Skip to main content

10 Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi - Lamongan adalah salah satu nama kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang dikenal dengan kuliner sotonya. Selain terkenal dengan kulinernya, kabupaten yang sebagian besar wilayahnya berada di pesisir pantai utara Jawa Timur ini juga banyak sekali tempat wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Dikunjungi


10 Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Bahari Lamongan

sumber: initempatwisata.com

 

 Wisata Bahari Lamongan atau yang biasa disebut WBL merupakan sebuah kompleks tempat wisata yang cukup lengkap yang berada di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Tempat wisata yang berada di dekata Pantai Kodok ini mempunyai beberapa wahana yang bisa digunakan oleh pengunjung seperti Istana Bawah Laut, Istana Bajak Laut, Rumah Kaca sampai dengan waterboom.

2. Goa Maharani

sumber: surabayarek.com

 

 Goa Maharani terletak tidak terlalu jauh dair Wisata Bahari Lamongan yang berada di jalan raya Gresik-Tuban. Goa yang mempunyai kedalaman sekitar 25 meter ini mulai ditemukan pada sekitar tahun 1992 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1994. Selain pemandangan indah yang ada didalam goa ini, ditempat ini juga terdpat kebun binatang yang cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

3. Waduk Gondang

sumber: halolamongan.com

 

 Waduk Gondang terletak sekitar 19 km arah barat Kota Lamongan.  Waduk Gondang diresmikan pada tahun 1987 oleh Presiden Soeharto yang difungsikan sebagai sarana irigasi pertanian dan sumber air di Kabupaten Lamongan. Waduk ini mempunyai luas sekitar 6,6 hektar dan dikelilingi oleh 8 desa.

4. Pantai Brondong

bprnusamba-brondong.co.id

 

 Pantai Brondong terletak di Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Di pantai ini kita tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai yang indah, kita juga bisa melihat aktivitas nelayan sekaligus membeli ikan hasil tangkapan mereka secara langsung.
 

5. Monumen Van Der Wijck

sumber: www.eastjava.com

 

 Monumen Van Der Wijck terletak di Kantor Pelabuhan Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Monumen tersebut dibangun untuk memperingati tenggelamnya kapal Van Der Wijck pada tanggal 20 Oktober 1936. Kapal tersebut merupakan kapal buatan tahun 1921 di Rotterdam.

6. Makam Sunan Sendang Duwur

sumber: anakindonesia0.blogspot.com

 

 Sunan Sendang Duwur merupakan salah satu tokoh penting yang berperan dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa khususnya Jawa Timur. Makam Sunan Sendang Duwur terletak di Bukit Amitunon yang berada di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

7. Makam Sunan Drajat

sumber: lamonganoke.wordpress.com

 

 Sunan Drajat merupakan salah satu anggota dari Wali Songo yang berperan sangat besar dalam penyebaran agama Islam di Nusantara. Tidak mengherankan jika setiap hari makam ini didatangi oleh banyak peziarah yang ingin berdoa. Makam Sunan Drajat Terletak di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamonga.

8. Pemandian Air Panas Brumbun

sumber: www.trinitar.com

 

Pemandian Air Panas Brumbun terletak di Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pemandian air panas ini terletak ditengah hutan yang menjadi daya tarik tersendiri. Dipercaya jika mandi ditempat ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

9. Makam Dewi Sekardadu

sumber: lamonganoke.wordpress.com

 

 Makam Dewi Sekardadu terletak di Desa Gondang, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan. Dewi Sekardadu merupakan ibu dari Sunan Giri yang merupakan salah satu dari anggota Wali Songo yang menyebarkan Islam di Indonesia.

10. Alun Alun Lamongan

sumber: suaralamongan.wordpress.com

 

Sama seperti kota lain yang ada di Indonesia, Kabupaten Lamongan juga mempunyai Alun alun yang berfungsi sebagai tempat berkumpul warga sekaligus untuk berekreasi.

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi