Skip to main content

10 Gunung Tertinggi di Dunia

10 Gunung Tertinggi di Dunia - Gunung Biasa dikenal sebagai pasaknya bumi yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan bumi. Tidak hanya di Indonesia saja, jalur "Ring of Fire" juga membentang ke beberapa negara lain di dunia. Namun tidak semua gunung yang ada di dunia tersebut aktif sampai sekarang. Selebihnya merupakan gunung mati yang tetap menyimpan keindahan serta rasa penasaran para pecinta alam untuk mendaki menuju ke puncaknya.


Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia


10 Gunung Tertinggi di Dunia



1. Gunung Everest

sumber: www.summitpost.org

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Gunung Everest terletak diperbatasan antara Nepal dan Tibet. Ketinggian gunung ini mencapai 8.848 meter. Dalam Bahasa Nepal Gunung Everest biasa disebut dengan nama Sagarmatha yang mempunyai arti kepala langit. Sementara dalam Bahasa Tibet Gunung Everest biasa dikenal dengan nama Chomolangma yang berarti bunda semesta.



2. Gunung Aconcagua

sumber: ovz.dmitronsf.top

Gunung Aconcagua merupakan gunung tertinggi kedua di dunia dan gunung tertinggi di Benua Amerika. Gunung Aconcagua terletak diperbatasan antara Argentina dan Chili. Gunung Aconcagua mempunyai ketinggian 6.962 meter. 





3. Gunung McKinley

sumber: www.usatoday.com

Gunung McKinley biasa dikenal juga dengan nama Gunung Denali. Gunung McKinley merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia. Pegunungan McKinley terletak di Taman Nasional Denali yang berada di Negara Bagian Alaska. Ketinggian Gunung McKinley mencapai 6.168 meter.




4. Gunung Kilimanjaro

sumber: greenglobaltravel.com

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi ke-4 di dunia seklaigus gunung tertinggi di Afrika. Gunung Kilimanjaro terletak di negara Tanzania. Ketinggian Gunung Kilimanjaro ini mencapai 5.895 meter. 




5. Gunung Pico Cristobal Colon

sumber: en.wikipedia.org

Gunung Pico Cristobal Colon merupakan gunung tertinggi ke-5 di dunia dan merupakan gunung tertinggi di Columbia. Ketinggian Gunung Pico Cristobal Colon mencapai 5.700 meter. 




6. Gunung Logan

sumber: www.britannica.com

Gunung Logan merupakan gunung tertinggi ke-6 di dunia sekaligus merupakan gunung tertinggi kedua di dunia setelah Gunung McKinley. Gunung Logan terletak di Negara Kanada. Ketinggian Gunung Logan mencapai 5.959 meter.




7. Gunung Pico de Orizaba

sumber: www.summitpost.org

Gunung Pico de Orizaba merupakan gunung tertinggi ke-7 di dunia. Gunung Pico de Orizaba terletak di Negara Meksiko. Ketinggian Gunung Pico de Orizaba mencapai 5.636 meter.


8. Gunung Puncak Jaya

sumber: thai7summits.com

Puncak Jaya merupakan salah satu puncak yang berada di Pegunungan Sudirman, Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian sekitar 5.030 meter. Gunung ini biasa disebut juga dengan nama Puncak Carstenz atau Puncak Jayadikesuma.

9. Gunung Elbrus

sumber: russiatrek.org

Gunung Elbrus merupakan gunung tertinggi ke-9 di dunia. Gunung Elbrus terletak di perbatasan antara Rusia dan Georgia. Ketinggian Gunung Elbrus mencapai 5.642 meter.

10. Gunung Vinson Masif

sumber: www.summitpost.org

Gunung Vinson Masif merupakan gunung tertinggi ke-10 di dunia. Gunung Vinson Masif terletak di Antartika. Ketinggian Gunung Vinson Masif mencapai 4.897 meter.




Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia -  Indonesia mempunyai banyak sekali air terjun yang sangat indah. Hal ini disebabkan karena sebagian dari wilayah Indonesia adalah pegunungan. Air terjun memang biasanya terletak di dataran tinggi atau pegunungan. Karena keindahannya tersebut air terjun menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering dicari orang. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Purbalingga yang Wajib Dikunjungi 10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia 1. Air Terjun Sigura-gura sumber:  indahnya-ibupertiwi.blogspot.com Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara yang berjarak sekitar 250 dari Kota Medan. Ketinggian Air Terjun Sigura-gura mencapai 250 meter. Air Terjun Sigura-gura ini merupakan hulu dari Sungai Asahan yang mengalir di Sumatera Utara. 2. Air Terjun Madakaripura sumber:  www.triptrus.com Air Terjun Madakaripura terletak di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di Kecamatan Lumbang, Kabu

10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam provinsi Jawa Tengah dan terletak sekitar 30 km dari Kota Surakarta. Kabupaten yang mendapat julukan sebagai Bumi Sukawati ini sebagian wilayahnya juga berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Timur.  10 Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Dikunjungi   1. Pemandian Air Panas Bayanan sumber: solopos.com   Pemandian air panas Bayanan terletak di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo. Jika biasanya pemandian air panas terletak didekat gunung, namun pemandian yang satu ini jauh dari gunung. Dahulu pemandian air panas ini bernama Hyang Tirto Nirmolo tetapi kemudian diganti namanya menjadi Pemandian Air Panas Bayanan. Mandi ditempat ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.   2. Ganesha Technopark sumber gambar: indoplaces.com   Ganesha Technopark terletak di Jalan Dr. Sutomo No. 5 Sragen. Tempat ini merupakan proyek pemerintah yang dibangun dengan tujuan untuk memudahkan akses ke lembaga-

10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta atau Jogja adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya di Indonesia setelah Bali. Propinsi yang mempunyai keistimewaan karena masih dipimpin oleh seorang raja ini mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari tempat wisata alam sampai dengan wisata budaya. Karena memang selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Jogja juga dikenal sebagai Kota Budaya. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. 1. Malioboro sumber gambar: anekatempatwisata.com Malioboro mungkin adalah tempat yang paling rame dan paling dikenal Jogja. Bahkan ada grup band terkenal di Indonesia yang menjadikan Malioboro sebagai judul lagu mereka. Bahkan boleh disebut Malioboro merupakan jantung dari Jogja. Tidak hanya wisata belanja saja yang bisa kita lakukan di Malioboro, tetapi juga wisata sejarah. Selain pedagang souvenir yang memenuhi seluruh jalan Malioboro, jalan ini juga dipenuhi banyak bangunan bersejarah.