Skip to main content

10 Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi

Tegal merupakan salah satu wilayah yang berada di jalur pantura Jawa Tengah. Nama Tegal lebih sering diidentikan dengan Warteg (Warung Tegal) karena saking banyak orang Tegal yang sukses membuka warung di Jakarta dan kota-kota lain.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Tegal yang wajib dikunjungi.

1. Pemandian Air Panas Guci

sumber gambar: nunik99.wordpress.com

 

 Pemandian Air Panas Guci terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal dan berada di kaki Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Pemandian Air Panas Guci terletak pada ketinggian sekitar 1.050 mdpl. Mandi di pemandian air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan rematik.



2. Pantai Purwahamba Indah

sumber gambar: travel.detik.com

 

Pantai Purwahamba Indah terletak di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Pantai ini berada didekat di jalur utama Jakarta menuju ke Semarang sehingga mudah untuk dijangkau. Tidak hanya pemandangan pantai yang indah saja yang bisa kita nikmati disini, tetapi juga beberapa permainan anak, kebun binatang mini maupun kolam renang yang berukuran internasional. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

3. Waduk Cacaban

sumber gambar: www.wikiwand.com

 

 Waduk Cacaban adalah sebuah bendungan air yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Luas bendungan ini mencapai 928 hektar dengan debit air sebesar 90 juta meter kubik. Bendungan ini sudah dibangun sejak tahun 1914 pada masa kolonial Belanda. Selain sebagai sarana untuk irigasi, waduk ini juga difungsikan untuk tempat wisata.

4. Pantai Alam Indah

sumber air: www.ragamtempatwisata.com

 

 Pantai Alam Indah terletak di Jalan Bali, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota menjadikan Pantai Alam Indah tempat favorit bagi warga Tegal. Pantai ini banyak dikunjungi orang terutama pada saat sore hari.

5. Curug Cantel

sumber gambar: tempatwisatadaerah.blogspot.com

 

 Curug Cantel terletak di Padukuhan Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Air Terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 60 meter dan mempunyai aliran yang cukup deras. Untuk menjangkau tempat yang satu ini memang dibutuhkan sedikit perjuangan melewati medan jalan yang cukup sulit, namun perjalanan tersebut akan terbayar dengan keadaan pemandangan yang indah.

6. Telaga Air Cempaka

sumber gambar: www.panoramio.com

 

 Telaga Air Cempaka terletak di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijowo, Kabupaten Tegal. Lokasi telaga ini berada ditengah hutan dengan pepohonan yang masih cukup hijau dan udaranya yang segara karena berada di kaki Gunung Slamet. Telaga Air Cempaka merupakan salah satu tempat yang sampai saat ini masih dikeramatkan oleh warga sekitar.

7. Gunung Tanjung

sumber gambar: www.wisatamu.com

 

 Gunung Tanjung terletak di Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. Banyak orang yang percaya dengan mengunjungi tempat ini bisa cepat mendapat jodoh, penglarisan dagangan, maupun membuat awet muda. Namun terlepas dari mitos tersebut, Gunung Tanjung mempunyai pemandangan yang sangat indah.

8. Curug Putri

sumber gambar: www.pulsk.com

 

 Curug Putri terletak diantara perbatasan Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes tepatnya Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 35 meter dan berada disela-sela bukit batu yang indah.

9. Rita Park

sumber gambar: wisatategal.com

 

 Rita Park merupakan tempat wisata baru di Kota Tegal yang baru dibuka sejak tahun 2013 lalu. Rita Park terletak di Jalan Kolonel Sugiono 155 Kota Tegal. Didalam tempat ini terdapat banyak sekali permainan yang bisa dicoba baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Rita Park kini menjadi pilihan tempat wisata baru untuk keluarga di Tegal.

 

10. Agrowisata Loco Antik 

sumber gambar: tempatwisatadaerah.blogspot.com

Agrowisata Loco Antik terletak diarea PG Pangka yang berada di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Ditempat ini kita bisa berkeliling pabrik dan kebun tebu menggunakan lokomotif kuno yang dibuat sekitar tahun 1927.

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat