Skip to main content

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan ibukota dan kota terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang terbagi menjadi 2 wilayah. Yaitu yang biasa disebut dengan Semarang Bawah yang berada didaerah dekat pantai dan Semarang Atas yang berada didataran tinggi. Pada malam hari kita bisa melihat kerlap kerlip lampu di daerah Semarang Bawah dari perbukitan.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi.

1. Lawang Sewu

sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id
Gedung Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun oleh Belanda sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1904. Disebut dengan Lawang Sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali lawang (pintu) yang sebenarnya adalah jendela dengan ukuran besar dan tinggi yang terlihat dari jalan raya. Saat ini Lawang Sewu difungsikan sebagai Museum Kereta Api.


2. Masjid Agung Jawa Tengah

sumber gambar: simbi.bimasislam.com

 

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) terletak di Jalan Gajah Raya, Kota Semarang. Masjid yang mulai dibangun pada sekitar tahun 2006 ini bisa menampung jamaah sebanyak 16.000 orang didalam ruangan utamanya. Yang unik adalah masjid ini dibangun dengan menggunakan perpaduan 3 arsitektur yang berbeda yaitu Jawa, Islam, dan Romawi.

3. Klenteng Sam Poo Kong

sumber gambar: tina-tinu-wisata.blogspot.com

 

Klenteng Sam Poo Kong merupakan sebuah klenteng yang dibangun diatas petilasan seorang Laksamana asal negeri Tiongkok bernama Cheng Ho yang beragama Islam. Laksamana ini bersama anak buahnya kemudian menyebarkan agama Islam di Semarang. Selain umat Konghucu, Klenteng Sam Poo Kong sampai saat ini juga sering didatangi oleh umat Islam untuk berziarah.

4. Umbul Sidomukti

sumber gambar: www.telusurindonesia.com

 

Umbul Sidomukti merupakan sebuah tempat pemandian alami yang memiliki pemandangan yang sangat indah yang terletak di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Letaknya berada disebuah perbukitan yang berada di kaki Gunung Ungaran. Selain kolam renang tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan outbond maupun tempat ngopi dengan pemandangan yang menakjubkan.

5. Kawasan Kota Lama

sumber gambar: www.pegipegi.com

 

Kawasan Kota Lama Semarang adalah sebuah kawasan yang dipenuhi dengan berbagai gedung kuno yang sudah dibangun sejak jaman kolonial Belanda. Salah satu bangunan yang paling terkenal adalah Gereja Blenduk yang mempunyai arsitektur yang sangat eksotis. Mengunjungi Kota Lama Semarang bisa membawa kita dalam nuansa masa lampau.

6. Candi Gedong Songo

sumber gambar: yasiryafiat.wordpress.com

 

Candi Gedong Songo adalah sebuah kompleks Candi Hindu yang terletak di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarng tidak jauh dari Umbul Sidomukti. Selain candi kuno yang bisa dinikmati, disekitar tempat ini juga terdapat tempat pemandian air panas.

7. Curug Lawe

sumber gambar: www.wartalima.com

 

Curug Lawe adalah sebuah air terjun yang terletak ditengah perkebunan cengkeh di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Kurang lebih ada 20 air terjun kecil yang bergabung menjadi satu di tempat ini. Disebut Curug Lawe karena warna airnya yang putih dan lembut seperti lawe atau rumah laba-laba.

8. Pagoda Avalokitesvara

sumber gambar: reblogthisone.wordpress.com

 

Pagoda Avalokitesvara terletak di Vihara Buddhagaya yang terletak di Jalan raya Semarang-Solo didaerah Watugong. Pagoda Avalokitesvara mempunyai tinggi sekitar 45 meter yang semua tingkatnya dihiasi oleh patung Dewi Kwan Im. Banyak yang mengatakan bahwa pagoda ini tidak kalah indah dengan Pagoda Sun Moon Lake yang ada di Taiwan.

9. Pantai Marina

sumber gambar: yogyakarta.panduanwisata.id

 

Pantai Marinan terletak di Jalan Yos Sudarso tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang. Waktu yang paling tepat untuk mendatangi Pantai Marina adalah pada sore hari untuk menikmati pemandangan matahari yang akan tenggelam.

10. Museum Ranggawarsita

sumber gambar: wisatadisemarang.com

 

Museum Ranggawarsita merupakan museum terlengkap yang ada di Jawa Tengah yang memiliki koleksi mulai dari benda-benda peninggalan purbakala sampai dengan galeri pembanguna di Jawa Tengah sampai saat ini.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi - Selama ini Malang lebih dikenal sebagai kota pegunungan yang mempunyai pemandangan yang hijau dan udaranya yang cukup segar. Padahal disisi selatan Kabupaten Malang juga terdapat jajaran pantai-pantai yang mempunyai pemandangan yang tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok. Pantai-pantai tersebut bisa menjadi salah satu alternatif tempat liburan saat berkunjung ke Malang. Baca juga: 10 Pantai Cantik di Kebumen yang Wajib dikunjungi 10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi 1. Pantai Sendang Biru sumber:  www.malangkab.go.id Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang berjarak sekitar 67 km dari pusat Kota Malang. Pantai Sendang Biru merupakan pintu gerbang untuk menuju kawasan konservasi Pulau Sempu yang mempunyai pemandangan yang sangat cantik. 2. Pantai Ngliyep sumber:  nginepmana.com Pantai