Skip to main content

10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi - Tuban adalah saah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur dan sebagian besar wilayahnya berada di pesisir Pantai Utara Jawa. Kabupaten ini berjarak sekitar 101 km dari Surabaya dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Pada jaman dahulu Tuban merupakan salah satu pelabuhan utama bagi Kerajaan Majapahit.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi

Tuban mempunyai banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam sampai dengan wisata sejarah dan religi.

10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi



1. Pantai Boom

sumber: gotuban.blogspot.com

 

 Pantai Boom adalah  pantai yang letaknya paling dekat dengan pusat kota. Pantai ini pada jaman dahulu merupakan tempat bersandarnya kapal-kapal milik saudagar yang ingin berdagang di Tuban. Letaknya yang sangat dekat dengan pusat kota menjadi pantai ini banyak didatangi oleh masyarakat setiap harinya terutama pada pagi atau sore hari.

2. Pantai Sowan

sumber: pergiberwisata.com

 

Pantai Sowan terletak dikawasan yang dikelola oleh PT Perhutani yang berada di jalur pantura tepatnya di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar, Kabupaten Tuban dan berjarak sekitar 40 km dari pusat kota.  Tidak hanya keindahan pantai saja yang bisa kita saksikan ditempat ini, tetapi juga hutan yang berada dipinggir pantai yang hijau dan semakin menambah keindahan pemandangan.

3. Pantai Cemara dan Wisata Mangrove

sumber: pergiberwisata.com

 

Pantai Cemara terletak di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota. Pantai ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang berguna untuk mencegah abrasi atau pengikisan tanah akibat ombak. Selain hutan mangrove ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berwisata.

4. Pantai Kelapa

sumber: log.viva.co.id

 

 Pantai Kelapa terletak di Desa Panyurang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dan berjarak sekitar 6 km dari pusat kota. Karena letaknya yang berada di Desa Panyuran, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Panyuran oleh masyarakat Tuban. Selain keindahan pantai, ditempat ini kita juga menyaksikan aktivitas penduduk sekitar seperti memanen rumput laut.

 

5. Goa Ngerong

sumber: eastjava.com

 

Goa Ngerong terletak di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Goa ini mempunyai panjang sekitar 1,8 km. Untuk menyusuri gua ini kita bisa menyewa perahu karet. Sungai yang ada didalam gua ini dihuni oleh banyak sekali ikan yang oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai ikan keramat.

6. Goa Akbar

sumber: mococorner.com

 

Goa Akbar berada persis dibawah Pasar Baru Tuban. Konon katanya gua ini dahulunya merupakan kediaman atau tempat bertapanya Sunan Kalijaga.  Selain stalaktit dan stalagmit yang cantik didalam gua ini kita juga bisa menemukan mushola, tempat wudhu dan paseban wali.

7. Air Terjun Nglirip

sumber: kompasiana.com

 

 Air Terjun atau Grajagan Nglirip terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dan lebar sekitar 28 meter yang dipenuhi dengan aliran air yang cukup deras.

8. Pemandian Bektiharjo

sumber: wisatatuban.com

 

Pemandian Bektiharjo terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaen Tuban dan berjarak sekitar 6 km dari pusat kota. Ditempat ini terdapat dua buah kolam yaitu kolang lanang dan wadon yang bisa digunakan untuk berenang. Dahulu pengunjung yang ingin berenang dipisah antara pengunjung pria dan wanita sesuai dengan kolamnya.

9. Museum Kambang Putih

sumber: log.viva.co.id

 

 Museum ini berada dipusat kota dan terletak tidak jauh dari Makam Sunan Bonang dan Masjid Agung Tuban. Museum ini mempunyai berbagai koleksi mulai dari benda purba, uang kuno, wayang kulit, wayang golek sampai dengan barongsai.

10. Masjid Agung Tuban

sumber: klikhotel.com

 

Masjid Agung Tuban dibangun pada sekitar abad ke-15 oleh bupati pertama yang memeluk agama Islam yaitu Adipati Raden Ario Tedjo. Masjid ini sampai saat ini sudah mengalami beberapa perubahan namun dengan tetap mempertahankan beberapa bentuk aslinya.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co