Skip to main content

10 Tempat Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi - Purworejo adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara dibagian lainnya kabupaten ini berbatasan langsung dengan kabupaten lain di Jawa Tengah seperti Magelang, Kebumen, dan Wonosobo.

Purworejo memiliki kontur alam yang cukup lengkap mulai dari dataran rendah sampai dengan perbukitan atau dataran tinggi. Purworejo juga dikenal sebagai salah satu kota yang penuh cerita sejarah.

10 Tempat Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi


1. Curug Silangit

sumber: www.telusurindonesia.com

 

 Curug yang mempunyai ketinggian sekitar 50 m ini terletak di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Curug ini terdiri dari 3 tingkatan air terjun yang menyatu menjadi satu. Air terjun yang pertama tingginya mencapai 30 m sementara dua air terjun lainnya masing-masing 10 m. Dibawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup dalam yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang. Curug Silangit bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

2. Goa Seplawan

sumber: log.viva.co.id

 

 Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo dan berada pada ketinggian sekitar 7.000 mdpl. Gua ini mempunyai panjang sekitar 700 m dengan lebar 15 meter ini didalamnya dihiasi oleh stalagmit dan stalagtit yang sangat cantik. Yang paling menarik adalah didalam Goa Seplawan ini pernah ditemukan arca Dewa Syiwa yang terbuat dari emas murni seberat 1,5 kg. Arca tersebut saat ini disimpan di Museum Nasional Jakarta.

 

3. Wisata Alam Hutan Purworejo

sumber: wikimapia.org

 

 Wisata Alam Hutan Purworejo atau yang biasa disebut dengan Kusumo Asri ini terletak di Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Selain tempat perkemahan yang dikelilingi oleh hutan pinus ditempat ini kita juga bisa melihat kebun binatang mini dan berbagai permainan outbound.

4. Pantai Jatimalang

sumber: www.telusurindonesia.com

 

 Pantai Jatimalang terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi yang berjarak sekitar 18 km dari pusat kota Purworejo. Pantai Jatimalang merupakan jajaran pantai yang ada dilaut selatan yang mempunyai karakter ombak yang cukup besar. Namun begitu, pantai ini masih bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain.

5. Pantai Ketawang

sumber: adventrave.blogspot.com

 

 Pantai Ketawang terletak sekitar 22 km dari pusat kota Purworejo dan masuk dalama wilayah Desa Ketawang, Kecamatan Grabag. Selain menikmati pemandangan pantai yang indah dan menenangkan, jika kita beruntung kita akan menjumpai lomba pacuan kuda yang biasa dilakukan oleh penduduk yang tinggal di sekitar pantai.

6. Masjid Agung Purworejo

sumber www.panoramio.com

 

 Masjid Agung Purworejo adalah sebuah masjid kuno yang terletak didekat Alun-alun Purworejo. Masjid ini dibangun pada sekitar 1800an sebagai tempat ibadah warga muslim di Purworejo. Yang paling menarik di Masjid Agung Purworejo adalah sebuah bedug kuno yang hanya digunakan pada hari raya saja sejak dahulu.

7. Museum Tosan Aji

sumber: sumbiganis.wordpress.com

 

 Museum Tosan Aji atau yang biasa dikenal sebagai Museum Pusaka. Museum ini menyimpan banyak sekali pusaka dan benda bersejarah yang berasal dari beberapa wilayah di Jawa Tengah. Museum ini menempati sebuah bangunan tua yang akan membawa kita ke masa tempo dulu. Museum Tosan Aji sangat cocok dikunjungi untuk orang yang menyukai sejarah.

 

8. Puncak Geger Menjangan

sumber goer-ars.blogspot.com

 

 Puncak Geger Menjangan adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Dari tempat ini kita bisa melihat sebagai besar pemandangan Kota Purworejo dari ketinggian. Selain itu di Puncak Geger Menjangan terdapat sebuah makam seorang yang cukup dihormati yaitu Kyai Imam Puro. Dia adalah salah satu orang yang berjasa dalam pendirian Kabupaten Purworejo.

9. Curug Muncar

sumber: spadepicnic.wordpress.com

 

 Curug Muncar terletak di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno yang terletak sekitar 45 km dari pusat kota Purworejo. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 40 m dan berada ditengah hutan milik perhutani dan berada pada ketinggian sekitar 900 mdpl.

10. Benteng Pendem

sumber: faaituaku.wordpress.com

 

Benteng Pendem terletak disebuah perbukita di Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo. Benteng ini merupakan benteng peninggalan Jepang yang dibangun pada sekitar tahun 1945. Jumlah total keseluruhan ruangan atau bagian dari Benteng Pendem ini ada 29 buah.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi - Mojokerto adalah salah satu wilayah paling rame di Jawa Timur. Selain itu Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu Kota Industri di Jawa Timur. Kota ini sudah berkembang sejak jaman Kerajaan Majapahit dahulu. Baca juga:  10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi Kabupaten/kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari Surabaya  ini ternyata punya banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. 10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi 1. Patung Buddha Tidur sumber: www.klikhotel.com    Patung Buddha tidur ini terdapat di Mahavira Majapahit yang terletak di Desa Bejijong. Patung Buddha tidur ini dikabarkan merupakan salah satu patung Buddha terbesar di Asia bahkan di dunia. Patung tersebut berwarna kekuningan karena dilapisi emas. Vihara ini selain merupakan tempat ibadah juga digunakan sebagai tempat berwisata. 2. Situs Kedaton Mojokerto sumber: www.tempatwisatadunia.com    Sit

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2016

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2016 - Sampai saat ini setidaknya ada 3.854 universitas dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Baik itu yang negeri maupun perguruan tinggi swasta. Jumlah perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia berjumlah 96, sedangkan perguruan tinggi yang dikelola oleh swasta jumlahnya mencapai 3.093. Belum lagi ditambah dengan perguruan tinggi yang dikelola oleh Kementerian Agama yang berjumlah sekitar 665 perguruan tinggi. Baca juga: Daftar Kota/Kabupaten di Jawa Tengah 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2016 1. Institut Teknologi Bandung (ITB) sumber:  www.thebandungtour.com Lokasi: Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Jawa Barat Tahum berdiri: 202 Peringkat dunia: 1959 Website: www.itb.ac.id 2. Universitas Gajah Mada (UGM) sumber:  sbmptnsnmptn.blogspot.co.id Lokasi: Kampus Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta Tahum berdiri: 1949 Peringkat dunia: 427 Website: www.ugm.ac,id 3. Universitas Indonesia (UI)