Skip to main content

10 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi - Gorontalo merupakan salah satu pronvinsi baru di Indonesia setelah adanya kebijakan otonomi daerah beberapa tahun yang lalu. Wilayah Provinsi Gorontalo sekarang dahulunya merupakan wilayah dari Kabupaten dan Kota Gorontalo yang merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara. Gorontalo memilik banyak sekali potensi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan.


Baca juga: 10 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Wajib Dikunjungi


10 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi



1. Danau Limboto

sumber: www.jayanjayan.com

Danau Limboto merupakan sebuah danau yang terletak di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Luas keseluruhan danau ini mencapai sekitar 3.000 hektare dengan kedalaman antara 5-8 meter. Selain menikmati pemandangan alamnya yang indah, banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan ditempat ini seperti memancing, berenang, keliling dengan menaiki perahu sampai dengan berwisata kuliner menyantap berbagai masakan ikan hasil tangkapan masyarakat di danau ini.



2. Menara Keagungan Limboto

sumber: www.rumahku.com

Menara setinggi 65 meter yang terletak di pusat Kota Limboto ini biasa dikenal sebagai Menara Eiffel-nya Gorontalo karena memang bentuknya yang sedikit mirip dengan Menara Eiffel yang ada di Paris, Perancis. Menara ini dibangun pada tahun 2002 oleh Bupati Gorontalo yang menjabat saat itu yaitu Ahmad Pakaya. Dari puncak menara yang terdiri dari 5 lantai ini kita bisa menikmati pemandangan kearah Kota maupun Danau Limboto.



3. Benteng Otanaha

sumber: aboutgorontalo.blogspot.com

Benteng Otanaha terletak di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Benteng ini dibangun pada tahun 1522 pada masa Raja Ilato atas prakarsa dari Portugis. Benteng Otanaha terdiri dari 3 benteng yaitu 2 benteng besar yang letaknya saling berdekatan serta sebuah benteng kecil yang letaknya agak berjauhan. Benteng Otanaha saat ini sudah ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya. 



4. Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote

sumber: fastnlow.net

Lahilote konon katanya merupakan jejak kaki seorang pria yang menikah dengan malaikat yang jatuh ke bumi. ditempat ini kita bisa melihat sebuah bongkahan batu besar yang didalamnya terdapat tapak kaki yang ukurannya juga cukup besar. Selain itu ditempat ini kita juga bisa menikmati pemandangan kearah Teluk Tomini yang cukup cantik.


5. Pantai Bolihutua

sumber: www.yukpegi.com

Pantai Bolihutua terletak di Kecamatan Tilamutu, Kabupaten Boalemo yang berjarak sekitar 130 dari pusat Kota Gorontalo. Pasir putih dan birunya air laut ditempat ini menjadi salah satu daya tarik utama dari Pantai Bolihutua ini. Jajaran pohon pinus yang membentang dipinggir pantai ini tidak hanya menambah keindahan, tetapi juga membuat udara menjadi lebih sejuk.




6. Taman Laut Olele

sumber: kkpnews.kkp.go.id

Taman Laut Olele merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para pecinta keindahan bawah laut saat berada di Gorontalo. Taman Laut Olele terletak di wilayah Kabila Bonge, Bone Bolango yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo. Ombaknya yang tenang ditempat ini menjadikan siapa saja akan betah menikmati keindahan bawah laut di Taman Laut Olele.



7. Pulau Bitila

sumber: majalahpeluang.com

Pulau Bitila terletak di Desa Kramat, Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo dan berjarak sekitar 140 km dari pusat Kota Gorontalo. Pulau kecil ini dikelilingi oleh pantai dengan pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih yang cantik.



8. Air Terjun Ayuholalo

sumber: www.kidnesia.com

Air Terjun Ayuholalo terletak di Desa Ayuholalo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo. Nama Ayuholalo diambil dari Bahasa Gorontalo yang artinya adalah kayu bulan. Air Terjun Ayuholalo memang tidak terlalu tinggi namun mempunyai pemandangan yang cukup cantik dan airnya yang tetap mengalir deras sepanjang musim.



9. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

sumber: www.gorontalofamily.org

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang mempunyai luas sekitar 2.871 kilometer persegi ini mulai dibangun pada tahun 1991. Nama Nani Wartabone sendiri diambil dari nama seorang pahlawan nasional. 



10. Air Terjun Lombongo

sumber: boganinaniwartabone.dephut.go.id

Air Terjun Lombongo terletak di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango dan berada di wilayah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Air Terjun Lombongo terdiri dari 2 buah air terjun yang masing-masing mempunyai ketinggian sekitar 20 dan 30 m. 



Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co