Skip to main content

10 Tempat Wisata di Banyumas yang Wajib Dikunjungi



1. Baturraden

 
sumber gambar: www.panoramio.com

 Baturraden adalah sebuah tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Slamet yang terletak sekitar 14 km dari Purwokerto. Selain bisa menikmati pemandangan hijau dan segarnya udara khas pegunungan, kita juga bisa bermain air di waterboom ataupun melihat berbagai jenis satwa dan tanaman yang ada di Taman Bintanin.




2. Pancuran Pitu

sumber gambar: wikimapia.org

 

 Pancuran Pitu merupakan sumber air panas yang berlokasi sekitar 3 km dari Baturraden. Tempat ini banyak dikunjungi orang karena dipercaya jika mandi dengan menggunakan air hangat yang ada ditempat ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit terutama sakit kulit karena air panas yang ada ditempat ini mengandung belerang.

3. Telaga Sunyi

sumber gambar: www.backpackerindonesia.com

 

 Telaga Sunyi adalah air terjun kecil dengan sebuah kolam dibawahnya yang juga terletak sekitar  km dari Baturraden. Letaknya yang berada ditengah hutan menjadikan tempat sangat sunyi dan tenang. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri. Selain itu kolam alami yang ada dibawah pancuran air terjun ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berenang.

4. Curug Gede

sumber gambar: selaksakata.wordpress.com

 

 Curug Gede terletak tidak jauh dari Pancuran Pitu dan Telaga Sunyi yang berada di kaki Gunung Slamet. Curug ini merupakan salah satu sumber air yang mengalir ke Sungai Serayu. Sebelum bisa menikmati keindahan tempat ini, kita terlebih dahulu harus melewati jalanan dengan medan yang cukup berat. Namun perjuangan tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah.

5. Curug Ceheng

sumber gambar: www.indonesia-tourism.com

 

 Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 13 meter ini terletak di Kecamatan Sumbang yang berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto. Dibawah aliran air terjun yang cukup deras ini terdapat sebuah kolam dengan kedalaman 6 meter yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang dan menikmati sejuknya air.

6.Curug Cipendok

sumber gambar: www.flickr.com

 

 Curug Cipendok mempunyai ketinggian sekitar 92 meter dan menjadikan curug ini sebagai salah satu curug tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Curug ini mengalirkan air yang cukup deras dan jika terkena angin bisa menyebabkan "hujan" yang tidak akan berhenti sepanjang hari di area air terjun ini.

7. Curug Penganten

sumber gambar: tantodanardwi.blogspot.com

 

 Curug Penganten berada didekat jalur pendakian menuju ke Gunung Slamet. Jalur yang harus dilalui memang cukup sulit. Namun ditempat ini kita bisa menikmati pemandangan indah sekaligus kesejukan udara.

8. Museum Bank Rakyat Indonesia

sumber gambar: ensiklo.com

 

 Museum Bank Rakyat Indonesia terletak di Jalan RA Wirjatmadja, Purwokerto. Di museum ini kita bisa melihat berbagai koleksi uang rupiah dari masa ke masa. Bank Rakyat Indonesia sendiri adalah salah satu bank tertua di Indonesia yang didirikan pada 16 Desember 1895 oleh RA Wirjatmadja.

9. Curug Nangga

sumber gambar: www.fiqhmenjawab.net

 

 Curug Nangga terletak di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Keunikan dari curug ini adalah karena memiliki 7 tingkatan yang menjadikannya seperti ada 7 curug yang berbeda ditempat ini. Curug Nangga terletak ditengah persawahan warga yang menghampar hijau.

10. Museum Wayang Sendang Mas

sumber gambar: www.solusindo.id

 

Museum Wayang Sendang Mas ini terletak di Jalan Kawedanan No 1 Banyumas. Museum ini mempunyai banyak sekali koleksi berbagai jenis wayang dan juga perlengkapan untuk pertunjukan wayang. Museum ini diresmikan pada 31Desember 1982. Pembangunan museum ini bertujuan untuk memperkenalkan wayang kepada seluruh masyarakat Banyumas agar tidak tergerus oleh arus modernisasi.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat