Skip to main content

10 Tempat Wisata di Cilacap yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang wilayahnya berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Barat selama ini selalu diidentikan dengan Nusa Kambangan yang dikenal sebagai tempat pengasingan bagi beberapa tahanan yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Cilacap.

1. Pantai Teluk Penyu

sumber gambar: www.viewphotos.org

 

 Pantai Teluk Penyu berada di Samudera Hindia dan masuk dalam wilayah Kecamatan Cilacap Selatan. Pantai ini mempunyai luas kurang lebih 14 hektare dengan pemandangan alam yang cukup cantik. Pantai ini hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Cilacap. Karena jaraknya yang dekat ini lah Pantai Teluk Penyu menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Cilacap.


 

2. Benteng Pendem

sumber gambar: gpswisataindonesia.blogspot.com

 

 Sesuai dengan namanya, benteng ini memang sempat terpendam (pendem) sebelum akhirnya ditemukan dan direnovasi seperti sekarang ini. Benteng yang dibangun pada tahun 1861 ini dibangun oleh tentara Belanda didekat Pantai Teluk Penyu sebagai tempat untuk pertahanan menghadapi musuh. Keseluruhan benteng ini luasnya mencapai 6,5 hektare. Sebelumnya benteng ini sempat tertutup oleh pasir laut.

 

3. Gunung Srandil

sumber gambar: wisatawanalam.blogspot.com

 

Gunung Srandil adalah sebuah bukit yang terletak tidak jauh dari Pantai Srandil. Yang menjadikan tempat ini ini istimewa adalah karena adanya beberapa makam orang yang dihormati di Cilacap. Tempat ini sering dikunjungi orang yang ingin berziarah sekaligus menikmati pemandangan indah yang ada.

 

4. Pantai Widarapayung

sumber gambar: www.indonesia-tourism.com

 

 Pantai Widarapayung terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun. Pantai ini berjarak sekitar 35 km arah timur dari pusat kota Cilacap. Ombak yang cukup besar di pantai ini sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk bermain selancar.

5. Pulau Nusakambangan

sumber gambar: keindahan-nusa.blogspot.com

 

 Pulau ini dikenal sejak dahulu sebagai tempat bermukimnya beberapa Lembaga Pemasyarakat (LP) untuk penjahat kelas kakap. Untuk menyebrang ke Pulau Nusakambangan bisa menggunakan kapal dari Dermaga Sodong, Cilacap. Walaupun letaknya berdekatan dengan Kabupaten Cilacap, sebenarnya pulau ini bukan bagian administratif dari Kabupaten Cilacap. Pulau ini sepenuhnya dikuasai oleh Kementrian Hukum dan HAM.

6. Pantai Jetis

sumber gambar: wisatacilacap.orgfree.com

 

 Pantai Jetis terletak di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu. Letaknya yang berada di ujung timur Kabupaten Cilacap menjadikan pantai ini belum banyak diketahui oleh orang. Padahal pantai ini punya pemandangan yang cukup indah. Mulai dari pasir putih dan air laut yang berwarna biru sampai dengan pemandangan pegunungan karst Kabupaten Kebumen yang tampak dari kejauhan.

7. Pantai Permisan

sumber gambar: www.telusurindonesia.com

 

 Pantai Permisan terletak disebelah selatan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Permisan yang berada di Pulau Nusakambangan. Pantai ini dikelilingi oleh banyak batu karang yang semakin menambah indah pemandangan yang ada di pantai ini.

8. Kampung Laut

sumber gambar: www.mongabay.co.id

 

 Kampung Laut adalah nama sebuah kecamatan yang berada disebelah ujung barat Pulau Nusakambangan. Selain bisa digunakan sebagai tempat untuk berburu kuliner laut, di Kampung Laut juga terdapat hutan mangrove yang masih cukup rimbun yang berada di Segara Anakan.

9. Pemandian Air Panas dan Curug Cipari

sumber gambar: cilacapbercahaya.weebly.com

 

 Pemandian Air Panas dan Curug Cipari terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cipari. Banyak orang yang percaya jika mandi ditempat ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit yang diderita seperti penyakit kulit maupun rematik. Pemandian air panas dan Curug Cipari berjarak sekitar 75 km arah barat Kota Cilacap.

10. Curug Cimandaway

sumber gambar: hanumsujana.wordpress.com

 

Curug Cimandaway terletak di Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dan merupakan air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Cilacap. Jaraknya sekitar 100 km dari pusat kota Cilacap. Yang paling unik adalah air yang mengalir di curug ini berasal dari Sungai Singaraja yang kemudian mengalir menjadi Sungai Cikawalon.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat