Monday, September 14, 2015

10 Tempat Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi

 Dieng adalah sebuah dataran tinggi atau perbukitan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo, Banjarnergara, Batang, dan Pekalongan. Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif atau gunung api raksasa yang terdiri dari beberapa puncak. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat udara di wilayah perbukitan menjadi sangat dingin, bahkan pada musim kemarau suhu udaranya bisa mencapai 0 derajat celcius.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Dieng yang wajib dikunjungi.

1. Gunung Prau

sumber gambar: infopendaki.com

 

Gunung Prau adalah salah satu puncak yang ada di Dieng. Gunung Prau tingginya mencapai 2.565 mdpl. Untuk bisa mencapai puncaknya, diperlukan waktu sekitar 3 jam. Dari puncak Gunung Prau kita bisa melihat pemandangan wilayah sekitar Dieng yang masih sangat hijau serta beberapa gunung yang tampak kokoh dari kejauhan seperti Gunung Sindoro dan Sumbing. Jalur pendakian Gunung Prau bisa melalui jalur Patak Banteng, Wonosobo maupun Jalur Pranten, Bawang, Batang.

2. Gunung Rogojembangan

sumber gambar: fahrikhusaini.blogspot.com

 

Gunung Rogojembangan berada diperbatasan antara Kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara yang masuk dalam jajaran Pegunungan Serayu Utara.  Gunung ini mempunyai ketinggian 2.117 mdpl yang bisa didaki melalui jalur dari Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara atau Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan. Puncak Gunung Rogojembangan hanyalah sebuah tanah datar kecil yang luasnya hanya sebesar lapangan badminton. Namun dari tempat yang kecil ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah.

3. Telaga Warna

sumber gambar: fotowinara.com

 

Telaga Warna adalah sebuah telaga cantik yang mempunyai air dengan warna yang berbeda-beda yaitu merah, hijau, dan biru. Warna ini bisa berubah-ubah sesuai dengan cuaca yang sedang terjadi. Selain banyak dikunjungi orang sebagai tempat wisata, telaga ini sebenarnya adalah sumber irigasi petani sekitar yang digunakan untuk mengairi sawah mereka.

4. Candi Arjuna

sumber gambar: www.pegipegi.com

 

Candi Arjuna yang ada di Dieng ini merupakan candi Hindu tertua yang dibangun di Pulau Jawa. Candi yang berada pada ketinggian 2.093 mdpl ini dibangun pada sekitar abad ke-7 sebagai tempat pemujaan untuk Dewa Siwa. Setelah sempat hilang dan tertutup lumpur, pada tahun 1814 candi ini ditemukan oleh seorang tentara Inggris yang bernama Vans Kinbergen.

5. Bukit Sikunir

sumber gambar: diengplateau.com

 

Bukit Sikunir merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Dari bukit ini kita bisa menikmati golden sunrise yang menurut banyak orang merupakan salah satu sunrise terbaik yang ada di Indonesia.

6. Museum Kailasa

sumber gambar: www.triptrus.com

 

Museum Kailasa terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Didalam museum ini kita bisa melihat  beberapa koleksi benda kuno peninggalan zaman Hindu kuno dari sekitar abad ke-7. Nama Kailasa diambil dari nama gunung yang merupakan tempat tinggal Dewa Syiwa.

7. Kawah Sikidang

sumber gambar: wisatawanalam.blogspot.com

 

Dieng memiliki beberapa kawah yang masih aktif sampai sekarang. Salah satunya adalah Kawah Sikidang ini yang terletak di Desa Dieng Kulo, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini setiap harinya mengeluarkan asap yang dari lubang yang berbeda sehingga kelihatan seperti berpindah-pindah. Itulah sebabnya kenapa kawah ini dinamakan dengan Kawah Sikidang. Kidang dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Kijang.

8. Curug Bajing

sumber gambar: berita.suaramerdeka.com

 

Curug Bajing adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Air terjun ini berada di kaki Gunung Rogojembangan di Perbukitan Dieng Utara. Disebut dengan Curug Bajing karena jika dilihat dari kejauhan air terjun ini tampak seperti ekor tupai (bajing).

9. Telaga Sidringo

sumber gambar: dieng.org

 

Telaga Dringo atau Sidringo merupakan danau tertinggi yang ada di kawasan Dieng. Danau ini terletak diantara perbatasan Kabupaten Batang dan Banjarnegara pada ketinggian 2.222 mdpl. Banyak yang menyebut Telaga Dringo sebagai Ranu Kumbolonya Dieng.

10. Telaga Menjer

sumber gambar: landscapeshooter.blogspot.com

 

Telaga Menjer terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Danau ini luasnya mencapai 70 hektar dan berada pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl dan mempunyai kedalaman sekitar 45 meter. Selain sebagai tempat wisata, telaga ini juga dijadikan sebagai salah satu sumber air untuk pembangkit tenaga listrik.

1 comment:

  1. kaya sekali ternyata indonesia. artikelnya bermanfaat gan..semoga jika ada waktu kami akan meninjau kesana

    ReplyDelete