Skip to main content

10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi - Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Budaya, tetapi Daerah Istimewa Yogyakarta juga punya pemandangan alam yang cantik dan sayang untuk dilewatkan mulai dari pegunungan sampai dengan laut. Jika ingin melihat pantai-pantai dengan pemandangan yang indah, jangan lupa untuk kunjungi Kabupaten Gunungkidul.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Kendari yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi



1. Pantai Indrayanti

sumber: piknikasik.com

Pantai Indrayanti mempunyai nama asli Pantai Pulang Sawal. Namun pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti karena dipinggir pantai ini terdapat sebuah cafe yang bernama Indrayanti. Pantai Indrayanti terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Selain mempunyai pemandangan yang cukup cantik, kebersihan di pantai ini juga cukup terjaga. Ada peraturan unik di Pantai Indrayanti ini. Yaitu siapa saja yang ketahuan membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda Rp 10.000.



2. Pantai Baron

sumber: wisatadisemarang.com

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Baron merupakan sebuah teluk yang diapit oleh bukit karang yang ada di kanan kirinya. Selain menikmati keindahan pemandangannya, di Pantai Baron ini kita bisa melihat nelayan yang sedang beraktifitas ataupun kapal-kapal mereka yang berjejer rapi dipinggir pantai. Yang tidak boleh dilewatkan di pantai ini adalah wisata kuliner sajian laut hasil tangkapan dari para nelayan yang masih segar.



3. Pantai Ngobaran

sumber: www.catatannobi.com

Pantai Ngobaran terletak di Desa Saptosari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul. Banyak orang menyebut pantai ini sebagai Bali-nya Jogja karena di pantai ini terdapat sebuah bangunan tempat ibadah salah satu aliran kepercayaan yang bentuknya seperti pura yang ada di Bali. Selain itu di Pantai Ngobaran juga terdapat beberapa tempat ibadah lain dari beberapa agama yang berbeda.


4. Pantai Drini

sumber: anekatempatwisata.com

Pantai Drini terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjugsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Drini merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih serta dikelilingi oleh bukit-bukit karang kecil yang ada disekelilingnya. Yang unik dari Pantai Drini ini adalah adanya sebuah pulau karang kecil yang berada sedikit menjorok ke tengah laut. Pulau karang ini ditumbuhi pohon drini yang konon katanya buahnya dapat menjadi penangkal ular berbisa.



5. Pantai Sadranan

sumber: www.telusurindonesia.com

Pantai Sadranan terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Di Pantai Sadranan ini kita bisa melakukan kegiatan free diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. 


6. Pantai Jogan

sumber: swaragamafm.com

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Selain pemandangannya yang cantik, salah satu daya tarik utama dari Pantai Jogan adalah adanya sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter yang airnya langsung mengalir ke laut. Untuk menikmati pemandangan air terjun tersebut kita terlebih dahulu harus turun kebawah.



7. Pantai Siung

sumber: wisatanesia.co

Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Siung dikelilingi oleh karang yang kokoh yang biasa digunakan sebagai tempat untuk olahraga panjat tebing. Karang tersebut letaknya agak sedikit menjorok ketengah pantai. Kondisi pantainya yang cenderung lebih sepi dibandingkan pantainya lainnya yang ada di Gunungkidul menjadikan pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai.



8. Pantai Kesirat

sumber: wisatanesia.co

Pantai Kesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Tidak seperti pantai pada umumnya, di Pantai Kesirat ini kita tidak bisa menemukan pantai yang bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain. Yang ada ditempat ini adalah tebing-tebing karang yang bisa kita kunjungi untuk menikmati keindahan pantainya. Selain itu tebing tersebut juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk memancing. 




9. Pantai Wediombo

sumber: pariwisata.jogjakota.go.id

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul yang letaknya sudah berbatasan dengan wilayah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Nama Wediombo diambil dari Bahasa Jawa yang artinya adalah hamparan pasir yang luas. Daya tarik dari Pantai Wediombo ini adalah adanya sebuah kolam yang terbentuk secara alami. Ombaknya yang cukup besar menjadikan pantai ini biasa digunakan sebagi tempat untuk bermain selancar.



10. Pantai Watu Lawang

sumber: rentalmobilyogyakarta.net

Pantai Watu Lawang terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Indrayanti. Dinamakan Pantai Watu Lawang karena di pantai ini kita bisa melihat sebuah batu yang bentuknya seperti pantai. Seperti pantai di Gunungkidul pada umumnya, Pantai Watu Lawang juga dihiasi oleh pasir putih yang cantik.






Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co