Skip to main content

10 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi - Kuningan adalah salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Majalengka dan beberapa kabupaten lain yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Indramayu yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

1. Situ Cicerem

sumber: www.travelmatekamu.com

Situ Cicerem merupakan salah satu situ atau telaga cantik yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Situ Cicerem terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan. Air yang ada di situ ini berwarna biru jernih. Karena airnya yang jernih tersebut kita bisa melihat ikan-ikan yang berada didalam situ tersebut. Letaknya yang berada ditengah hutan menjadikan pemandangan semakin indah dan udara yang tetap segar.

2. Telaga Remis

sumber: wisataterindah.com

Telaga Remis terletak tidak jauh dari Situ Cicerem atau berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Kuningan. Telaga Remis mempunyai luas sekitar 13 hektar dan berada di kaki Gunung Ciremai menjadikan udara ditempat ini sangat segar dan sejuk. Telaga Remis selain menawarkan pemandangan alam yang indah juga menawarkan ketenangan.

3. Gedung Perundingan Linggarjati

sumber: caridimari.blogspot.com


Gedung Perlindungan Linggarjati merupakan tempat berlangsungnya Perundingan antara Pemerintah Indonesia dan Belanda pada tanggal 10 November 1946. Gedung Perundingan Linggarjati terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

4. Gunung Ciremai

sumber: tataruangpertanahan.com


Gunung Ciremai merupakan Gunung Tertinggi yang ada di Jawa Barat. Gunung ini berada dalam 3 wilayah kabupaten yaitu Cirebon, Kuningan, dan Majalengka. Gunung Ciremai mempunyai ketinggian 2.900 mdpl dan berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang mempunyai luas sekitar 15.000 hektare.


5. Sangkanhurip Alami

sumber: www.geokuliner.com

Sangkanhurip Alami merupakan tempat pemandian air panas alami yang terletak di kaki Gunung Ciremai yang terletak di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. Dengan mandi di pemandaian air panas ditempat ini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit karena mengandung sulfur dan yodium.

6. Pemandian Cibulan

sumber: keluargasari.wordpress.com

Pemandian Cibulan merupakan sebuah pemandian alami yang terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana yang berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Kuningan. Yang paling unik di kolam Pemandian Cibulan terdapat ikan-ikan yang sudah ada sejak dahulu yang oleh masyarakat sekitar yang biasa disebut dengan nama ikan dewa. Konon katanya ikan-ikan tersebut titisan prajurit Siliwangi yang membangkang.


7. Air Terjun Putri

sumber: www.harjasaputra.com

Air Terjun Putri terletak di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Curug Putri mempunyai ketinggian sekitar 20 meter dan mempunyai aliran air yang cukup deras yang bersumber dari Gunung Ciremai. Air Terjun Putri berada pada ketinggian 1.100 - 1.150 mdpl yang mempunyai udara yang cukup sejuk.

8. Taman Purbakala Cipari

sumber: andhikatsu.blogspot.com

Taman Purbakala Cipari terletak di Kampung Cipari, Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Taman Purbakala Cipari merupakan situs peninggalan megalitik yang ditemukan sejak tahun 1972. Di lokasi ini kita bisa melihat benda-benda purbakala seperti peti kubur batu yang merupakan satu ciri kebudayaan pada masa prasejarah.

9. Waduk Darma

sumber: madusehat.blog.com

Waduk Darma terletak di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan dan berada tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Cirebon - Kuningan - Ciamis. Waduk Darma mempunyai luas sekitar 425 hektare yang dikelilingi oleh bukit-bukit dengan pemandangan hijau yang sangat cantik.


10. Taman Rekreasi Curug Sidomba

sumber: rentcarcirebon.wordpress.com

Curug Sidomba berlokasi di Obyek Wisata Bumi Perkemahan Sidomba yang masuk dalam wilayah Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Curug Sidomba memang tidak terlalu tinggi, namun pemandangan disekitar tempat ini tidak kalah indah. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga.


Baca juga: 10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama dari Solo menuju ke Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. 1. Umbul Ponggok sumber gambar: jejak.eksyam.com    Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Yang paling unik dari kolam ini adalah walaupun merupakan kolam air tawar, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang menyelam didasar laut lengkap dengan ikan-ikan dan batu yang sengaja diletakan untuk menciptakan suasana seperti didasar laut.

10 Sungai Terpanjang di Indonesia

10 Sungai Terpanjang di Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di Indonesia. Setidak ada lebih dari 17 ribu pulau baik yang berpenghuni maupun pulau kosong yang masuk dalam wilayah Indonesia. Selain itu Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara tropis yang memiliki hutan dengan wilayah yang sangat luas. Hutan-hutan tersebut menghasilkan sumber mata air yang kemudian dialirkan melalui sungai-sungai menuju ke laut lepas. Baca juga: 10 Jembatan Terpanjang di Dunia 10 Sungai Terpanjang di Indonesia 1. Sungai Kapuas sumber;  sulawesi.bisnis.com Lokasi: Kalimantan Barat Panjang: 1.143 km Hulu: Pegunungan Muller Hilir: Selat Karimata 2. Sungai Mahakam sumber:  www.goodnewsfromindonesia.org Lokasi: Kalimantan Timur Panjang: 920 km Hilir: Selat Makassar 3. Sungai Barito sumber:  www.triptrus.com Lokasi: Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Panjang: 909 km Hulu: Pegunungan Muller Hilir: Lau

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li