Skip to main content

10 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan mendapat julukan sebagai Kota Batik karena memang di kota ini kita bisa menemukan banyak sekali kampung-kampung atau pengrajin batik yang tersebar hampir disemua wilayah kota dan kabupaten yang terletak dipesisir pantai utara ini. Batik Pekalongan tidak hanya dikenal di Pulau Jawa saja, tetapi juga sampai ke luar Jawa bahkan sampai di luar negeri.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pekalongan.

1. Museum Batik Pekalongan

sumber gambar: www.indonesia-tourism.com

 

Museum Batik Pekalongan beralamat di Jalan Jetayu No 1 Kota Pekalongan yang menempati sebuah bangunan kuno dengan gaya art deco yang merupakan bekas Kantor Walikota Pekalongan pada masa penjajahan Belanda dahulu. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi berbagai batik kuno mulai dari motif asli Pekalongan sampai dengan motif yang mendapat pengaruh dari Belanda dan Jepang.


2. Pantai Pasir Kencana

sumber gambar: pekalongan.biz

 

Pantai Pasir Kencana terletak hanya sekitar 4 km dari pusat Kota Pekalongan sehingga banyak dikunjungi oleh warga di Pekalongan dan sekitarnya untuk berwisata. Selain bisa bermain ombak, di pantai ini juga dibangun beberapa permainan anak. Pada sore hari kita bisa menyaksikan sunset yang indah.

3. Pantai Slamaran Indah

sumber gambar: www.kompasiana.com

Tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana terdapat Pantai Slamaran Indah yang juga menjadi wisata andalan di Pekalongan. Pantai ini dihiasi oleh pohon-pohon cemara dipinggir pantainya yang sengaja ditanam untuk mencegsh abrasi pantai. Sunset di pantai ini pada sore hari pun tidak kalah indah.

4. Curug Bajing

sumber gambar: www.cireboner.com

 

Curug Bajing terletak di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Air terjun yang dari kejauhan tampak seperti ekor bajing (tupai) ini berada di kaki Gunung Rogojembangan di Perbukitan Dieng Utara. Curug Bajing bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Pekalongan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

5. Bukit Pawuluhan

sumber gambar: twitter.com

 

Bukit ini terletak di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Dari bukit ini kita bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar. Bila beruntung pada pagi hari kita juga bisa menikmati sunrise yang cantik dari bukit ini. Untuk mencapai puncak bukit ini diperlukan waktu sekitar 2 jam dengan berjalan kaki.

6. Mangrove Park

sumber gambar: www.jatengprov.go.id

 

Mangrove Park terletak di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Tempat ini dahulunya merupakan tambak udang milik Dinas Pertanian Kota Pekalongan yang kemudian ditanami dengan pohon bakau yang berfungsi untuk mencegah abrasi air laut sekaligus untuk tempat wisata.

7. Bukit Watu Ireng

sumber gambar: www.pekalonganisme.com

 

Bukit Watu Ireng terletak di Desa Lambur, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Batu Ireng merupakan sebuah batuan monolit yang luasnya mencapai 2 hektar. Dari atas batu ini kita bisa melihat hijaunya pemandangan hutan pinus yang ada disekitarnya. Bukit Watu Ireng terletak di Gunung Rogojembangan.

8. Linggo Asri

sumber gambar: snowcafe.wordpress.com

 

Linggo Asri terletak di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan yang berada pada ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Linggo Asri ini biasa disebut sebagai "Puncak" nya Pekalongan karena berada di dataran tinggi yang memiliki udara yang cukup sejuk dan segar. Selain sebagai tempat wisata, Linggo Asri juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk berkemah.

9. Desa Wisata Lolong

sumber gambar: www.tempo.co

 

Desa Wisata Lolong terletak di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Yang ditawarkan di Desa Wisata Lolong adalah pemandangan alam yang indah sekaligus berwisata menikmati durian yang bisa dipetik dari pohonnya langsung pada saat musim panen. Desa ini pernah menjadi inspirasi bagi Ebiet G Ade untuk membuat sebuah lagu.

10. Pusat Grosir Setono

sumber gambar: sekilasbatik.blogspot.com

 

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pekalongan tanpa membeli batik. Salah satu tempat wisata di Pekalongan yang paling terkenal adalah Pusat Grosir Setono yang berada di jalur pantura. Di tempat ini kita bisa menemukan berbagai jenis kain batik yang beragam dengan harga yang cukup terjangkau.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama dari Solo menuju ke Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. 1. Umbul Ponggok sumber gambar: jejak.eksyam.com    Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Yang paling unik dari kolam ini adalah walaupun merupakan kolam air tawar, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang menyelam didasar laut lengkap dengan ikan-ikan dan batu yang sengaja diletakan untuk menciptakan suasana seperti didasar laut.

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi - Pasuruan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Kabupaten dan Kota Pasuruan wilayahnya berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Batu, Malang, Probolinggo, dan Sidoarjo. Baca juga:  10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi Pasuruan memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. 10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi 1. Gunung Bromo sumber: www.newsth.com   Siapa yang tidak kenal dengan keindahan pegunungan yang satu ini. Pesona keindahan Gunung Bromo Bahkan sudah tersohor keseluruh pelosok dunia.  2. Pantai Lekok sumber: www.panoramio.com    Pantai ini diberi nama Lekok karena memang terletak di wilayah Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Pada hari lebaran ketupat pantai ini biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk lomba ski yang cukup unik. 3. Candi Jawi sumber: ke

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan ibukota dan kota terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang terbagi menjadi 2 wilayah. Yaitu yang biasa disebut dengan Semarang Bawah yang berada didaerah dekat pantai dan Semarang Atas yang berada didataran tinggi. Pada malam hari kita bisa melihat kerlap kerlip lampu di daerah Semarang Bawah dari perbukitan. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi. 1. Lawang Sewu sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id Gedung Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun oleh Belanda sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1904. Disebut dengan Lawang Sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali lawang (pintu) yang sebenarnya adalah jendela dengan ukuran besar dan tinggi yang terlihat dari jalan raya. Saat ini Lawang Sewu difungsikan sebagai Museum Kereta Api.