumber: www.membosankan.com

Panorama Cikebo terletak di Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka yang berjarak sekitar 14 km dari pusat kota. Ditempat ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang menawan dan sangat alami.



10. Situ Janawi

sumber: infomajalengka.wordpress.com

Situ Jawanawi terletak di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Situ Janawi mempunyai luas sekitar 1 hektare yang dikelilingi oleh pemukiman penduduk dan perbukitan. Air yang berada di Situ Janawi ini berasal dari sela-sela bebatuan diperbukitan yang terletak tidak jauh dari situ ini. Konon katanya situ ini dahulunya merupakan tempat untuk mengambil air suci untuk Kerajaan Galuh.


Comments

  1. sangat membantu saya untuk memilih tempat wisata jawabarat :)
    http://pariwisata.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah kota kecil yang mempunyai udara yang cukup sejuk yang karena dikelilingi oleh beberapa gunung sekaligus. Magelang sudah cukup berkembang sejak jaman dulu karena menjadi salah satu basis tentara Belanda pada jaman penjajahan. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi. 1. Candi Borobudur sumber gambar: id.wikipedia.org   Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang berjarak sekitar 40 km arah barat laut dari Jogja. Candi Borobudur dibangun disebuah danau purba pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada sekitar tahun 824 Masehi. Sejak  abad ke-9 Candi Borobudur sudah menjadi tempat ziarah bagi umat Buddha dari berbagai negara seperti Tiongkok, Tibert, Kamboja dan India.

10 Stadion Termegah di Indonesia

10 Stadion Termegah di Indonesia - Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia termasuk di Indonesia. Walaupun prestasi cabang olahraga sepak bola tidak terlalu baik di Indonesia, namun kita dapat dengan mudah menemukan lapangan yang biasa digunakan sebagai tempat untuk bermain sepak bola. Beberapa tahun terakhir ini pemerintah juga gencar membangun stadion yang berkelas internasional sebagai sarana penunjang olahraga tersebut. Baca juga: 10 Gedung Tertinggi di Dunia 10 Stadion Termegah di Indonesia 1. Stadion Utama Bung Karno, Jakarta sumber:  thepramuajiajay.blogspot.com Stadion yang berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat ini mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 atas prakarsa dari Presiden Soekarno. Stadion terbesar di Indonesia ini dapat menampung sekitar 100.000 penonton. Nama Stadion Utama ini semula bernama Stadion Utama Senayan dan dikembalikan namanya menjadi Stadion Utama Bung Karno pada tahun 1998 setelah reformasi bergu

10 Gedung Tertinggi di Indonesia

10 Gedung Tertinggi di Indonesia - Jakarta merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Indonesia. Bahkan Jakarta merupakan salah satu kota terpadat dan terbesar di dunia. Sebagai kota metropolitan, Jakarta saat ini sudah dipenuhi oleh bangunan-bangunan tinggi pencakar langit dihampir seluruh wilayahnya. Gedung-gedung tinggi tersebut dibangun untuk berbagai fungsi mulai dari perkantoran, pusat perbelanjaan sampai dengan pemukiman. Setidaknya sampai saat ini ada sekitar 700 gedung pencakar langit yang ada diseluruh Jakarta. Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa 10 Gedung Tertinggi di Indonesia 1. Wisma BNI 46 sumber:  www.flickr.com Gedung Wisma BNI 46 terletak di Jalan Jendral Sudirman Kav. 1 Jakarta. Gedung yang dibangun pada tahun 1996 ini mempunyai ketinggian 261,5 meter dan terdiri dari 50 lantai. Sampai saat ini Gedung Wisma BNI 46 masih menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Gedung dengan atap cukup unik yang berbentuk seperti layar kapal ini merupakan