Skip to main content

10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Dikunjungi




Sragen adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam provinsi Jawa Tengah dan terletak sekitar 30 km dari Kota Surakarta. Kabupaten yang mendapat julukan sebagai Bumi Sukawati ini sebagian wilayahnya juga berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Timur.

 10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Dikunjungi

 

1. Pemandian Air Panas Bayanan

sumber: solopos.com

 


Pemandian air panas Bayanan terletak di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo. Jika biasanya pemandian air panas terletak didekat gunung, namun pemandian yang satu ini jauh dari gunung. Dahulu pemandian air panas ini bernama Hyang Tirto Nirmolo tetapi kemudian diganti namanya menjadi Pemandian Air Panas Bayanan. Mandi ditempat ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.
 

2. Ganesha Technopark

sumber gambar: indoplaces.com

 

Ganesha Technopark terletak di Jalan Dr. Sutomo No. 5 Sragen. Tempat ini merupakan proyek pemerintah yang dibangun dengan tujuan untuk memudahkan akses ke lembaga-lembaga penelitian, profesor, dan juga siswa. Ditempat ini juga terdapat Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai tempat pelatihan, pengembangan kemandirian maupun kerjasama untuk meningkatkan keahlian tenaga kerja

3. Museum Sangiran

sumber gambar: indonesia.travel

 


Museum Sangiran terletak di Desa Krakilan, Kecamatan Kalijambe yang merupakan lokasi dari penemuan fosil manusia purba oleh Von Koeningswald yang bernama Meganthropus Palaeo Javanicus. Setidaknya ada kurang lebih 13.685 fosil yang ditemukan disekitar daerah ini. UNESCO telah menetapkan Sangiran sebagai Situs Warisan Dunia. Untuk melihat sejarah penemuan manusia purba maupun berbagai hal tentang manusia purba kita bisa mendatangi Museum Sangiran.

4. Taman Dayu Alam Asri

sumber gambar: tempatwisatadaerah.blogspot.com

 

Taman Dayu Alam Asri terletak di Desa Dayu, Kecamatan Sragen. Tempat wisata keluarga ini memiliki luas sekitar 5 hektare. Berbagai wahana hiburan dan juga permainan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa kita bisa temukan disini. Selain itu ditempat ini juga terdapat kebun binatang mini, agrowisata, outbond, kolam renang hingga resort.

 

5. Waduk Kedungombo

sumber: flickr.com

 


Waduk ini berada masuk dalam wilayah 3 kabupaten yaitu Kabupaten Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Waduk merupakan salah satu sumber air irigasi utama beberapa wilayah disekitarnya seperti Semarang, Demak, Kudus, Pati, Grobogan, Blora, Jepara, Boyolali, dan Sragen. Selain itu ditempat ini juga didirikan pembangkit listrik.

  

6. Desa Wisata Batik Kliwonan

sumber: solopos.com

 

Desa Wisata Batik Kliwonan berada di Kecamatan Masaran yang merupakan salah satu sentra batik di Kabupaten Sragen. Di desa ini kita bisa melihat secara langsung proses pembuatan batik yang dilakukan oleh penduduk desa ini. Selaini itu kita juga bisa belajar membatik langsung sampai dengan membuat kerajinan dari tanah liat.

7. Kolam Renang Kartika

sumber: kabarsragen.blogspot.com

 


Kolam renang ini terletak di Jalan Veteran dan bersebelahan dengan stadion sepak bola yang berada dipusat kota. Selain karena letaknya yang berada tidak jauh dari pusat kota, kolam renang ini banyak didatangi orang karena mempunyai fasilitas yang cukup lengkap.
 

8. Gunung Kemukus

sumber: lifestyle.liputan6.com

 

Gunung Kemukus terletak di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang. Ditempat ini terdapat makam Pangeran Samudero yang dipercaya oleh banyak orang bisa mendatangkan rejeki jika berziarah ditempat ini. Terlepas dari mitos tersebut, tempat ini mempunyai pemandangan alam yang cukup bagus. Untuk menuju ke tempat ini kita bisa menggunakan kapal untukmenyebrang danau.

9. Makam Joko Tingkir

sumber: wikimapia.org

 


Joko Tingkir adalah nama lain dari Sultan Hadiwijaya yang merupakan raja Kerajaan Pajang yang pernah berkuasa pada tahun 1550-1582. Kerajaan Pajang sendiri merupakan cikal bakal terbentuknya Kerajaan Mataram yang melahirkan Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Makam Joko Tingkir ini terletak di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh dan berada dipinggir Sungai Bengawan Solo.
 

10. Sentra Bisnis Batik Sragen

sumber: timlo.net

 

Joko Tingkir adalah nama lain dari Sultan Hadiwijaya yang merupakan raja Kerajaan Pajang yang pernah berkuasa pada tahun 1550-1582. Kerajaan Pajang sendiri merupakan cikal bakal terbentuknya Kerajaan Mataram yang melahirkan Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Makam Joko Tingkir ini terletak di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh dan berada dipinggir Sungai Bengawan Solo.

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi